Daftar Makanan Penurun Kolesterol

By Categories : Kesehatan

Kolesterol merupakan lemak yang dapat ditemukan di dalam darah dan diproduksi pada organ hati yang sangat dibutuhkan oleh sel dalam tubuh. Kolesterol memiliki dua jenis yang harus Anda ketahui diantaranya kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) yang akan membentuk plak di pembuluh darah dan mengakibatkan penyumbatan. Selanjutnya adalah kolesterol jenis HDL (High Density Lipoprotein) yang merupakan salah satu kolesterol terbaik yang memiliki fungsi sebagai mengkonveri vitamin yang larut dalam tubuh. Kolesterol LDL sering disebut dengan kolesterol jahat dan kolesterol HDL disebut sebagai kolesterol baik.

Menurut organisasi kesehatan dunia WHO jumlah kolesterol normal adalah > 200 mg/dl untuk kolesterol total,  < 100 mg/dl utuk kolesterol jahat, dan > 50 mg/dl untuk kolesterol baik.

Daftar Makanan Penurun Kolesterol

Kolesterol dalam tubuh dapat meningkat jika dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu juga dapat dipengaruhi oleh faktor makanan yang mengandung lemak jenuh yang dimana sumbernya sangat mudah untuk ditemukan diantaranya pada sumber protein hewani, daging, keju, dan susu.

Selain itu juga dapat ditemukan pada sumber protein nabati diantaranya pada santan, minyak kelapa, dan lemak nabati. Berkaitan dengan makanan, berikut ini terdapat daftar makanan penurun kolesterol. Lantas apa saja jenis makanan tersebut? Berikut penjelasannya.

Inilah Daftar Makanan Penurun Kolesterol

Gandum

Beras gandum atau gandum ini merupakan sereal yang paling bergizi dan dikenal sebagai makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol, pengatur gula darah dan trigliserida darah. Sekitar 4%-10% kadar kolesterol telah terbukti akan berkurang cukup dengan mengonsumsi beras gandum setiap hari secara rutin. Jika Anda tidak suka mengonsumsi gandum secara langsung, Anda dapat mengonsumsi makanan yang terbuat dari olahan gandum seperti roti.

Baca juga cara cepat menurunkan kolesterol tinggi dengan mudah

Beras Merah

Makanan yang kedua adalah beras merah, jenis beras ini memang sekarang sudah hampir sulit untuk ditemukan padahal khasiat yang di miliki sangatlah banyak dan tidak kalah dengan jenis beras lainnya. Adapun manfaat beras merah adalah selain baik digunakan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam beras merah yaitu vitamin B, magnesium, selenium dan fitonutrien.

Ikan Tuna

Meskipun ikan tuna merupakan ikan yang berlemak seperti juga ikan salmon, makarel dan sarden tapi ternyata memiliki manfaat yang sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh The American Heart Associations yang dimana sangat merekomendasikan kepada para pasien penderita kolesterol tinggi untuk memakan du porsi ikan tuna setiap minggunya.

Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah yang berlebihan. Hal ini dikarenakan di dalam memiliki kadar zat yang paling penting yaitu lutein yang sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu bayam juga bermanfaat untuk melindungi jantung dari berbagai kerusakan dan mencegah lemak menempel pada pembuluh darah yang dapat membahayakan kondisi kesehatan tubuh yang lainnya.

Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan penurun kolesterol jahat selanjutnya yang dapat Anda konsumsi. Untuk menurunkan risiko agar kolesterol tidak meningkat hindari memasak ikan salmon dengan cara menggorengnya. Ikan salmon mengandung omega 3 yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kandungan EPA dan DHA pada ikan ini juga baik untuk kesehatan jantung.

Kacang-kacangan

Berikutnya adalah jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, kacang panjang dan kacang mede. Kacang-kacangan kaya akan asam lemak tak jeniuh ganda yang baik untuk menjaga pembuluh darah tetap sehat dan tentu saja berguna untuk menurunkan kolesterol jahat. Kacang panjang yang Anda konsumsi kaya akan serat dapat memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Sedangkan jenis kacang-kacangan, seperti kacang hazelnut, walnut dan mede mengandung magnesium, vitamin E dan nutrisi lainnya yang berguna untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Buah Zaitun

Jika minyaknya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, buahnya pun memiliki manfaat yang sama. Hal ini dikarenakan minyak zaitun terbuat dari ekstrak buah zaitun. kandungan zat antioksidan dalam minyak zaitun mampu menurunkan kolesterol LDL namun tak mengurangi kolestrol HDL. Buah ini juga memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung karena tidak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Caranya konsumsilah buah zaitun yang dicampurkan pada salad dan tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun.

Alpukat

Selain buah zaitun, buah alpukat juga memiliki manfaat yang sama. Hal ini dikarenakan alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat. Dibandingkan dengan dikonsumsi secara langsung, alpukat lebih sering dimanfaatkan sebagai jus. Tak hanya itu saja, kandungan serat tinggi pada buah alpukat juga berguna untuk melancarkan pencernaan.

Baca juga obat herbal kolesterol paling ampuh dan mujarab

Nah itulah beberapa daftar makanan penurun kolesterol yang harus Anda ketahui.

Loading...
daftar makanan penurun kolesterol - kolesterol darah normal - makanan penurun kolesterol -