Daftar Makanan Penyebab Perut Kembung

By Categories : Kesehatan

Perut kembung merupakan suatu kondisi yang sangat tidak nyaman, yaitu perut terasa penuh, kencang dan juga begah. Tak hanya itu saja, perut kembung juga sering kali disertai dengan sering bersendawa dan juga kentut. Kondisi yang seperti ini tentu saja sangat menganggu. Pada umumnya ada beberapa hal yang merupakan penyebab perut kembung, seperti terlalu menghirup udara berlebihan, sembelit hingga disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Untuk mencegah hal ini terjadi, berikut adalah daftar makanan penyebab perut kembung yang perlu dihindari.

penyebab perut kembung

Inilah makanan yang menyebabkan perut kembung

Produk susu

Makanan yang pertama adalah produk susu. Meskipun menyehatkan, akan tetapi produk susu juga dapat menyebabkan masalah kesehatan salah satunya yaitu perut kembung. Hal ini pun dikemukakan oleh Dr Ling Chang, MD, seorang profesor kedokteran di UCLA David Feffen School of Medicine, yaitu produk susu merupakan penyebab dari perut kembung karena produk susu tersebut mengandung laktosa yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, laktosa tersebut dapat membuat gelembung gas di dalam perut yang pada akhirnya akan menyebabkan perut kembung.

Makanan berlemak

Yang kedua adalah makanan berlemak. Makanan berlemak seperti makanan yang digoreng dan kaya minyak dapat membuat perut begah. Hal ini dikarenakan makanan berlemak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat dicerna. Sehingga hal ini dapat menyebabkan perut kembung. Tak hanya itu saja, mengonsumsi makanan berlemak tanpa dimbangi dengan serat juga dapat menyebabkan lemak menumpuk pada perut dan dapat menyebabkan perut buncit.

Sayuran tertentu

Hampir setiap orang mengetahui bahwa sayuran merupakan makanan yang menyehatkan. Akan tetapi beberapa diantaranya juga dapat menyebabkan perut kembung. Sayuran penyebab perut kembung antara lain kol, brokoli dan juga kubis. Ketiga sayuran tersebut kaya akan karbohidrat yang bernama raffinosa. Zat tersebut dipercaya dapat menciptakan gelembung gas pada perut. Agar sayuran tersebut tidak menyebabkan perut menjadi kembung, Anda bisa mengolahnya hingga matang ataupun memanggangnya hingga raffinosa tersebut dapat berkurang.

Semangka

Penyebab selanjutnya adalah buah semangka. Kandungan fruktosa yang tinggi pada buah ini dipercaya dapat menyebabkan perut kembung. Meskipun memiliki rasa manis dan digemari oleh beberapa orang, buah semangka juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain dapat menyebabkan perut kembung, semangka juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare.

Bawang

Berikutnya adalah bawang. Mengapa demikian? Karena bawang mengandung fruktan dan karbohidrat yang dapat menyebabkan masalah perut dan juga pencernaan. Oleh karena itu jika Anda sering mengalami perut kembung, pastikan Anda menghindari mengonsumsi bawang berlebih. Akan tetapi meskipun merupakan salah satu penyebab dari perut kembung, bawang juga merupakan makanan yang mengandung antibiotik alami.

Demikianlah ulasan mengenai makanan penyebab perut kembung. Baca juga artikel terkait lainnya cara alami mengatasi perut kembung

makanan yang membuat perut kembung - sayuran yg bisa bikin kembung - sayuran untuk perut kembung - sayuran penyebab kembung - sayuram dan buah afKah yang tidak bikin ferut kembung - mknn yg mmbuat perut byi kmbung yg hrs di hindari - minuman yang menyebabkan perut kembung - minuman yang dapat membuat perut kembung - makanan yg hrs dihindari pd perut kembung - makanan yg dihindari saat perut terasa penuh dan begah - makanan yang buat perut kembung - makanan penyebab perut kembung - makanan dan minuman yang membuat perut kembung - makanan dan minuman yang bikin kem - jenis sayuran yang membuat perut kembung -