Daftar Makanan Penyebab Sering Buang Air Kecil

By Categories : Kesehatan

Buang air kecil adalah hal yang normal dan memang seharusnya terjadi. Akan tetapi jika terlalu sering buang air kecil atau yang biasa disebut dengan beser, tentu saja hal ini menandakan bahwa ada yang sesuatu yang salah pada tubuh. Hal ini terjadi pastinya bukan tanpa sebab, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang buang air kecil secara terus menerus dalam setiap harinya.

Salah satu penyebab yang biasanya membuat Anda buang air kecil secara terus menerus adalah terlalu banyak mengonsumsi cairan, kurang tidur hingga disebabkan oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Pastinya penasaran kan? Berikut adalah beberapa daftar makanan penyebab sering buang air kecil yang perlu diketahui.

Inilah makanan penyebab sering buang air kecil

Jus buah

Yang pertama adalah jus buah. Tahukah Anda beberapa jus buah mengandung sorbitol atau yang biasa disebut dengan glusitol. Glutisol sendiri adalah gula alkohol yang dimetabolisme lebih lambat oleh tubuh. Sorbitol atau glutisol juga memiliki efek diuretik pada sistem tubuh. sehingga mengonsumsi jus buah dapat menyebabkan Anda buang air kecil secara terus menerus.

Cokelat

Yang kedua adalah cokelat. Siapa yang tidak mengetahui dengan makanan yang satu ini? Hampir setiap orang seringkali mengonsumsi cokelat. Selain rasanya yang enak cokelat juga merupakan salah satu makanan untuk melancarkan sirkulasi darah. Disamping itu, mengonsumsi cokelat juga memiliki efek samping. Yaitu cokelat dapa membuat kandung kemih iritasi serta dapat mempengaruhi penyerapan air di ginjal. Sehingga hal ini dapat membuat Anda buang air kecil lebih sering.

Minuman berkafein

Penyebab sering buang air kecil selanjutnya adalah sering mengonsumsi minuman berkafein. Salah satu minuman yang berkafein adalah kopi. Kandungan kafein dalam minuman ini dapat mempengaruhi hormon anti diuretik. Bagi Anda yang bermasalah dengan hal ini sebaiknya Anda menghindari ataupun membatasi asupan kafein per hari. Selain kopi, minuman yang mengandung kafein yang sebaiknya Anda batasi adalah teh.

Deplesi garam

Deplesi garam atau hilangnya garam dalam tubuh juga dapat menyebabkan masalah ini. Biasanya deplesi garam terjadi ketika seseorang melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat.

Minuman bersoda

Berikutnya adalah minuman bersoda. Sama seperti cokelat, minuman bersoda juga mengandung soda yang dapat membuat lambung iritasi. Salah satu akibat mengonsumsi minuman bersoda adalah dapat membuat Anda buang air kecil yang terlalu sering. Selain itu, mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti obesitas dan diabetes.

Minuman beralkolhol

Alkohol juga sama seperti kafein, karena mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menganggu hormon anti diuretik yang mendorong Anda untuk buang air kecil yang terlalu sering.

Demikianlah ulasan mengenai makanan penyebab sering buang air kecil. Selain makanan, masalah kesehatan yang terjadi, seperti infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, kehamilan, diabetes dan batu ginjal juga dapat menyebabkan hal ini.

makan buah duku suka pipis mengapa? -