Daftar Makanan Sumber Vitamin A

By Categories : Nutrisi

Vitamin memiliki hubungan yang sangat erat dengan kesehatan tubuh. Beberapa vitamin yang harus dipenuhi antara lain, vitamin A, B, C D, E dan juga K. Semua vitamin tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jika kemarin sudah menjelaskan tentang manfaat vitamin  A bagi kesehatan tubuh, kali ini akan menjelaskan mengenai daftar makanan sumber vitamin A.

Salah satu manfaat vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata dan lainnya. Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat mengalami masalah kesehatan, seperti penyakit pada kulit, masalah pada penglihatan, penyakit pencernaan dan juga terhambatnya pertumbuhan bagi balita. Sangat penting sekali memenuhi asupan vitamin A dalam setiap harinya. Nah berikut adalah daftar makanan sumber terbaik  vitamin A yang dapat Anda konsumsi.

sumber vitamin a

Makanan sumber vitamin A yang perlu diketahui

Wortel

Hampir setiap orang sudah mengetahui bahwa wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin A. Wortel biasanya digunakan sebagai bahan campuran masakan seperti sup dan makanan lainnya. Kandungan nutrisi dan vitamin pada wortel tak hanya dapat membuat penglihatan lebih jelas dan tajam, wortel juga memiliki khasiat untuk menurunkan hipertensi serta mengatasi nyeri akibat haid.

Tomat

Yang kedua adalah tomat. Buah sekaligus sayuran ini juga kaya akan kandungan vitamin A. Buah tomat yang memiliki ukuran sedang dapat membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan vitamin A sebesar 20%. Selain vitamin A, tomat juga kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk mencegah penyakit kanker, menangkal radikal bebas serta dapat menjaga kesehatan tubuh.

Buah naga

Sumber dari vitamin A selanjutnya adalah buah naga. Buah yang memiliki beberapa varian warna ini merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin A tinggi serta mengandung betakaroten. Vitamin A dan betakaroten yang ada di dalam buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Paprika

Sama seperti buah naga, paprika juga merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak varian warna. Seseorang yang rutin mengonsumsi paprika, mampu mencukupi kebutuhan vitamin A sebesar 60%. Selain vitamin A, paprika juga kaya akan vitamin dan nutrisi lainnya, seperti vitamin C, kalium dan kalsium.

Hati sapi

Selain enak, hati sapi juga sangat menyehatkan. Tahukah Anda dalam 100 gram hati sapi mengandung lebih dari 300% dari asupan vitamin A. Namun sebaiknya, jangan terlalu sering mengonsumsi hati sapi, karena kandungan kolesterol dan asam uratnya sangat tinggi.

Mangga

Sumber vitamin A berikutnya adalah mangga. Jika sudah musimnya, mangga merupakan salah satu jenis buah paling banyak dicari setiap orang. Selain enak, mangga juga kaya akan vitamin. Dalam 1 cangkir buah mangga mengandung sekitar 1785 IU atau setara dengan 36% dari kebutuhan vitamin A.

Bayam

Bayam tak hanya kaya akan zat besi, bayam juga memiliki kandungan yang tak kalah dengan wortel. Satu cangkir bayam dapat mencukupi kebutuhan hingga 49% vitamin A. Zat besi yang terkandung dalam bayam pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Buah pepaya

Sumber terbaik vitamin A selanjutnya adalah buah pepaya. Selain murah, buah pepaya juga memiliki rasa yang nikmat. Tahukah Anda bahwa pepaya berukuran kecil sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan  29% vitamin A dalam tubuh dalam setiap harinya.

Buah apel

Berikutnya adalah apel. Sudah sejak zaman dahulu apel memang merupakan salah satu buah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A pada buah apel tentu saja dapat mencukupi asupan hariannya. Tak hanya itu saja, apel juga kaya akan vitamin B kompleks dan C.

Olahan susu

Para masyarakat pasti hanya mengetahui jika susu dan olahannya hanya kaya akan kalsium. Namun tak hanya itu saja, susu dan hasil olehannya seperti yoghurt, keju dan lainnya juga mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Umbi-umbian

Umbi-umbian merupakan sumber dari vitamin A yang juga sering digunakan sebagai makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes ataupun seseorang yang sedang berdiet. Jenis umbi-umbian yang mengandung vitamin A antara lain ubi jalar merah, ubi kukus, ubi kuning dan juga ubi rambat merah.

Cabai merah

Selanjutnya adalah cabai merah. Tanaman yang digunakan sebagai pemberi rasa pedas ini adalah kaya akan vitamin tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu kandungan vitamin yang ada di dalam cabai merah adalah vitamin A. Maka jangan heran jika banyak orang yang menyukai  makanan pedas.

Pisang

Sama seperti pepaya, pisang juga enak namun tetap memiliki harga yang terjangkau. Selain dapat dimakan secara langsung, Anda juga bisa mengolahnya menjadi berbagai macam variasi makanan. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu matang dalam mengolahnya, hal ini bertujuan agar kandungan gizi dalam pisang tetap terjaga.

Demikianlah ulasan mengenai makanan sumber vitamin A.

sumber vitamin a - makanan yang mengandung vitamin a - makanan vitamin a - contoh vitamin A - makanan mengandung vitamin A - makanan vit A - sumber vitamin A - makanan vit - makanan bervutamin a - makanan vitamim a - makanan vit a - makanan yang mengandung vitamin A - makanan vitamin a - Makanan bit A - makanan &minuman yang bervitamin a -