Daftar Makanan Sumber Vitamin B Kompleks Paling Tinggi

By Categories : Kesehatan

Makanan sumber vitamin B kompleks sebenarnya bisa kita dapatkan dari buah-buahan, sayuran hingga produk hewani lainnya. Apakah Anda sedang mencari makanan yang kaya vitamin B? Jika iya, jangan khawatir, karena kali ini akan membahas hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Sama seperti vitamin lainnya yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sebab manfaat vitamin B untuk tubuh adalah untuk mendukung kesehatan serta untuk mempengaruhi semua jenis sistem tubuh. Pada dasarnya tubuh kita tidak mampu memproduksi vitamin B kompleks, oleh karena itu kita wajib mencukupinya lewat beberapa makanan kaya vitamin B.

Karena kekurangan vitamin B tentu saja dapat membuat kesehatan semakin memburuk. Mulai dari dapat menyebabkan masalah kulit, risiko bayi lahir cacat, mudah terserang penyakit beri-beri, sembelit, anemia dan masih banyak lagi. Sebenarnya ada beberapa sumber dari vitamin B yang bisa kita konsumsi mulai dari buah, sayur, daging hingga suplemen vitamin B.

Tapi sebaiknya Anda mengonsumsi vitamin B kompleks ini dari makanan dan minuman yang alami saja. Sebab mengonsumsi suplemen terlalu sering juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Lalu apa saja makanan yang kaya vitamin B? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.sumber-vitamin-b

Sumber Vitamin B Kompleks Paling Tinggi

Asparagus

Yang pertama adalah asparagus. Siapa yang tidak mengenal asparagus? Meskipun belum banyak tumbuh di Indonesia namun sayuran ini sudah memiliki tempat dihati setiap orang. Sebab selain kaya vitamin B, asparagus memiliki berbagai khasiat menyehatkan, seperti dapat mencegah diabetes tipe 2, memelihara kesehatan jantung, mengontrol gula darah serta kaya vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Baca juga akibat kekurangan vitamin B kompleks yang perlu diwaspadai

Untuk kandungannya dalam per 6 batang asparagus mengandung vitamin B1 sebesar 0,145 mg, 0,120 mg vitamin B2, 0,97mg vitamin B3, 0,2 mg B5, 0,075 vitamin B6 dan 135 mcg vitamin B6 atau asam folat.

Sedangkan untuk sayuran lain yang kaya vitamin B antara lain bayam, brokoli, kembang kol, sawi hijau, sawi putih, seledri, paprika hijau, rebung, lobak,  buah bit dan masih banyak lagi.

Apel

Selain sayuran, buah juga kaya vitamin B salah satunya yaitu buah apel. Selain kaya vitamin, apel juga memiliki rasa yang nikmat. Maka tak jarang jika hampir semua orang menyukai buah yang memiliki rasa asam manis ini. kandungan vitamin B yang ada dalam buah apel dapat membuat reaksi neurotransmitter dalam otak sehingga bisa meningkatkan fungsi memori dan daya ingat.

Selain itu, mengonsumsi apel secara rutin dapat  menghindarkan Anda dari gangguan memori otak dan kerusakan sel saraf. Serta  flavonoid yang terkandung dalam buah ini terbukti ampuh untuk menangkal radikal bebas dan menurunkan risiko penyakit kanker.

Tak hanya apel, buah kaya vitamin B yang bisa dikonsumsi lainnya adalah buah alpukat, melon, pisang dan blueberry.

Daging merah

Sumber vitamin B kompleks selanjutnya adalah daging merah. Selain kaya protein, daging merah merupakan sumber dari vitamin B paling tinggi. Kandungan zat kreatin pada daging merah akan bekerjasama dengan vitamin B untuk mengolah karbohidrat menjadi energi. Hal tersebut tentu saja dapat mendukung sistem kesehatan mental dan mencegah seseorang kekurangan gizi.

Selain kaya vitamin B dan zat kreatin, daging merah juga mengandung karnosin. Karnosin sendiri memiliki peranan sebagai zat anti oksidan yang dapat memberikan tubuh dari radikal bebas, penyebab segala macam penyakit.

Telur

Berikutnya adalah telur. Telur adalah salah satu makanan empat sehat lima sempurna yang banyak disukai oleh setiap orang. vitamin B yang terkandung dalam telur dapat membantu tubuh untuk mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Tak hanya vitamin B, kandungan zat besi pada telur pun cukup tinggi, sehingga dapat membantu untuk mendorong pembentukan sel-sel darah merah serta dapat mengatasi anemia.

Mengonsumsi telur, brokoli dan bayam dalam setiap harinya merupakan asupan makanan terbaik yang dapat menjaga kesehatan mata, mencegah rabun dan katarak. Ikan salmon, usus sapi, dada ayam dan ikan sarden juga merupakan sumber dari vitamin B terbaik yang bisa Anda konsumsi.

Kacang Almond

Meskipun memiliki harga yang cukup tinggi almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak disukai orang. Kandungan vitamin B kompleks pada almond bermanfaat untuk ibu hamil sebab dapat menurunkan risiko cacat saat lahir. Kacang almond juga kaya vitamin E yang dapat melindungi jantung dari kerusakan arteri.

Sedangkan kandungan riboflavin dan L-cartinin dapat menurunkan risiko sakit alzheimer dan membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak. Jenis kacang-kacangan lainnya yang bisa Anda konsumsi antara lain kacang tahan dan kacang mete.

Baca juga akibat kelebihan vitamin B bagi kesehatan tubuh

Demikianlah ulasan mengenai sumber vitamin B kompleks paling tinggi.

loading...