Daftar Makanan Sumber Vitamin C Terbaik

By Categories : Nutrisi

Sama seperti vitamin lainnya, vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Beberapa manfaat dan fungsi vitamin C untuk kesehatan antara lain berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, mencerahkan kulit serta membantu pembentukan kolagen. Selain untuk kesehatan, tentunya  vitamin C juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kecantikan kulit. Dalam setiap harinya, manusia rata-rata membutuhkan 75 mg hingga 500 mg vitamin C. Lalu apa saja sumber terbaik vitamin C? Berikut adalah  daftar makanan sumber vitamin C.

sumber vitamin c

Buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi

Jambu Biji Merah

Yang pertama adalah jambu biji merah. Guavana atau yang biasa disebut dengan jambu biji adalah salah satu buah kaya akan vitamin C. Dalam 100 gram jambu biji merah mengandung sekitar 228,3 mg vitamin C. Buah yang satu ini sangat baik dikonsumsi dalam keadaan segar atau dijus tanpa tambahan gula ataupun pemanis buatan. Selain enak, jambu merah juga sering digunakan sebagai obat demam berdarah untuk meningkatkan kadar trombosit.

Kiwi

Siapa yang tidak tahu buah kiwi? Buah yang berasal dari China ini juga merupakan sumber terbaik vitamin C. Dalam 100 gramnya, buah kiwi mengandug 92,7 mg hingga 161,3 mg vitamin C. Menurut pakar nutrisi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, Sp.GK, mengonsumsi buah kiwi 1 hingga 2 kali sehari sangatlah dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin C per hari.

Paprika

Sumber vitamin C selanjutnya adalah paprika. Seperti yang kita ketahui paprika ada beberapa macam,  yaitu paprika merah, paprika hijau dan paprika kuning. Jenis sayuran ini mengandung 142 mg vitamin C dalam satu cangkir.

Stroberi

Berikutnya adalah stroberi. Hampir setiap orang pastinya sudah pernah mengonsumsi buah yang berwarna merah dan memiliki rasa asam ini. Lima buah stroberi ukuran besar atau 100 gram buah strobri mengandung sekitar 58,8 mg vitamin C. Selain menyehatkan dan memiliki banyak nutrisi, buah ini juga berguna untuk memutihkan gigi secara alami.

Jeruk

Pastinya buah ini sudah tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia. Jeruk mengandung 53,2 mg vitamin C. Pakar nutrisi juga menyatakan bahwa mengonsumsi satu buah jeruk, sudah cukup untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam setiap harinya.

Nanas

Buah yang sering dimanfaatkan sebagai selai ini ini memang sangat menyegarkan. Dalam 100 gram nanas mengandung 47,8 mg vitami C. 100 gram nanas juga setara dengan satu cangkir nanas yang sudah dipotong-potong.

Pepaya

Pepaya bukan hanya memiliki tinggi kandungan vitamin A tapi juga kaya akan vitamin C. Meskipun tidak memiliki rasa yang asam, buah pepaya mengandung vitamin C yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk. Dalam satu buah pepaya yang berukuran kecil mengandung sekitar 95,6 mg vitamin C.

Tomat
Buah yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda, buah yang memiliki ukuran kecil dan biasa berwarna merah ketika sudah mulai masak ternyata memiliki sumber vitamin C yang sangat tinggi di dalamnya. Pada 100 gram buah tomat memiliki kandungan 34 miligram vitamin C. Anda bisa menikmati buah yang satu ini secara langsung ataupun dibuat menjadi jus . Tapi jika Anda ingin mengonsumsi buah tomat untuk dijadikan sayur usahakan jangan memasaknya terlalu matang. Hal ini dikarenakan dapat membuat kandungan di dalamnya termasuk kandungan vitamin c menjadi berkurang.

Apel
Buah yang satu ini memang sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya  bagi kesehatan ataupun kecantikan. Hal ini tentunya peranan kandungan di dala buah apel, salah satunya adalah vitamin C. buah apal merupakan sumber vitamin c terbaik, Anda bisa menemukan kandungan vitamin c sekitar 5 miligram pada 100 gram buah apel. Dimana kandungan vitamin c pada buah apel berfungsi untuk membantu mengeluarkan toksin atau racun di dalam tubuh. Bukan cukup sampai itu saja, ternyata bua apel juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk membantu menangkal radikal bebas  yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh

Kelengkeng
Sumber vitamin c terbaik selanjutnya adalah buah kelengkeng. Buah yang satu ini hanya dapat ditemui di daerah beriklim tropis salah satunya negara Indonesia dan hanya berbuah di musim kemarau. Meskipun memiliki bentuk yang sangat kecil, ternyata memiliki sumber vitamin c yang sangat banyak di dalamnya. Dalam 100 gram buah kelengkeng  mengandung 84 miligram vitamin c. dari kandungan tersebut buah kelengkeng memiliki manfat yang luar biasa bagi kesehatan salah satunya dapat mengatasi penyakit insomnia atau susah tidur dan hipertensi.

Wortel
Buah yang terakhir yang memiliki sumber vitamin c terbaik yaitu wortel. Buah yang biasanya di kenal memiliki sumber vitamin A, ternyata juga tinggi akan kandungan vitamin c. Anda bisa mengonsumsi secara langsung ataupun buat jus .

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai daftar makanan sumber vitamin c terbaik. Baca juga artikel terkait lainnya sumber vitamin D terbaik untuk tubuh.

cara mengobati penyakit amandel -