Daftar Makanan untuk Ibu Menyusui

By Categories : Kesehatan

Menyusui adalah kewajiban seorang ibu kepada anaknya, agar si kecil mendapatkan asupan nutrisi yang sehat. Dengan nutrisi yang sehat, tentu saja hal ini dapat membuat si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Tak hanya itu saja, tanpa kita sadari menyusui juga dapat ibu lebih sehat dan juga dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengonsumsi yang baik dan bernutrisi, di samping dapat melancarkan ASI, makanan bernutrisi juga mampu mengembalikan stamina dan tenaga setelah menyusui. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah makanan untuk ibu menyusui yang baik dan tepat.

Makanan untuk Ibu menyusui

Inilah makanan untuk ibu menyusui yang aman

Daging sapi rendah lemak

Makanan yang pertama adalah daging sapi rendah lemak. Daging sapi yang rendah lemak kaya akan protein dan vitamin B12. Mengonsumsi daging sapi ini merupakan salah satu cara meningkatkan produksi ASI dan  juga mampu membuat tubuh tetap indah dan langsing. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin dan nutrisi pada daging sapi juga dapat membuat energi dan tenaga Anda semakin meningkat.

Beras merah

Jika dibandingkan dengan beras biasa, beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih banyak. Jenis beras ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi asupan karbohidrat dalam setiap harinya. Beras merah yang Anda konsumsi juga akan tetap membuat produksi ASI menjadi lebih banyak serta dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bersemangat dan bertenaga.

Ikan salmon

Selanjutnya adalah ikan salmon. Jika Anda bosan mengonumsi daging, cobalah untuk mengonsumsi makanan lainnya, seperti ikan salmon. Selain menyehatkan tubuh. kandungan omega 3 dan asam amino pada ikan salmon juga sangat baik untuk meningkatkan perkembangan otak si kecil. Sehingga ini akan membuat anak Anda lebih cerdas dan pintar.

Blueberry

Blueberry merupakan salah satu makanan yang kaya akan antioksidan. Maka jangan heran jika buah ini dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan dan menjaganya agar lebih ideal. Selain itu, buah blueberry  juga memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan, seperti mempertajam penglihatan serta dapat membuat tulang menjadi lebih kuat.

Sereal

Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah sereal. Sereal yang Anda konsumsi sangat bagik untuk memberikan asupan energi bagi tubuh. Oleh karena itu tidak ada salahnya mengonsumsi sereal secara rutin dalam setiap harinya untuk mengembalikan tenaga Anda. Selain untuk menambah tenaga, sereal  juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sayuran hijau

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran hijau memang memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa sayuran yang dapat Anda konsumsi antara lain bayam, kangkung, brokoli dan lainnya. Sayuran kaya akan vitamin dan juga nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin C, zat besi, antioksidan dan masih banyak lagi. Tentu saja kandungan tersebut berguna untuk menyehatkan tubuh.

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Menyusui

Ibu menyusui juga harus menghindari beberapa makanan yang berpotensi menganggu kesehatan ibu dan anak. Beberapa makanan yang perlu dihindari saat menyusui antara lain:

Ikan yang terpapar merkuri

Seperti yang Anda ketahui ikan merupakan salah satu makanan berprotein tinggi yang dapat meningkatkan produksi ASI. Akan tetapi sebaiknya Anda pun harus jeli dalam memilih ikan. Hindari ikan yang berisiko telah terkontaminasi oleh merkuri. Beberapa jenis ikan yang berisiko terpapar oleh merkuri adalah ikan kakap, todak, makarel dan juga hiu.

Minuman keras

yang kedua adalah minuman keras. Meski diperbolehkan hingga batasan tertentu, akan tetapi sorang ibu yang mengonsumsu minuman keras zat alkohol yang ada di dalamnya tentu saja akan turut dikonsumsi bayi melalui air susu ibu atau ASI. Umumnya zat alkohol yang Anda minum dapat bertahan di dalam tubuh sekitar 2 hingga 3 jam. Ini berarti, Anda berisiko besar untuk menyalurkan zat alkohol kepada bayi melalui proses menyusui pada masa-masa tersebut.

Kafein

Makanan yang perlu dihindari ibu hamil selanjutnya adalah kafein. Mengonsumsi kafein yang berlebihan juga tidak disarankan ketika menyusui. Pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi dalam sehari. Hal ini dikarenakan tingginya kadar kafein dalam ASI dapat menganggu sistem pencernaan bayi. Beberapa makanan dan minuman kaya kafein yang perlu dibatasi adalah teh, kopi, cokelat serta minuman ringan.

Selain makanan tersebut hal lainnya yang perlu dihindari ketika menyusui adalah merokok. Merokok di sekitar bayi dapat meningkatkan berbagai macam risiko kesehatan, mulai dari infeksi telinga, pneumonia, asma serta bronkitis. Tak hanya itu saja, merokok juga merupakan salah satu hal yang dapat mengurangi kuantitas ASI yang diproduksi. Mengetahui makanan yang baik untuk ibu menyusui dan makanan yang harus dihindari tentu saja sangat penting bagi ibu yang sedang menyusui. Hal ini dikarenakan ibu menyusui lebih aman dan nyaman ketika ia menyusui.

Demikianlah ulasan mengenai daftar makanan untuk ibu menyusui. Baca juga manfaat dan kandungan susu formula anak.

daftar menu harian ibu menyusui - daftar menu ibu menyusui -