Daftar Makanan untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

By Categories : Kesehatan

Seperti yang Anda ketahui darah memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Mulai dari menyalurkan nutrisi dan juga oksigen ke seluruh tubuh. Jika peredaran dan sirkulasi darah di dalam tubuh lancar, pastinya ini akan membuat organ-organ tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Akan tetapi bagaimana jika peredaran darah di dalam tubuh tidak lancar? Maka ini akan menyebabkan kesemutan, kram pada kaki hingga dapat menyebabkan terlambatnya penyembuhan luka. Seseorang yang sirkulasi darahnya tidak lancar, biasanya memiliki gejala atau tanda seperti denyut jantung tidak teratur, tangan dan kaki terasa dingin, sesak napas dan juga kurang bersemangat.

Makanan untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

Pada umumnya, ada beberapa suplemen-suplemen yang ditawarkan untuk melancarkan sirkulasi darah. Akan tetapi mengonsumsi suplemen tersebut dalam jangka waktu yang panjang pastinya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Lantas bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa daftar makanan untuk melancarkan sirkulasi darah yang dapat Anda konsumsi.

Cara alami melancarkan sirkulasi darah

Bawang putih

Makanan yang pertama adalah dengan cara menggunakan bawang putih. Rempah-rempah yang satu ini selain berguna sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan bawang putih dapat membantu merenggangkan pembuluh darah serta dapat meningkatkan produksi hidrogen sulfida. Selain itu bawang putih juga bermanfaat untuk mengatasi kolesterol jahat serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah jeruk

Makanan untuk melancarkan sirkulasi darah berikutnya adalah jeruk. Buah yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Buah jeruk merupakan salah satu buah paling populer yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang segar, buah jeruk juga kaya akan vitamin C yang mampu mencegah penggumpalan darah serta membantu untuk memperkuat dinding kapiler. Sama halnya dengan bawang putih, kandungan vitaminC pada buah jeruk juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan radikal bebas.

Cokelat hitam

Hampir setiap orang menyukai cokelat. Selain rasanya yang manis, cokelat juga bermafaat untuk menenangkan diri dan meningkatkan mood. Jika Anda penyuka cokelat, jangan lupa untuk mengonsumsi cokelat hitam, meskipun rasanya sedikit pahit akan tetapi jenis cokelat yang satu ini dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan. Hal ini dikarenakan cokelat hitam mengandung zat flavonoid. Salah satu fungsi flavonoid sendiri adalah untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. Tak hanya itu saja, zat tersebut juga berguna untuk menurunkan kolesterol jahat serta dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Aneka buah merah

Tahukah Anda buah yang memiliki warna merah juga dapat membantu Anda untuk melancarkan sirkulasi darah. buah merah tersebut antara lain semangka, apel merah serta tomat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan buah merah kaya akan likopen yang berguna untuk melancarlan sirkulasi darah.

Nah itulah beberapa makanan untuk melancarkan sirkulasi darah yang dapat Anda coba.

suplemen untuk melancarkan peredaran darah - cara melancarkan peredaran darah - buah untuk memperlancar peredaran darah - melancarkan peredaran darah - obat tradisional memperlancar peredaran darah - makanan untuk melancarkan peredaran darah - cara memperlancar peredaran darah - jenis makanan melancarkan peredaran darah - jenis makanan memperlancar peredaran darah - jenis makanan memperlancar peredaran darah - suapaya darah lancar makan buah apa - makanan melancarkan -