Daftar Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung dan Sembelit Saat Puasa

By Categories : Kesehatan

Mengatasi perut kembung dan sembelit saat bulan puasa sebernarnya adalah hal yang mudah dilakukan. Caranya pun hampir sama seperti mengatasi kembung dan sembelit pada hari-hari biasa. Hanya saja pada bulan puasa membutuhkan perhatian ekstra dalam menjaga kesehatan. Nah bagi Anda yang sering mengalami gangguan perut kembung dan sembelit, sangat penting untuk mengetahui beberapa hal berikut ini. Nah untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Seperti yang kita ketahui puasa merupakan salah satu kewajiban umat muslim ketika bulan Ramadhan tiba. Pada bulan ini setiap orang pastinya akan berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala sebagai bekal di akhirat kelak. Karena pada bulan Ramadhan pahala akan dilipat gandakan dari pada bulan-bulan lainnya. Meskipun puasa memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, namun tak jarang banyak orang yang mengalami masalah kesehatan.

Gangguan kesehatan yang sering dialami setiap orang ketika puasa adalah tekanan darah rendah, sakit kepala, sering mengantuk, gula darah rendah, konstipasi atau sembelit serta gangguan pencernaan lainnya. Jika tidak segera ditatasi tentu saja hal ini dapat menganggu Anda ketika menjalankan ibadah puasa. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari mengonsumsi suplemen atau vitamin, olahraga menjelang buka puasa, memperbanyak serat serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

makanan untuk mengatasi perut kembung dan sembelit saat puasa

Ketika puasa, Anda harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Sebab asal-asalan memilih makanan untuk sahur dan berbuka justru dapat menyebabkan masalah tersebut. Lantas makanan apa saja yang harus dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi perut yang kembung dan sembelit? Berikut ulasannya.

Inilah Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung dan Sembelit Saat Puasa

Oatmeal

Yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal merupakan menu sahur dan berbuka puasa yang dapat Anda coba untuk mencegah gangguan pencernaan. Oatmeal kaya akan serat larut dan serat tak larut yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain enak, oatmeal juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga ini akan membuat puasa Anda lebih ringan.

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan saja, oatmeal yang Anda konsumsi secara teratur juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Sehingga ini tentu saja dapat menurunkan risiko tersumbatnya pembuluh darah, penyakit jantung hingga stroke.

Baca juga pilihan menu sahur sehat agar tidak lemas saat puasa seharian

Kayu Manis

Yang kedua adalah kayu manis. Sebenarnya kayu manis merupakan rempah-rempah yang cara memanfaatkannya dengan cara mencampurkan dengan menu makanan yang akan Anda konsumsi. Rempah-rempah yang berwarna cokelat ini kaya akan manfaat, salah satunya yaitu dapat mengatasi kelebihan gas di perut.

Anda bisa menaburkan kayu manis pada makanan manis ataupun asin, jangan terlalu banyak dalam menaburkan kayu manis cukup satu sendok teh sudah cukup untuk meredakan perut kembung dan tidak nyaman.

Buah Pepaya

Berikutnya adalah buah pepaya. Mungkin semua orang sudah mengetahui jika buah pepaya merupakan salah satu makanan yang dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung, sembelit  dan menjaga kesehatan pencernaan. Buah pepaya mengandung enzim alami yaitu papain yang dapat membantu tubuh untuk memecah makanan penyebab sembelit, diare dan juga sakit perut.

Sehingga bagi Anda yang ingin terbebas dari masalah pencernaan, mulailah mengonsumsi buah pepaya setelah sahur dan berbuka. Tak hanya mengatasi masalah pencernaan saja, bagi Anda yang memiliki penyakit maag juga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Sebab pepaya juga dapat mengatasi heartbun atau rasa panas dada akibat asam lambung naik.oatmeal untuk menu sahur dan buka puasa

Buah Apel

Bagi Anda yang tidak menyukai buah pepaya, jangan khawatir karena Anda juga bisa memilih buah apel sebagai alternatif untuk mengatasi masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan buah apel mengandung serat tak larut air yang dapat membersihkan sisa-sisa makanan di dalam usus dan membuangnya lewat feses.

Tak hanya kaya serat, apel juga kaya pectin yaitu enzim yang membantu memecah dan menyingkirkan partikel-partikel makanan tidak sehat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Bagi Anda yang memiliki perut sensitif, hindari mengonsumsi apel secara langsung karena rasa asam pada buah ini dapat menyebabkan sakit perut, sebaiknya pangganglah apel terlebih dahulu untuk menikmati buah ini.

Brokoli

Sama seperti oatmeal, brokoli juga merupakan salah satu makanan yang kaya serat. Anda bisa menjadikannya lalapan ataupun mengolahnya menjadi menu makanan seperti sayur sop ataupun capjay. Kandungan serat tinggi pada brokoli tentu saja dapat menjaga kesehatan pencernaan selama puasa.

Namun tak hanya kaya serat saja, brokoli mengandung vitamin C dan kaya akan manfaat seperti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, mencegah kanker dan masih banyak lagi.

Baca juga waspadailah daftar makanan penyebab perut kembung berikut ini

Nah itulah beberapa daftar makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi perut kembung dan semebit saat puasa.

loading...
makanan utk bayi perut kembung dan sembelit -