Daftar Menu Makanan Sehat untuk Sarapan

By Categories : Nutrisi

Bagi Anda yang sering melewatkan sarapan pagi, sebaiknya mulailah untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Tahukah Anda sering melewatkan sarapan merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes. Namun tak hanya itu saja sarapan pagi juga merupakan kunci utama agar tubuh lebih siap memulai aktivitas serta dapat membuat tubuh lebih sehat. Menu makanan sehat untuk sarapan pun tidak harus menu makanan yang terlalu berat. Karena menu makanan untuk sarapan yang berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Saat sarapan pastikan menu yang Anda konsumsi memiliki jumlah karbohidrat dengan nilai GI yang rendah, protein yang cukup serta kaya vitamin, mineral dan asam amino. Bagi Anda yang masih bingung, berikut adalah menu makanan untuk sarapan yang dapat dikonsumsi.

Menu Makanan Sehat

Menu makanan sehat yang baik untuk tubuh

Telur

Yang pertama adalah telur. Menurut pakar nutrisi Susan Mitchell, Ph.D., RD  telur kaya akan protein  yang dapat membuat perut kenyang serta dapat membantu menjaga massa otot. Tak hanya itu saja, menurut penelitian mengonsumsi makanan kaya protein akan mencegah keinginan untuk ngemil makanan yang tidak sehat di siang harinya. Selain menyehatkan menu makanan yang satu ini juga sangat mudah untuk disajikan dan diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti telur mata sapi, telur orak-arik, omelette dan lainnya.

Oatmeal

Seperti yang diungkapkan ahli gizi Smurti Gokhale, oatmeal juga merupakan menu sarapan pagi sehat yang dapat dikonsumsi. Karena oatmeal merupakan jenis karbohidrat yang dicerna secara perlahan oleh tubuh. Dan tentu saja menu makanan ini dapat membuat perut kenyang lebih lama. Tak hanya itu saja, mengonsumsi oatmeal secara teratur juga dapat mencegah penyakit diabetes.

Pisang

Menu makanan enak dan sehat untuk sarapan selanjutnya adalah buah pisang. Tahukah Anda dalam satu buah pisang ukuran sedang kaya akan potassium, vitamin C dan juga serat. Kombinasi ketiga nutrisi tersebut dangat ampuh untuk memberikan tambahan energi pada tubuh, membuat perut kenyang lebih lama serta dapat mengontrol tekanan darah lebih stabil.

Teh

Berikutnya adalah  teh. Selain sangat bagus untuk menjaga kecantikan kulit, mengatasi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh teh juga dapat membuat otak lebih fokus dalam bekerja. Hal ini dikarenakan teh mengandung L-theanine. Namun jangan hanya meminum teh saja ketika sarapan. Karena teh memiliki kandungan kalori yang sangat sedikit sehingga tidak dapat mencukupi asupan energi. Gunakanlah teh sebagai minuman pendamping sarapan.

Buah berry

Menu makanan sehat yang terakhir adalah buah berry. Ada banyak jenis buah berry itu sendiri, mulai dari anggur cherry, blueberry dan raspberry. Buah-buahan tersebut kaya akan serat, antioksidan dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah berry juga mengandung zat anti kanker yang dapat melawan segala macam penyakit. Anda bisa mengonsumsi buah ini sebagai tambahan salad ataupun makanan lainnya.

Minuman Sehat yang Baik Dikonsumsi Sebelum Sarapan

Air

Air adalah cairan terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dikarenakan air merupakan media utama untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh hingga 25 persen. Tak hanya itu saja, air juga dapat mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Di pagi hari, minumlah air setidaknya 500 ml.

Teh hijau

Yang kedua adalah dengan minum teh hijau. Sudah menjadi rahasia umum jika teh hijau memang kaya nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi secangkir teh hijau di pagi hari dapat merangsang tubuh menjadi lebih aktif, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat serta meminimalkan kadar kolesterol dan menjaga berat badan tetap ideal.

Air lemon

Tak hanya menyegarkan tubuh, kandungan vitamin serta mineral dalam lemon juga dapat meningkatkan energi untuk beraktivitas di pagi hari. Air lemon juga dapat membentu pergerakan usus, membantu kerja hati dan menenangkan otot dan sendi.

Teh jahe

Teh jahe panas merupakan salah satu minuman yang baik dikonsumsi sebelum sarapan. Teh jahe dapat membuat tubuh lebih bernergi. Kandungan vitamin C pada minuman ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Teh jahe juga mengandung sifat anti inflamasi. mengurangi stres serta meningkatkan sirkulasi darah.

Kunyit dan air

Menambahkan sedikit kunyir pada segelas air di pagi hari dapat menjaga kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan dan sifat anti kanker dalam kunyit juga akan bekerja dengan baik di pagi hari. Minuman tradisional ini memiliki manfaat untuk meminimalkan kadar kolesterol serta mengurangi peradangan dalam tubuh.

Jus sayuran

Minum jus adalah cara terbaik dan paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa sayuran yang dapat Anda manfaatkan sebagai jus adalah tomat, wortel dan lainnya. Kandungan vitamin dan nutrisi pada sayuran tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dalam setiap harinya.

Nah itulah beberapa menu makanan sehat untuk sarapan.

sarapan - daftar menu sarapan pagi - daftar menu makanan sehat di pagi hari -