Efek Samping Operasi Plastik

By Categories : Kesehatan

Memiliki wajah yang cantik merupakan impian para wanita. Untuk mendapatkan hal tersebut banyak dari wanita yang rela melakukan apa saja seperti menggunakan krim pencerah dan bahkan ada juga yang mengambil langkah instan dengan cara melakukan operasi plastik. Operasi plastik merupakan salah satu langkah instan yang mampu merekonstruksi bagian tubuh yang dianggap kurang sempurna. Dengan melakukan operasi plastik diharapkan bagian tubuh yang memiliki lekurangan tersebut dapat berubah bentuk seperti yang diharapkan.

Efek Samping Operasi Plastik

Menggunakan cara instan seperti operasi plastik memang memiliki banyak keuntungan untuk menunjang kecantikan. Akan tetapi tak jarang sebuah operasi plastik yang berujung pada kegagalan. Sehingga hal ini membuat wajah semakin aneh dan tidak karuan. Sebelum memutuskan untuk melakukan operasi plastik. Berikut adalah efek samping operasi plastik bagi kesehatan tubuh.

Dampak Negatif Operasi Plastik

Pendarahan

Beberapa saat seletah operasi selesai, biasanya pasien akan mengalami pendarahan. Jika pendarahan ini tidak segera berhenti tentunya hal ini akan menyebabkan komplikasi dan pembekuaan darah. Pembekuan darah yang terjadi akan membuat warna kulit menjadi ungu atau biru kehitaman. Dalam istilah medis, hal tersebut disebut dengan hematoma. Hematoma yang berkelanjutan dapat menyebabkan masalah lain seperti infeksi.

Reaksi Anestesi

Efek samping operasi plastik selanjutnya adalah reaksi anestesi. Seperti yang Anda ketahui saat prosedur operasi berlangsung tentunya sangat diperlukan anestesi atau yang paling disebut dengan suatu tindakan untuk menghilangkan rasa sakit saat menjalani pembedahan atau operasi. Salah satunya yaitu operasi plastik. Seseorang yang memiliki riwayat medis tertentu mungkin memerlukan waktu yang lebih lama untuk sadar. Tak hanya itu saja, seseorang tersebut juga dapat mengalami reaksi yang lebih serius pada organ vital seperti jantung. Reaksi umum yang sering dialami seseorang setelah operasi adalah mual, muntah dan hilang kesadaran terlalu lama.

Kerusakan Syaraf

Selain pendarahan dan reaksi negatif anestesi, efek samping dari operasi plastik juga dapat mengalami kerusakan syaraf. Jika hal ini terjadi, maka tubuh yang setelah dioperasi akan mengalami mati rasa atau kerusakan syaraf.

Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah biasanya terjadi setelah prosedur operasi plastik dilakukan. Akibatnya ini akan membuat seseorang yang menjadi operasi tidak boleh bergerak selama proses pemulihan berlangsung. Selain itu, jika penggumpalan darah terjadi di organ vital seperti jantung ataupun otak, ini akan memerlukan perawatan medis yang sangat serius dan dapat berbahaya bagi pasien.

Rasa Sakit dan Bekas Luka

Seseorang yang pernah menjalani proses operasi tentunya sudah mengetahui bahwa salah satu efek samping yang sering didapatkan adalah rasa sakit dan bekas luka pada area sayatan. Rasa sakit dapat diringankan dengan mengonsumsi obat, namun bekas luka tidak dapat dihilangkan secara instan, untuk menghilangkannya diperlukan perawatan dengan biaya yang cukup mahal.

Nah itulah beberapa efek samping operasi plastik bagi kesehatan tubuh. Baca juga artikel tentang Jenis suntik silikon dan efek sampingnya.