Gejala Akibat Kekurangan Vitamin D

By Categories : Kesehatan

Defisiensi atau kekurangan vitamin D dalam tubuh bukanlah hal yang hanya dapat membuat tulang menjadi lemah, namun juga dapat berdampak pada kesehatan tubuh lainnya. Seperti yang kita tahu vitamin D atau dikenal dengan nama kalsiferol adalah vitamin yang larut dalam lemak prohormom yang berperan sebagai pembentukan struktur tulang dan gigi dengan baik. Namun tak hanya itu saja, vitamin D ternyata juga berfungsi untuk meningkatkan absorbsi kalium di dalam saluran pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai jenis kanker dalam tubuh.

Begitu banyak peranan vitamin D dalam tubuh, oleh karena itu sangat penting sekali untuk memenuhi asupan vitamin D dalam setiap harinya.   Namun sayangnya dewasa ini banyak orang yang kurang peduli dengan asupan vitamin D sehingga memicu berbagai masalah pada kesehatan tubuh manusia.Menurut Michael Holick, MD, penulis buku The Vitamin D Solution dan profesor bidang pengobatan, fisiologi, dan biofisika di Boston University Medical Center.  Mengatakan bahwa sekarang ini sekitar satu juta orang di dunia menderita kekurangan vitamin D tanpa mereka sadari.

akibat kekurangan vitamin D

Hal ini dikarenakan ketidaktahuan mereka terkait gejala yang timbul akibat kekurangan vitamin D. Tentu hal tersebut sangatlah memprihatinkan. Karena banyak sekali penyakit berbahaya yang dapat disebabkan akibat kurang vitamin D. Diantaranya adalah osteoporosis, diabetes, parkinson, alzheimer dan multiple  sclerosis. Untuk mengetahui apakah kita sedang kekurangan vitamin D, tak ada salahnya untuk mengetahui apa saja tanda atau gejala tubuh ketika kurang asupan vitamin D. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Inilah Tanda Akibat Kekurangan Vitamin D

Keringat Berlebihan

Gejala kekurangan vitamin D yang pertama adalah keringat berlebihan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Holick “ memang sangat sulit untuk mendeteksi bayi yang baru lahir mengalami kekurangan vitamin D atau tidak. Namun dengan melihat dahi yang berkeringat, itu merupakan salah satu gejala pertama yang mencolok dan hal itu berlaku pada orang dewasa. Jika sering mengalami berkeringan secara berlebihan meski tidak melakukan aktivitas berlebihan maka tandanya Anda perlu mempertimbangkan untuk tes vitamin D.

Baca juga akibat kurang vitamin D bagi kesehatan tubuh

Mudah Lelah

Asupan vitamin D dalam jumlah yang tepat akan membantu Anda mempertahankan kekuatan serat otot dalam tubuh. Namun jika tubuh mengalami kekurangan vitamin D, maka akan membuat seseorang mudah merasa lelah. Menurut penelitian Harvard mengatakan bahwa suplementasi vitamin D memiliki kaitan yang sangat erat dengan peningkatan konrol orot. Maka karena itulah yang menjadikan alasan jika seseorang mengalami kekurangan vitamin D akan mudah merasa lelah.

Nyeri Kronis

Nyeri kronis atau rasa nyeri yang tidak tertahankan dengan waktu yang relatif lama ini merupakan salah satu gejala akibat kurang vitamin D. Karena kekurangan vitamin D dalam tubuh akan membuat sendi dan otot terasa sakit. Jika kondisi tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kelainan pada tulang.

Penurunan Suasana Hati

Kurang asupan vitamin D juga berkaitan erat dengan penurunan suasana hati atau mood. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mineral juga dapat bekerja dengan kemampuan yang sama seperti vitamin D, misalnya saja di bagian seperti otak dan mempengaruhi hormon yang sama seperti serotonin. Seperti yang Anda ketahui hormon serotonin yang ada di dalam tubuh dapat mempengaruhi mood seseorang.

Menyebabkan Patah Tulang

Gejala akibat kekurangan vitamin D selanjutnya adalah dapat menyebabkan patah tulang. Tahukah Anda bahwa tubuh akan secara otomastis berhenti memproduksi massa tulang pada usia 30-an? Sehingga jika Anda sudah memasuki umur 30 tahunan pastikan Anda mencukupi kebutuhan asupan vitamin D. Sebab menurut penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrion menyatakan bahwa kurang vitamin D dapat mempercepat gejala osteoporosis.

Memicu Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit berbahaya yang harus segera diatasi. Jika tidak, penyakit yang satu ini dapat memicu penyakit yang lebih serius, salah satunya yaitu penyakit jantung. Oleh karena itu, cukupilah asupan ini agar jantung tetap sehat, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit darah tinggi.

Sering Mengantuk

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine disebutkan bahwa rendahnya tingkat vitamin D dalam tubuh dapat menyebabkan rasa kantuk di siang hari. Bagi Anda yang sering mengantuk, mulailah untuk mengosumsi makanan sumber vitamin D terbaik.

Menurunkan Daya Tahan

Tak hanya akibat kekurangan vitamin C saja, kurang asupan vitamin D juga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem imun tubuh lemah, tentu saja sangat rentan terhadap suatu penyakit.

Mudah Stres dan Depresi

Vitamin D yang jumlahnya tidak mencupi di dalam tubuh juga dapat membuat seseorang mudah stres, depresi dan juga sering sedih. Hal ini pun dipublikasikan dalam The Journal Endocrinology & Metabolism yang menyatakan bahwa seseorang yang kurang vitamin D lebih sering depresi dan terlihat sedih.

Nah itulah beberapa tanda atau gejala akibat kekurangan vitamin D.

Baca juga sumber vitamin D terbaik bagi tubuh

Loading...
tanda dan gejala kekurangan vitamin d - tanda kekurangan vitamin d - apa pengaruh ke kurangan vitamin d ke otak - defisiensi vitamin d - gejala akibat defisiensi D - Gejala defisiensi dari vitamin D - gejala kurang vit D - penyebab kekurangan vitamin D kompleks - sering berkeringat kurang vitamin apa? -