Gejala Asam Urat yang Perlu Diwaspadai dan Sebaiknya Jangan Diabaikan

By Categories : Kesehatan

Gejala asam urat sebenarnya sangat mudah untuk dideteksi. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahui apa saja gejala paling umum dari penyakit yang satu ini. Jika Anda memiliki risiko terhadap penyakit asam urat, sebaiknya Anda mengetahui gejala-gejala yang mungkin muncul menyerang Anda. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Siapa yang tidak mengetahui asam urat? Penyakit asam urat atau yang biasa disebut dengan gout ini merupakan suatu kondisi yang menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan. Tak hanya nyeri saja, penyakit asam urat juga dapat menyebabkan pembengkakan, peradangan dan rasa panas di persendian. Persendian yang sering terserang adalah sendi jari kaki, sendiri jari tangan, pergelangan kaki dan juga lutut.

Jika dibandingkan dengan perempuan, laki-lakilah yang paling sering mengalami masalah kesehatan yang satu ini terutama bagi mereka yang berusia lebih dari 30 tahun. Sedangkan perempuan biasanya akan berisiko timbul setelah ia mengalami menopause. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan asam urat? Selain karena faktor keturunan, sering mengonaumai makanan dengan kandungan asam urat tinggi juga dapat menyebabkan penyakit ini.gejala asam urat

Beberapa makanan yang mengandung asam urat tinggi antara lain, jeroan, daging merah, makanan laut serta minuman beralkohol. Setelah sekian lama mengonsumsi makanan tersebut, kristal-kristal tajam akan mengendap dan menumpuk di sekitar sendi. Sehingga hal inilah yang menyebabkan rasa nyeri sekitar persendian.  Penyakit ini juga sangat rawan dialami oleh orang-orang yang menderita penyakit ginjal, obesitas, hipertensi hingga diabetes. Lalu gejala apa saja yang perlu diwaspadai? Simak ulasannya berikut ini

Kadar Asam Urat Naik? Berikut Gejala Asam Urat yang Perlu Diwaspadai

Rasa Nyeri Ringan

Ketika kadar asam urat naik, biasanya akan ditandai dengan rasa nyeri ringan pada bagian yang mungkin terserang asam urat seperti jari tangan, jari kaki, lutut dan juga pergelangan kaki. Tak hanya rasa nyeri ringan saja, rasa nyeri juga akan semakin hebat menjadi tak tertahankan. Jika sudah begini Anda sebaiknya melakukan beberapa penanganan yang mungkin dibutuhkan.

Baca juga obat tradisional asam urat paling ampuh dan alami

Peningkatkan Rasa Nyeri pada Persendian

Peningkatan rasa nyeri yang Anda alami juga akan berkembang dalam waktu cepat. Sehingga hal ini akan menyebabkan persendian terasa nyeri dan sakit. Peningkatan rasa nyeri ini biasanya akan berkembang sekitar 1 hingga 3 jam pertama dan akan berlangsung selama 2 dan bahkan sampai 10 hari.

Nyeri dan Pembengkakan

Berikutnya adalah terjadinya nyeri dan pembengkakan.  Hal ini biasanya akan disertai dengan kulit yang memerah. Saat pembengkakan terjadi, penderita asam urat biasanya akan sulit untuk bergerak karena bagian persendiannya akan terasa sakit dan menyiksa.

Nyeri Sembuh dengan Sendirinya

Berikutnya nyeri yang dialami ternyata dapat sembuh dengan sendirinya. Jika sudah dalam tahap ini akan terdapat bekas seperti kulit kering pada daerah persendian yang nyeri akibat asam urat.

Nah itulah beberapa gejala dari asam urat yang sebaiknya jangan diabaikan. Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, nyeri akibat asam urat juga bisa datang kembali. Sehingga penyakit ini juga bisa disebut dengan penyakit kambuhan. Oleh karena itu Anda harus menanganinya dengan tepat, sebab jika tidak penyakit ini akan terus kambuh dan datang menyiksa Anda.

Setelah mengetahui gejala asam urat, tak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa penanganan yang tepat untuk mengatasi nyeri asam urat. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Penanganan yang Tepat Ketika Nyeri Asam Urat Kambuh

Ketika berobat ke dokter, dokter biasanya akan memberikan rekomendasi obat yang sesuai dengan kasus asam urat yang Anda alami. Untuk memberikan diagnosis yang tepat, biasanya dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan yang meliputi riwayat kesehatan keluarga, obat yang sedang dikonsumsi dan juga seberap sering nyeri timbul.

Selain mengonsumsi obat yang diresepkan dokter, para ahli juga menyarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat, seperti berhenti mengonsumsi alkohol, mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak hewani serta mengonsumsi makanan seimbang. Berikut adalah perawatan rumah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meredakan asam urat:Gejala Asam Urat yang Perlu Diwaspadai dan Sebaiknya Jangan diabaikan

  • Mengurangi Makanan yang Mengandung Purin

Yang pertama adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung purin. Purin yang berlebih dapat menyebabkan masalah kesehatan yang satu ini. Oleh karena itu pastikan Anda membatasi jumlahnya agar tidak terjadi penumpukan purin atau asam urat dalam tubuh.

  • Konsumsi Makanan Berserat

Yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Hal ini bertujuan agar pencernaan lebih sehat. Selain makanan berserat, pastikan Anda memperbanyak minum air putih. Sebab rutin mengonsumsi makanan berserat tanpa memperhatikan asupan air, tentu saja tidak bermanfaat sama sekali.

  • Rajin Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara paling efektif untuk menangkal segala macam penyakit. Sebab dengan berolahraga racun dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan mudah.

Baca juga tips memilih makanan untuk penderita asam urat

Nah itulah beberapa gejala asam urat yang perlu diwaspadai lengkap dengan penangangan rumahan yang dapat Anda terapkan. Jika nyeri datang kembali, Anda bisa mengompres dengan menggunakan es untuk meringankannya.

Loading...
Gejala awal asam urat yg perlu di waspadai -