Gejala Awal Pilek Lengkap dengan Obat Pilek Alami Paling Ampuh

By Categories : Obat

Mengonsumsi obat pilek alami pastinya lebih aman dan tanpa efek samping jika digunakan untuk mengobati pilek yang Anda derita. Nah bagi Anda yang sedang dilanda flu dan pilek, tak ada salahnya jika menggunakan beberapa bahan alami untuk mengobatinya. Kali ini akan menjelaskan mengenai obat pilek paling ampuh lengkap dengan gejala awal pilek yang perlu diwaspadai agar tidak menjadi lebih parah. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Flu ataupun pilek adalah salah satu penyakit yang paling umum dan sering dialami oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan pilek disebabkan oleh virus yang sangat mudah menyebar melalui udara. Penyakit ini biasanya akan menyerang saat daya tahan tubuh lemah. Lantas hal apa saja yang menyebabkan sistem imun tubuh lemah? Diantaranya yaitu kurang tidur, stres, pola makan buruk dan jarang berolahraga. Tak hanya flu ataupun pilek saja, seseorang yang memiliki sistem imun lemah juga sangat rentan terhadap penyakit.obat pilek alami

Ketika Anda terserang pilek, sebenarnya ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai agar pilek yang Anda derita tidak menjadi parah dan membahayakan. Dan gejala tersebut biasanya akan berbeda-beda pada setiap orang. Namun tak ada salahnya jika Anda tetap memwaspadainya. Lalu apa saja gejala tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Inilah Gejala Awal Pilek dan Obat Pilek Alami Paling Ampuh dan Mujarab

Sakit Tenggorokan

Yang pertama adalah sakit tenggorokan. Gejala awal pilek ataupun flu bisa berupa sakit tenggorokan. Tenggorokan akan terasa gatal dan mulai mengalami iritasi. Tak hanya itu saja, hal ini juga dapat membuat Anda kesulitan menelan.

Baca juga obat tradisional batuk pilek pada anak dan bayi

Merasa lemas dan kelelahan

Gejala yang kedua adalah merasa lemas dan kelelahan. Seseorang yang tiba-tiba merasa lemas dan lelah sebaiknya juga harus diwaspadai. Sebab hal ini juga merupakan gejala awal Hollywood yang sering menyerang. Pastikan Anda segera mengobatinya dan beristirahat teratur agar pilek yang Anda derita tidak menjadi parah.

Demam

Gejala berikutnya adalah demam. Umumnya demam merupakan gejala dari segala macam penyakit, salah satunya yaitu flu dan pilek. Demam yang Anda alami menandakan tubuh sedang berusaha melawan infeksi virus. Jika sistem kekebalan tubuh lemah, maka Anda bisa terserang pilek dan bahkan penyakit lainnya.

Tubuh Menggigil dan Nyeri

Nyeri pada tubuh biasa terjadi pada kaki, punggung dan juga lengan. Namun tak hanya itu saja, kepala juga bisa terasa nyeri dan pusing. Jika sudah begini sebaiknya Anda beristirahat dan mengonsumsi makanan hangat seperti sop dan lainnya.

Batuk Terus Menerus

Pilek dan flu juga dapat menyebabkan batuk. Terkadang batuk yang Anda rasakan diserta oleh rasa sesak napas di dada dan menggigil. Batuk yang Anda alami juga bisa batuk kering ataupun berdahak.

Obat Pilek Alami yang Dapat Anda Coba untuk Meredakan Pilekobat pilek alami paling ampuh

Jahe dan Madu

Obat alami yang pertama adalah campuran antara jahe dan madu. Jahe dan madu merupakan salah satu bahan alami yang sudah terpercaya khasiatnya untuk mengatasi masalah kesehatan, tak terkecuali flu, batuk dan juga pilek. Caranya, geprek jahe lalu seduh dengan menggunakan air hangat. Setelah itu Anda bisa menambahkan sedikit madu sebagai perasa. Tak perlu berlebihan dalam mengonsumsinya, hanya saja Anda perlu meminumnya secara teratur yaitu tiga kali dalam sehari agar pilek yang Anda derita dapat teratasi.

Menggunakan Larutan Garam

Yang kedua adalah dengan menggunakan larutan garam. Larutan garam yang Anda gunakan dapat menghilangkan partikel virus dan bakteri dari hidung. Larutan garam juga dapat membantu Anda untuk mengatasi hidung tersumbat. Lalu bagaimana caranya?

Caranya, campurkan seperempat sendok teh garam dan seperempat sendok teh baking soda dalam 230 ml air hangat. Anda bisa membilas hidung dengan menggunakan larutan tersebut ataupun menggunakan semprotan agar lebih simpel. Ulangi hal ini dua sampai tiga kali dalam sehari.

Konsumsi Makanan Pedas

Bagi Anda pecinta makanan pedas, Anda juga bisa meringankan pilek yang Anda alami dengan mengonsumsi makanan pedas. Kandungan pedas pada cabai yang Anda konsumsi dapat membuka sinus dan membantu memecah lendir di paru-paru. Hal ini tentu saja dapat membantu Anda untuk mengeluarkan ingus dan meringankan sakit yang Anda rasakan.

Jeruk Purut

Berikutnya adalah dengan menggunakan jeruk purut. Bahan yang Anda perlukan adalah jeruk purut dan air panas. Caranya. Iris jeruk purut lalu peras di atas gelas dan aduk sampai merata. Sebaiknya minumlah ramuan ini dalam keadaan masih hangat agar tubuh tetap hangat dan tidak menggigil. Bagi Anda yang memiliki penyakit maag, tidak disarankan untuk melakukan cara ini. Sebab kandungan asam pada jeruk purut dapat meningkatkan asam lambung.

Baca juga obat flu tradisional paling ampuh dan mujarab

Demikianlah ulasan mengenai gejala awal pilek lengkap dengan obat pilek alami yang dapat Anda coba.

Loading...
obat tradisional flu batuk -