Gejala dan Cara Mencegah Kanker Prostat

By Categories : Penyakit

Tahukah Anda apa itu prostat? Prostat adalah kelenjar berbentuk seperti buah kenari yang dapat menghasilkan cairan mani yang menghantarkan dan juga memeliharnya. Sedangkan kanker prostat merupakan tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat. Pada umumnya penyakit ini menyerang seorang pria yang sudah berumur 70 tahun ke atas. Seperti yang Anda ketahui kanker prostat merupakan salah satu penyakit penyebab kematian akibat kanker. Lantas apa saja gelajanya?

Cara Mencegah Kanker Prostat

Gejala Kanker Prostat

Pada umumnya gejala kanker prostat tidak dapat dideteksi pada tahap awal. Sedangkan pada tahap lanjut gejala kanker prostat memiliki ciri antara lain:

  • Rasa tidak nyaman pada area pinggul
  • Adanya darah pada air mani
  • Bermasalah ketika buang air kecil
  • Bengkak pada kaki
  • Berkurangnya kualitas urin
  • Pembengkakan pada kaki

Selain gejala ada beberapa faktor yang menyebabkan kanker prostat yaitu:

  • Faktor keturunan
  • Usia sudah mencapai 70 tahun ke atas
  • Obesitat

Berikut adalah Cara Mencegah Kanker Prostat

Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara pertama untuk mencegah terjadinya kanker prostat adalah mengonsumsi makanan sehat. Seperti yang Anda ketahui mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai macam ancaman penyakit salah satunya yaitu kanker prostat. Sebaiknya pilihlah jenis makanan rendah kalori , makanan yang tidak  berpengawet serta kurangilah penggunaan suplemen.

Olahraga Secara Teratur

Sebuah penelitian menyatakan bahwa seorang pria yang rutin berolahraga setiap harinya dapat menurunkan seorang pria tersebut terkena kanker prostat. Oleh karena itu mulailah untuk melakukan aktivitas fisik yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan. olahraga terbaik yang dapat Anda lakukan adalah jogging, bersepeda, berenang ataupun olahraga lainnya.

Menjaga Berat Badan

Selain mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur, Anda juga harus menjaga berat badan Anda agar tetap seimbang. Hindarilah makanan yang kaya akan lemak seperti daging merah. Untuk menjaga berat badan tetap semibang Anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori seperti sereal.

Meningkatkan Asupan Zinc

Cara mencegah kanker prostat selanjutnya adalah dengan meningkatkan asupan zinc. Zinc atau seng dapat mengubah metabolisme steroid dalam tubuh, sehingga ini akan mengurangi pembesaran prostat. Mulailah untuk mengonsumsi vitamin yang satu ini untuk mencegah kanker prostat. Sumber makanan yang kaya akan zinc adalah biji labu dan juga minyak gandum.

Konsultasikan dengan Dokter

Jika salah satu di keluarga Anda ada yang memiliki penyakit ini, sebaiknya Anda mulai berkonsulatsi kepada dokter. Hal ini bertujuan agar Anda tehindar dari kanker prostat sedini mungkin.

Nah itulah beberapa gejala dan cara mencegah kanker prostat yang dapat Anda coba.

Loading...
cara mencegah kanker prostat - mencegah kanker prostat - cara menghindari kanker prostat - mencegah prostat - pencegahan kanker prostat - cara mencegah penyakit prostat - cara mencegah prostat - mencegah penyakit prostat - cara mengatasi kanker prostat - cara mencegah kanker prostat sejak dini - cara menghindari penyakit prostat - gejala kangker prostat mencegah - mencegah kangker prostat - makanan pencegah kanker prostat - cara mengatasi kangker prostat -