Gejala Diabetes Melitus yang Perlu Anda Waspadai

By Categories : Penyakit

Glukosa atau gula umumnya memang sangat penting bagi tubuh. Hal ini dikarenakan glukosa merupakan sumber energi utama bagi jaringan dan juga otot. Akan tetapi jika terlalu banyak glukosa dalam tubuh ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, yaitu diabetes melitus atau yang disebut dengan kencing manis. Diabetes merupakan penyakit yang kerap menyerang tubuh manusia. Selain kadar gula dalam tubuh meningkat penyebab utama diabetes adalah faktor keturunan serta gaya hidup yang tidak sehat.

gejala diabetes melitus

Sama halnya dengan Hepatitis B, diabetes adalah salah satu penyakit silent killer. Sehingga ini membuat diabetes menjadi sangat sulit untuk diidentifikasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui gejala diabetes melitus sejak dini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita harapkan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah gejala diabetes melitus yang perlu Anda waspadai.

Tanda dan gejala penyakit diabetes

Sering merasa lelah
Gejala diabetes melitus yang pertama dalah sering merasakan lelah dan lemas, lapas, serta haus. Jika Anda sering mengalami hal ini sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Karena hal tersebut disebabkan oleh hormon insulin dalam tubuh sudah tidak aktif lagi, sehingga gula darah sangat sulit untuk melewati membran sel dan hal ini akan menyebabkan penumpukan gula darah.

Sistem kekebalan tubuh menurun
Gejala yang kedua adalah menurunnya sistem imun tubuh. Seiring dengan tidak aktifnya hormon insulin ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan menurun. Akibatnya seorang penderita diabetes akan rentan terhadap penyakit lainnya. Terutama luka pada bagian kaki dan tangan. Seperti yang Anda ketahui seorang penderita yang mengalami luka, akan sangat sulit bagi luka tersebut untuk kering dan sembuh. Oleh karena itu sangat dibutuhkan perawatan yang intensif untuk merawat luka tersebut.

Berat badan menurun
Jika Anda mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis, sebaiknya Anda waspada. Hal ini dikarenakan resistensi insulin yang terjadi dalam tubuh akan membuat tubuh mencari sumber energi yang lain dengan cara membakar cadangan lemak dalam tubuh. Akan tetapi jika cadangan lemak habis, maka otot merupakan sasaran utamanya. Sehingga ini akan menyebabkan berat badan seorang penderita diabetes akan terus menyusut dan mengalami penurunan dengan cepat.

Masalah pada kulit
Gejala diabetes melitus selanjutnya adalah adanya masalah pada kulit. Ini karena diabetes akan mempengaruhi sirkulasi darah dan kelenjar keringat akan mengalami disfungsional. Sehingga ini akan menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, gatal dan juga iritasi. Akan tetapi gejala yang satu ini cukup sulit untuk dideteksi, karena ada banyak penyebab lain yang dapat membuat kulit bermasalah seperti ini.

Nah itulah beberapa gejala diabetes melitus yang perlu Anda waspadai. Baca juga artikel tentang Tanaman obat untuk diabetes melitus.