Gejala Penyakit Liver yang Perlu Anda Waspadai

By Categories : Penyakit

Sama seperti gejala penyakit lainnya, gejala penyakit liver juga merupakan salah satu gejala penyakit yang perlu diwaspadai. Sebab dengan mengetahui gejala suatu penyakit, kita akan lebih mudah mengobati penyakit tersebut. Dan seperti yang kita ketahui, penyakit liver adalah penyakit yang sering menyerang hampir setiap orang. Oleh karena itu, kali ini akan membahas mengenai gejala dari penyakit liver. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Liver atau hati sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai filter untuk darah, tetapi liver juga memiliki peranan untuk menghasilkan hormon, menyimpan energi dan membuat senyawa yang memungkinkan usus mencerna makanan. Mengingat ada banyak sekali fungsi liver untuk menjaga kesehatan tubuh, pastinya kita juga harus menjaga kesehatan hati kita.

Selain mengonsumsi vitamin, makanan sehat serta berolahraga teratur sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatannya, salah satunya yaitu dengan mengetahui gejala atau tanda ketika hati sedang bermasalah. Sebab dengan mengetahui hal ini kita bisa lebih dini mengetahui penyakit yang menyerang Anda.

Salah satu penyakit mematikan yang sering menyerang hati adalah hepatitis C. Banyak orang yang menyebut, bahwa hepatitis C adalah penyakit pada hati yang menyerang secara diam-diam. Sehingga ketika Anda menderita penyakit ini, mungkin saja Anda tidak menyadarinya dan pastinya hal ini dapat membuat kesehatan semakin memburuk.

Tak hanya itu saja, pada saat gejala muncul, entah itu karena hepatitis ataupun perlemakan hati, kemungkinan hati usdah sampai pada tahap sirosis hati.gejala-penyakit-liver

Inilah Gejala Penyakit Liver yang Harus Diketahui

Seorang ahli penyakit hati di Clebeland Clinic, Jamile Wakim-Fleming, M.D mengatakan bahwa sirosis hati sendiri adalah kerusakan hati serius yang disebabkan karena penyakit lama ataupun cedera. Seorang pasien dengan sirosis hati juga memiliki risiko tinggi menderita kanker hati dan kemungkinan memerlukan transplantasi hati.

Sedangkan perlemakan hati sendiri sering disebabkan karena obesitas.Terlalu banyak minum juga dapat mengganggu kerja hati. Oleh karena itu, Dr. Wakim Fleming menyarankan untuk minum secukupnya sesuai dengan kebutuhan, rutin olahraga serta menerapkan pola makan sehat.

Baca juga tips mencegah penyakit liver secara alami

Namun apabila Anda mengalami gejala seperti di bawah ini, sebaiknya segera temui dokter untuk mendiagnosis gejala yang Anda rasakan.

Nyeri Sendi

Yang pertama adalah nyeri sendi. Umumnya nyeri sendi bisa dialami semua orang, terutama bagi mereka yang sering melakukan aktivitas fisik terlalu sering. Namun jika Anda mengalami nyeri sendi disertai dengan mual, muntah, hilang nafsu makan, dan sering lelah sebaiknya Anda mewaspadainya. Sebab hal tersebut merupakan gejala umum dari penyakit hepatitis autoimun.

Lalu apa itu hepatitis autoimun? Hepatitis autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel dan jaringan Anda sendiri.

Perut Terasa Sakit dan Mengalami Pembengkakan

Gejala yang kedua adalah perut terasa sakit dan mengalami pembengkakan. Jika sudah begini, Dr. Bacon mengatakan bahwa hati Anda mungkin dalam bahaya. Sehingga Anda harus membawanya ke klinik setempat. Perlu Anda ketahui pula bahwa hati menempati sebagian besar rongga perut Anda. dan perlemakan biasanya ada di sisi kanan.

Mata dan Kulit Menguning

Gejala penyakit liver yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah mata dan kulit menguning. Hati yang tidak sehat, memiliki masalah dalam membuang bilirubin (senyawa yang berwarna kekuningan). Dan ketika tubuh memecah sel-sel darah tua, salah satu produk sisa yang diciptakan adalah bilirubin.

Ketika hati sakit dan tidak berfungsi dengan normal, hati tidak bisa mengeliminasi bilirubin. Sehingga akhirnya mengubah warna kulit dan mata menjadi kuning. Sebagai tambahan, warna urine dan kotoran yang gelap dan keruh juga merupakan tanda-tanda penyakit kuning.

Kebingungan

Berikutnya adalah penderita mengalami kebingungan. Hati yang tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan penumpukan zat tembaga dalam darah dan otak. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan yang mirip dengan gejala alzheimer. Biasanya, gejala yang satu ini akan muncul jika penyakit hati sudah ada pada stadium lanjut.

Bercak Pada Kulit

Hati yang sudah tidak berfungsi juga tidak bisa membersihkan darah dengan benar. Sehingga seseorang yang menderita penyakit liver akan mengalami masalah pembekuan darah di dekat permukaan kulit. Biasanya hal ini akan menimbulkan noda kulit besar yang menyerupai laba-laba atau tanda bintang atau yang biasa disebut angioma spider. Angioma spider umumnya muncul di dada.

Lemah Otot

Yang terakhir adalah lemah otot.  ketika lengan menjadi lemah, pergelangan kaki bengkak dan perut membesar hal ini disebabkan karena adanya ketidakseimbangan cairan  dalam tubuh karena hati yang sakit. Kelemahan otot ini juga dapat muncul di atas pipi dan di sekitar pelipis.

Baca juga tanda penyakit alzheimer pada usia muda yang perlu diwaspadai

Nah itulah beberapa gejala penyakit liver yang perlu Anda waspadai. Gejala seperti kerusakan otot dan kebingunan menandakan bahwa penyakit hati sudah sampai pada tahap stadium lanjut.

loading...