Ibu Hamil Minum Kopi, Aman Atau Bahaya? Berikut Ulasannya!

By Categories : Kesehatan

Selain teh, kopi merupakan salah satu minuman favorit setiap orang di seluruh dunia. Tak hanya pria, para wanita juga menyukai jenis minuman yang satu ini. Namun ketika hamil sebaiknya para wanita memperhatikan jumlah asupan kopi per hari agar tidak menimbulkan masalah pada kehamilannya. Seperti yang kita ketahui selama masa kehamilan para wanita dianjurkan untuk menjaga asupan makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat berpengaruh positf ataupun negatif bagi kesehatan ibu dan janin.

ibu hamil minum kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil minum kopi lebih dari (>300 mg per hari) dapat meningkatkan resiko keguguran ataupun berat badan lahir yang rendah. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap binatang juga menyatakan bahwa mengonsumsi kafein yang berlebihan selama hamil juga dapat menyebabkan meningkatnya resiko kelainan kongenital.

Sebuah penelitian lainnya juga menemukan adanya resiko bayi mati setelah beberapa jam kelahirannya menjadi dua kali lipat pada ibu hamil yang minum kopi lebih dari 500 mg kafein dalam setiap harinya. Sebaiknya ibu hamil tidak minum kopi karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung, merasa gelisah dan juga insomnia. Namun tak hanya itu saja, kopi juga dapat menyebabkan heartbun (keadaan panas pada bagian perut).

Baca juga penyebab keguguran pada kehamilan

Efek tersebut dapat timbul lebih parah ketika ibu hamil memasuki kehamilan trimester pertama. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mampu untuk memecah kafein atau kemampuan tubuh dalam memecah kafein semakin melambat. Dan di trimester ketiga tubuh membutuhkan hampir dua kali lebih lama untuk membersihkan kafein yang ada di tubuh Anda.

Sedangkan pada kehamilan di trimester ketiga, dibutuhkan waktu yang lebih pula yaitu hampir tiga kali lebih lama. Selain itu, fenol yang terkandung dalam kafein dapat membuat tubuh Anda sulit untuk menyerap zat besi dengan baik. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat membuat kesehatan Anda semakin terganggu. Ibu hamil  minum kopi yang berlebihan dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat menyebabkan anemia.

Resiko ibu hamil minum kopi terlalu sering

Umumnya orang normal yang terlalu banyak minum kopi dapat beberapa hal seperto gangguan pencernaan, jantung berdetak kencang, insomnia dan juga kecemasan. Ibu hamil juga menyebabkan hal yang sama. Namun tak hanya itu saja, minum kopi ketika hamil juga dapat menyebabkan beberapa kemungkinan seperti keguguran, kelahiran prematur, anemia, asam lambung naik ataupun bayi lahir dengan berat badan rendah.

dr   Aryando Pradana, SpOG, dokter spesialis kandungan di RSIA Bunda Menteng dan klinik bayi tabung, Morula IVF Clinic Jakarta menyarankan bahwa sebaiknya selama kehamilan membatasi konsumsi kafein dalam setiap harinya. Atau ibu hamil bisa mengganti kopi menjadi teh. Tak hanya itu saja, guna mengetahui kesehatan ibu dan janin, ibu hamil juga sebaiknya melakukan pemeriksaan USG.

Selain dapat menyebabkan keguguran, asam lambung naik, bayi lahir dengan berat badan rendah, anemia dan insomnia, kopi juga dapat menyebabkan risiko lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Menyebabkan aliran darah tidak lancar

Ibu hamil minum kopi yang terlalu sering, dapat membuat bayi yang dikandung menjadi kecanduan kopi. Sehingga hal ini menyebabkan pembuluh darah yang ada di dalam tubuh bayi mengecil. Jika pembuluh darah mengecil sirkulasi darah tentu saja tidak lancar sehingga aliran oksigen yang diedarkan pun tak lancar. Jika bayi kekurangan oksigen serta aliran darah ia akan mudah terserang segala macam penyakit.

Persalinan yang sulit

Yang kedua adalah dapat menyebabkan persalinan yang sulit. Ibu halin yang terlalu banyak mengonsumsi kopi akan mengeluarkan darah yang banyak terlebih dahulu baru janin. Ibu hamil yang mengalami hal ini akan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Hal ini dikarenakan ketika mengejan ia mengeluarkan darah secara terus menerus.

Gangguan metabolisme

Berikutnya adalah dapat menyebabkan gangguan metabolisme. Seperti yang kita ketahui metabolisme merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang, tak terkecuali bagi janin. Seorang janin yang mengalami gangguan metabolisme, tentu saja dapat menyebabkannya terkena berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu penyakit penurunan kognitif.

Dehidrasi

Ibu hamil minum kopi yang terlalu sering juga dapat menyebabkan dehidrasi. Padahal dehidrasi merupakan suatu kondisi yang sangat berbahaya dan harus dihindari oleh ibu hamil. Agar stamina tetap prima dan terjaga ibu hamil membutuhkan banyak cairan. Dalam setiap harinya, ibu hamil membutuhkan 8 hingga 10 gelas air.

Menyebabkan sakit kepala

Kopi juga dapat menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala yang tak tertahankan bisa saja menyebabkan ibu hamil terjatuh dan bahkan terbentur. Seperti yang kita ketahui ibu hamil harus menghindari hal ini agar darah tidak menggumpal dan tidak menganggu persalinan.

Baca juga bolehkah ibu hamil mengonsumsi nanas? Berikut penjelasannya!

Loading...
minum kopi keguguran - apakah minum kopi berbahaya untuk orang hamil - kopi menyebabkan kegug -