Inilah Akibat Kelebihan Vitamin B Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Nutrisi

Sama halnya dengan kekurangan, kelebihan vitamin B juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu pastikan kita selalu mencukupi kebutuhan asupan vitamin ini agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Jika kemarin sudah menjelaskan mengenai penyakit akibat kekurangan vitamin B, kali ini akan menjelaskan mengenai akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin B bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Seperti yang kita ketahui, vitamin B Berbeda dengan vitamin lainnya seperti A, C, D, E, dan K. Vitamin B memiliki banyak banyak jenis yang semuanya memilki manfaat berbeda bagi tubuh. Vitamin B kompleks sendiri terdiri dari vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxamine), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B12 (cyanocobalamin). Antara vitamin B jenis yang satu dengan jenis lainnya akan bekerja bersama dalam satu proses.

Sehingga kekurangan ataupun kelebihan dari vitamin B dapat menyebabkan ketidakseimbangan. Sebagian besar vitamin B memiliki sifat yang larut dalam air dan hasil sisa dari konsumsi vitamin B yang berlebih akan dikeluarkan melalui urine. Mengingat vitamin tubuh tidak bisa memproduksi vitamin B, maka kita harus mengonsumsi sumber makanan yang kaya vitamin B seperti kedelai, biji-bijian, ikan, susu, kecu, ayam, jamur dan produk hewani.

Lalu apa saja akibat kelebihan dari vitamin B? Berikut ulasannya.inilah-akibat-kelebihan-vitamin-b-bagi-kesehatan

Inilah Akibat Kelebihan Vitamin B yang Perlu Diketahui

Kelebihan Thiamin (Vitamin B1)

Yang pertama adalah akibat kelebihan thiamin atau vitamin B1. Vitamin B1 yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat menyebabkan alergi. Meskipun sangat jarang terjadi, namun hal ini bisa menyebabkan bercak kemerahan dan gatal pada kulit. Dalam kondisi serius maka seseorang akan mengalami sakit kepala, sulit bernapas, dada terasa sesak dan warna kulit berubah.

Baca juga gejala akibat kekurangan vitamin D

Kelebihan Riboflavin (Vitamin B2)

Yang kedua adalah akibat kelebihan ribofalvin atau vitamin B2. Jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin B yang satu ini maka hal yang paling umum terjadi adalah air seni berwarna kuning. Meskipun tidak berbahaya, namun kelebihan riboflavin dalam dosis tinggi dapat menyebabkan diare. Akibat yang lebih serius juga bisa terjadi, yaitu dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian wajah, bibir, lidah dan tenggorokan serta bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit.

Kelebihan Niacin (Vitamin B3)

Noacin dapat menyebabkan kemerahan pada kulit, sakit kepala, diare, mulas hingga mual dan muntah. Jika kelebihan vitamin ini sudah parah maka dapat menyebabkan detak jantung yang tidak teratur, nyeri sendi, pembengkakan lengan atau kaki, penglihatan kabur dan sakit kepala terus menerus. Ada pula efek samping lainnya namun sangat jarang terjadi. Seperti mata menguning, tinja berdarah atau hitam, nyeri perut serta mual dan muntah terus menerus.

Kelebihan Asam Pantotenat (Vitamin B5)

Sama seperti vitamin lainnya, kelebihan asam pantotenat dapat menyebabkan diare. Namun selain itu, kelebihan vitamin B5 juga dapat menyebabkan alergi dan pembengkakan seperti kasus kelebihan vitamin B lainnya. Sehingga hal ini tentu saja merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai.

Kelebihan Pyridoxamine (Vitamin B6)

Kelebihan vitamin yang satu ini umumnya tidak akan menimbulkan efek samping yang serius. Namun dalam beberapa kasus kelebihan pyridoxamine dapat menyebabkan seseorang sakit kepala, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kesemutan, sakit perut dan mengantuk

Kelebihan vitamin ini dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko gangguan otak dan saraf. Lelah dan lemas yang amat sangat juga bisa ditimbulkan akibat kelebihan pyridoxamine atau vitamin B6.

Kelebihan Asam Folat (Vitamin B9)

Seperti yang kita ketahui asam folat memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, terutama ibu hamil. beberapa manfaat asam folat untuk ibu hamil antara lain agar bayi lahir sehat dan tidak cacat serta menghindarkan bayi lahir prematur. Oleh karena itu asam folat harus dipenuhi selama kehamilan. Lalu bagaimana jika seseorang kelebihan asam folat? Perlu diketahui bahwa kelebihan vitamin jenis ini dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan kanker prostat.

Kelebihan cyanocobalamin (vitamin B12)

Jika dibandingkan dengan vitamin lainnya, vitamin jenis ini tergolong aman, meskipun kelebihan vitamin ini dapat menyebabkan gatal-gatal dan diare. Efek paling parah jika kelebihan cyanocobalamin adalah dapat menyebabkan reaksi alergi.

Baca juga manfaat vitamin B kompleks bagi kesehatan tubuh

Demikianlah  ulasan mengenai akibat kelebihan vitamin B paling lengkap yang perlu diketahui.

loading...
kelebihan vitamin b - kekebihan viamin b - akibat kelebihan dan kekurangan vitamin b - efek samping kelebihan vitamin b - pengaruh tubuh akibat kelebihan vitamin b - vitamin b kelebihan -