Inilah Cara Mencegah Perut Kembung yang Tepat

By Categories : Kesehatan

Cara mencegah perut kembung adalah salah satu hal yang paling banyak ditanyakan oleh semua orang. Sebab perut kembung merupakan masalah yang dapat membuat seseorang menjadi semakin tak nyaman. Nah apakah Anda salah satu orang yang mengalami masalah ini? Jika iya, simak saja ulasan berikut ini. Sebab kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Siapa yang tidak tahu dengan perut kembung? Setiap orang pastinya sudah mengetahui masalah pencernaan ini dan bahkan sering mengalaminya. Jika tidak segera diatasi hal ini tentu saja dapat membuat tubuh semakin tidak nyaman sebab perut akan terasa penuh dan begah. Lantas apa saja penyebab perut kembung tersebut?

Sebenarnya ada beberapa macam makanan penyebab perut kembung, seperti makanan berlemak, produk susu serta sayuran bergas seperti kol dan brokoli. Nah bagi Anda yang sering mengalami masalah ini sebaiknya Anda mengurangi mengonsumsi makanan tersebut. Selain perut terasa penuh dan begah, perut kembung juga dapat menyebabkan masalah lain yang cukup mengganggu seperti sering bersendawa ataupun kentut.

Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasi perut kembung yang tepat? Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan berikut ini.cara-mencegah-perut-kembung

Cara Mencegah Perut Kembung yang Bisa Anda Coba

Meneguk Air Sedikit Demi Sedikit

Cara yang pertama adalah dengan meminum air sedikit demi sedikit. Perlu Anda ketahui bahwa minum air sedikit demi sedikit namun tetap konsisten seharian dapat menjaga kadar air yang normal dalam tubuh. Oleh karena itu minumlah air sedikit demi sedikit. Sebaiknya hindari tak minum lalu minum banyak sekaligus. Hal ini justru dapat membuat syok tubuh kita dan dapat membuat tubuh menjadi bengkak serta perutpun terasa begah.

Baca juga cara alami mengatasi perut kembung yang tepat

Mengonsumsi Semangka

Tahukah Anda jika mengonsumsi semangka dapat mencegah perut begah dan kembung? Ya, hal ini dikarenakan semangka mengandung air dan potasium yang bermanfaat untuk mengeluarkan kelebihan garam yang ada di tubuh kita. Selain semangka, beberapa buah yang mengandung air dan potasium tinggi yang bisa Anda konsumsi adalah melon dan juga nanas.

Mengunyah Permen Karet

Sebenarnya mengunyah permen karet dapat menciptakan kantong-kantong udara di perut yang dapat menyebabkan perut kembung. Namun mengunyah permen karet juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengontrol keinginan menyantap makanan manis. Oleh karena itu, pilihlah permen karet peppermint bebas gula yang dapat merilekskan perut secara alami.

Olahraga

Berikutnya adalah dengan berolahraga. Olahraga adalah cara untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu olahraga teratur juga dapat mencegah perut kembung. Karena dengan berolahraga peredaran darah akan semakin lancar. Bahkan gerakan ringan seperti jalan kaki dan jogging dapat membantu mencegah perut kembung dan buncit.

Makan Porsi Kecil Namun Sering

Cara mencegah perut kembung selanjutnya adalah dengan makan porsi kecil namun sering. Sama seperti ketika minum air putih. Makan porsi kecil namun sering dalam meminimalisir masuknya udara ke dalam perut. Jika kita menunda makan sampai benar-benar lapar maka kita akan kalap dan mengonsumsi makanan sebanyak dan secepat mungkin.

Jika hal tersebut terjadi, maka kemungkinan masuknya udara ke dalam perut akan semakin besar. Selain dapat mencegah perut kembung, makan sering dalam porsi kecil juga dapat mengontrol gula darah kita. Makanan kecil yang sehat juga dapat menjaga agar tidak terlalu kelaparan sehingg kita bisa memilih makanan yang lebih bergizi.

Minum Kopi Hitam

Berikutnya adalah dengan minum kopi hitam. Jika tidak terbiasa, kopi hitam dapat membuat perut menjadi mulas dan sakit. Hal ini karena kafein dalam secangkir kopi hitam dapat membuat usus berkontraksi dan membersihkan sisa-sisa makanan. Sebaiknya, minumlah kopi hitam tanpa tambahan krim dan susu. Sebab zat tambahan tersebut justru dapat membuat perut semakin kembung dan tidak nyaman.

Konsumsi Jus Cranberry

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat jus cranberry, seperti dapat mencegah kanker, meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah perut begah dan kembung. Jus cranberry juga termasuk zat diuretik yang dapat menyebabkan sering buang air kecil. Sehingga kelebihan air pun bisa dibuang dalam bentuk urine.

Baca juga inilah penyebab perut kembung setelah minum kopi

Nah itulah beberapa cara mencegah perut kembung yang bisa Anda coba. Selain itu, Anda juga harus mengurangi mengonsumsi makanan penyebab perut kembung yang sudah disebutkan tadi.

loading...