Inilah Cara Merawat Rambut Keriting Pria dengan Mudah

By Categories : Tips Perawatan

Cara merawat rambut keriting pria sebenarnya adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja pemilik rambut keriting harus memberikan perhatian yang lebih pada rambutnya. Fungsi rambut yang sebagai mahkota setiap manusia tentu saja memiliki peranan penting untuk melengkapi penampilan. Seperti yang diketahui, ada berbagai macam jenis rambut mulai dari rambut lurus, ikal, bergelombang dan keriting. Berbeda jenis rambut tentunya berbeda pula cara merawat dan penataannya.

Seseorang yang memiliki rambut lurus, mungkin tidak terlalu mempermasalahkan dalam merawat mahkotanya. Namun bagaimana dengan seseorang yang memiliki rambut keriting? Rambut keriting tentu saja membutuhkan perawatan yang cukup intens. Hal ini dikarenakan rambut keriting sangat rentan mengalami kerusakan. Tak hanya itu saja, terkadang rambut jenis ini juga akan terlihat acak-acakan dan tidak rapi.

cara merawat rambut keriting pria

Meski begitu, perawatan rambut yang tepat dapat membuat penampilan Anda menjadi semakin menarik dan mempesona. Pastinya Anda penasaran kan? Nah berikut adalah cara mudah merawat rambut keriting bagi pria agar terlihat lebih sehat dan indah.

Cara Merawat Rambut Keriting Pria yang Tepat

Perhatikan Potongan Rambut

Memperhatikan potongan rambut merupakan cara paling efektif agar rambut keriting terlihat indah. Jika rambut Anda sudah cukup panjang, tak ada salahnya untuk memotongnya. Selain dapat terlihat lebih rapi memotong rambut tentunya dapat membuat penampilan Anda lebih fresh dan tidak membosankan. Ketika memotong rambut hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan Anda menyesuaikannya dengan bentuk wajah. Jika tidak mengetahui bentuk wajah, Anda bisa menanyakan pada hairstylist yang ada di sana.

Baca juga tips melembabkan rambut secara alami dan cepat

Menjaga Kelembaban Rambut

Yang kedua adalah dengan cara menjaga rambut agar tetap lembab. Hindari mencuci rambut atau keramas setiap hari. Karena keramas setiap hari dapat membuat rambut menjadi kering. Untuk seseorang yang berambut keriting rambut kering merupakan hal yang perlu dihindari, karena hal ini dapat membuat rambut menjadi kusut dan tidak rapi.

Hindari Menyisir Rambut Ketika Sudah Kering

Rambut keriting pada dasarnya berjenis rambut yang kering. Oleh karena itu menyisir ketika rambut sudah kering sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan rambut akan semakin ikal dan rusak jika dipaksa mengikuti arah gerak sisir.

Gunakan Pengering Rambut Alami

Selain menghindari menyisir rambut ketika sudah kering, sebaiknya Anda pun menghindari menggunakan alat pengering rambut seperti hairdryer. Penggunaan hairdryer untuk mengeringkan rambut dapat membuat rambut Anda semakin mengembang dan sulit untuk diatur. Tak hanya itu saja, akibat menggunakan pengering rambut secara terus menerus juga dapat membuatnya menjadi semakin kering dan bercabang. Setelah keramas bungkuslah rambut dengan menggunakan handuk atau Anda juga bisa mengangin-anginkannya hingga kering.

Hindari Mengacak-acak Rambut

Bagi seorang pria, mengacak-acak rambut adalah hal yang paling sering dilakukan. Namun bagi Anda yang ingin mengetahui cara merawat rambut keriting pria sebaiknya menghindari mengacak-acak rambut. Selain dapat terlihat semakin berantakan, rambut keriting yang diacak-acak tentunya akan membuat rambut menjadi semakin kusut dan tidak enak dilihat. Jika Anda ingin menata rambut keriting dengan model acak, Anda bisa mencari tutorialnya di internet agar penampilan lebih menarik.

Gunakan Conditioner yang Tepat

Agar rambut lebih sehat dan lembab, tak ada salahnya jika Anda menggunakan conditioner setelah keramas. Dalam memilih conditioner pastikan Anda memilih produk perawatan rambut ini yang sesuai dengan kondisi jenis kulit. Pakailah conditioner secara tertaur untuk merawat rambut keriting Anda.

Teliti dalam Membeli Produk Perawatan Rambut

Dalam merawat dan menata rambut, para pria biasanya menggunakan gel atau styling cream. Namun bagi Anda yang memiliki rambut keriting sebaiknya menghindari produk perawatan rambut yang mengandung SLS atau Laurel Natrium Sulfat karena dapat merusak rambut secara permanen.

Menggunakan Minyak Rambut Alami

Menggunakan minyak rambut alami juga sangat disarankan untuk merawat rambut. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut adalah beberapa minyak rambut alami yang dapat Anda coba.

  • Minyak Zaitun

Sudah menjadi rahasia umum jika minyak zaitun sering digunakan untuk merawat rambut. Dalam 2 minggu sekali cobalah untuk mengaplikasikan minyak zaitun pada rambut dan diamkan selama beberapa menit hingga kandungan vitamin dalam minyak ini meresap pada rambut Setelah itu Anda bisa membilasnya  dengan menggunakan shampo.

  • Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa. Caranya gosokkan minyak kelapa pada rambut dan pijat ringan kulit kepala Anda agar peredaran darah tetap lancar. Untuk hasil lebih optimal lakukan perawatan ini secara rutin.

  • Gel Lidah Buaya

Lidah buaya juga merupakan bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan aloe vera pada bahan alami ini dapat merawat rambut agar tetap lembab dan sehat.

Baca juga cara merawat rambut rontok parah paling ampuh

Nah itulah beberapa cara merawat rambut keriting pria dengan mudah dan alami.

Loading...
cara merawat rambut ikal pria - cara merawat rambut ikal - cara merawat rambut keriting pria - cara mengatasi rambut keriting pada pria - minyak rambut untuk rambut keriting - cara membuat rambut keriting pria - cara menata rambut keriting pria - cara membuat rambut ikal pria - cara mengatasi rambut ikal pria - cara menata rambut pria yang ikal - cara merawat rambut bergelombang pria - merawat rambut ikal pria - cara menata rambut ikal pria - cara memanjangkan rambut keriting pria - cara membuat rambut bergelombang pria -