Inilah Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami

By Categories : Tips Perawatan

Cara merawat rambut rusak secara alami adalah hal yang sering ditanyakan oleh hampir setiap orang. Hal ini dikarenakan rambut rusak seperti bercabang, berketombe, rapuh dan mudah patah merupakan masalah rambut yang paling umum dialami oleh para wanita. Nah bagi Anda yang mengalami masalah yang satu ini jangan khawatir, karena dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa penyebab dan cara merawat rambut yang rusak secara alami.

Bagi Anda para wanita pastinya ingin memiliki rambut yang sehat, kuat, lembut dan wangi. Untuk mendapatkan hal yang mereka inginkan tak jarang para wanita akan rela melakukan apa saja, tak terkecuali dengan melakukan hal yang instan.  Segala sesuatu yang instan pastinya tidak baik bagi kesehatan rambut dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari hal ini dan sebaiknya Anda menggunakan beberapa bahan alami. Beberapa vitamin dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut adalah vitamin B5, vitamin C dan juga antioksidan.

cara merawat rambut rusak secara alami

Vitamin B5 memiliki khasiat untuk memperbaiki rambut yang rusak serta dapat membuat rambut lebih berkilau. Tak hanya itu saja, vitamin B5 juga dapat meresap ke dalam batang rambut serta dapat melembabkan rambut lebih lama. Dan vitamin C yang Anda konsumsi sangat berkhasiat untuk memperbaiki kerusakan pada kulit kepala dan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Sedangkan antioksidan memiliki peranan dalam menutrisi rambut serta dapat melindungi rambut dari radikal bebas.

Sebelum mengetahui cara merawatnya, pastikan Anda mengetahui beberapa penyebab rambut rusak. Sebenarnya ada dua faktor yang menyebabkan kerusakan pada rambut, yaitu faktor internal dan eksternal. Kerusakan rambut karena faktor internal umumnya disebabkan karena kurangnya nutrisi pada rambut ataupun karena stres. Sedangkan faktor eksternal biasanya disebabkan karena penataan rambut yang berlebihan, seperti pelurusan dan pengeritingan rambut, mewarnai rambut dan lainnya.

Ketahuilah Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami dan Benar

Sering menggunakan catok dan alat pengeriting rambut tanpa diimbangi dengan perawatan yang rutin dapat membuat rambut menjadi semakin rapuh, kering dan kehilangan kelembabannya. Nah untuk lebih jelasnya dalam merawat rambut rusak, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga inilah beberapa cara melembutkan rambut secara alami

Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Nutrisi

Seperti yang Anda ketahui kurangnya asupan vitamin dan nutrisi merupakan salah satu penyebab faktor internal kerusakan pada rambut. Oleh karena itu jika Anda ingin merawat rambut yang rusak sebaiknya Anda mencukupi dan memenuhi asupan vitamin serta nutrisi tersebut. Konsumsilah buah dan sayur organik yang lebih sehat serta konsumsilah makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, protein hewani, nabati serta makanan kaya vitamin lainnya.

Hindari Mengikat Rambut dengan Kencang

Yang kedua adalah hindari mengikat rambut dengan kencang. Dan sebaiknya Anda tidak mengikat rambut ketika akan beristirahat di malam hari. Rambut yang diikat secara terus menerus, dapat membuatnya tidak bisa bernapas, tak hanya itu saja ikatan rambut yang terlalu kencang juga dapat menyebabkan rambut kering, patah dan mudah rontok.

Hindari Keramas Setiap Hari

Menghindari keramas setiap hari juga merupakan salah satu cara merawat rambut rusak secara alami selanjutnya. Sebaiknya cucilah rambut setiap 3 hari sekali. Jika terlalu sering berkeramas, sebum atau minyak alami yang ada di kulit kepala akan semakin berkurang. Sehingga hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kering dan mudah patah.

Perawatan Rambut dengan Minyak Alami

Berikutnya adalah dengan menggunakan beberapa minyak alami. Minyak alami yang Anda gunakan ini dapat membantu untuk menjaga kelembaban rambut serta kulit kepala. Sehingga kulit akan terhindar dari ketombe dan rambut kering serta patah. Beberapa minyak alami yang dapat Anda manfaatkan antara lain:

  • Minyak Zaitun

Hampir setiap orang sudah mengetahui dari manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Salah satunya yaitu untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan indah. Caranya, hangatkan sedikit minyak zaitun lalu oleskan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala secara merata. Setelah itu diamkan dan bungkus rambut dengan menggunakan shower cap selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu, Anda bisa membilasnya hingga bersih.

  • Minyak Kemiri

Yang kedua adalah dengan memanfaatkan minyak kemiri. Caranya pun hampir sama yaitu hangatkan minyak kemiri lalu balurkan pada rambut sampai merata. Diamkan semalaman dan bilas pada keesokan harinya ketika Anda mandi pagi.

  • Minyak Kelapa

Anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai perawatan rambut. Siapkan sedikit minyak kelapa dan madu murni. Campurkan kedua bahan tersebut sampai rata lalu oleskan pada rambut hingga rata. Jangan lupa bungkus dengan menggunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu Anda bisa membilasnya sampai bersih dengan menggunakan air hangat.

Baca juga sebab rambut rontok setelah melahirkan dan cara mengatasinya

Nah itulah beberapa cara merawat rambut rusak secara alami yang dapat Anda coba.

Loading...
cara mengatasi rambut rusak secara alami dan cepat - cara merawat rambut rusak secara alami - Cara alami merawat rambut rusak - cara mengatasi rambut rusak secara alami - cara menyembuhkan rambut rusak secara alami - cara perawatan rambut rusak secara alami - mengatasi rambut rusak secara tradisional - perawatan rambut rusak secara tradisional -