Inilah Daftar Makanan Penyebab Jerawat

By Categories : Kesehatan

Jerawat merupakan salah satu masalah yang bisa terjadi pada siapa saja. Umumnya ada beberapa faktor penyebab jerawat yang perlu Anda ketahui, seperti stres, gaya hidup tidak sehat serta karena ketidakstabilan hormon dalam tubuh. Apakah Anda merupakan salah satu orang yang bermasalah dengan jerawat? Jika iya, apa saja pengobatan yang telah Anda lakukan? Sebelum melakukan berbagai macam perawatan untuk mengatasi jerawat, sebaiknya Anda mengoreksi kembali apa yang menyebabkan jerawat tersebut. Pasalnya ada beberapa makanan tertentu yang dapat membuat jerawat di wajah semakin banyak dan parah. Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, inilah daftar makanan penyebab jerawat yang perlu Anda hindari.

Makanan Penyebab Jerawat

Macam-macam makanan penyebab jerawat

Makanan berlemak atau gorengan

Makanan penyebab kulit berjerawat yang pertama adalah makanan berlemak atau gorengan. Hampir setiap penduduk Indonesia sangat menyukai gorengan. Akan tetapi lemak jenuh yang terdapat gorengan dan makanan berlemak lainnya dapat memicu tumbuhnya jerawat. Hal ini dikarenakan ketika lemak jenuh yang tersimpan dalam tubuh mulai berlebihan, tubuh akan mengeluarkan melalui pori-pori kulit. Seperti yang Anda tahu kulit berminyak merupakan salah satu penyebab dari munculnya jerawat.

Minuman bersoda

Selain makanan, ada juga minuman yang dapat menyebabkan jerawat salah satunya yaitu minuman bersoda. Selain sebagai minuman berbahaya untuk kesehatan, minuman bersoda juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, kandungan aspartame pada minuman bersoda juga dapat menurunkan tingkat pH, meningkatkan inflamasi pada tubuh sehingga dapat menyebabkan jerawat. Tak hanya minuman bersoda saja, makanan manis yang mengandung gula berlebih juga merupakan penyebab munculnya jerawat pada wajah.

Produk susu

Produk susu merupakan makanan yang menyebabkan jerawat selanjutnya. Meskipun bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi, produk susu juga dapat menyebabkan masalah jerawat pada wajah Anda. Hal ini dikarenakan produk susu kaya akan hormon. Saat Anda mengonsumsinya, ini membuat hormon tersebut dirubah menjadi DHT (dihydrotestoteron). Zat tersebut dapat memicu jerawat pada wajah Anda. Adapun beberapa produk susu adalah susu cair, susu cream, keju, cokelat dan lainnya.

Kafein

Kafein merupakan salah satu zat yang berguna untuk membuat seseorang tetap terjaga. Kafein biasanya terdapat dalam semua jenis minuman bersoda, kopi, teh, minuman energi dan lainnya. Saat Anda mengonsumsi minuman tersebut, kafein akan merangsang hormon adrenalin untuk melepaskan hormon stres, sehingga stres yang berlebihan merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat.

Mie instan

Mie instan merupakan salah satu makanan penyebab dari jerawat selanjutnya, meskipun begitu hingga saat ini mie instan masih banyak digemari oleh setiap orang. Banyaknya pengawet pada mie instan selain dapat menyebabkan masalah kesehatan hal ini juga dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengurangi hingga mengindari makanan cepat saji berikut ini.

Daging babi

Makanan penyebab jerawat yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah daging babi. Menurut sebagian orang, daging babi memiliki rasa yang sangat enak. Meskipun begitu sebaiknya Anda pun menghindari makanan yang satu ini. Karena daging babi mengandung lemak tinggi yang dapat menyebabkan jerawat. Namun tak hanya itu saja bahaya mengonsumsi daging babi. Daging babi juga dapat menyebabkan manusia terserang cacing pita yang sangat berbahaya.

Kacang-kacangan

Meskipun memang bukan penyebab utama, akan tetapi Anda pun harus tetap memperhatikan bahwa mengonsumsi kacang yang berlebih juga dapat menyebabkan jerawat. Kacang-kacangan mengandung lemak yang dapat membuat kulit berminyak secara berlebihan yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat. Namun mengonsumsi kacang sesuai dengan asupan yang dibutuhkan memiliki dampak baik bagi kesehatan tubuh.

Es krim

Siapa yang tidak menyukai es krim? Hampir setiap orang pastinya menyukai makanan manis yang satu ini. Namun tahukah Anda es krim juga merupakan makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Sama halnya dengan minuman bersoda, es krim juga memilki kandungan gula yang tinggi. Kandungan gula pada es krim inilah yang memicu munculnya jerawat.

Ayam goreng

Bagi Anda  yang menyukai ayam goreng sebaiknya mulailah untuk membatasi mengonsumsi makanan yang satu ini. Ayam goreng mengandung lemak jahat yang dapat memasok minyak dan lemak ke dalam tubuh. Berlebihnya pasokan lemak serta minyak yang sulit dicerna oleh tubuh memaksa kulit untuk membentuk sel kulit baru. Hal inilah yang menyebabkan jerawat. Namun tak hanya itu saja, kandungan lemak serta kolesterol jahat dalam makanan ini juga membuat ayam goreng menjadi makanan penyebab penyakit jantung.

Cokelat

Sama halnya dengan es krim, cokelat juga dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya merasa lebih rileks dan tenang. Namun kandungan gula tinggi pada cokelat dapat menyebabkan jerawat muncul pada wajah.

Baca juga artikel mengenai cara menghilangkan jerawat batu secara alami

Nah itulah beberapa makanan penyebab jerawat yang perlu Anda hindari.

Makanan penyebab jerawat - makanan yang menyebabkan jerawat - https://disehat com/inilah-daftar-makanan-penyebab-jerawat/ - daging babi memicu jerawat? -