Inilah Efek Samping Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Selain teh, kopi merupakan salah satu minuman favorit bagi setiap orang. sebagian besar orang menganggap bahwa kopi merupakan minuman yang paling cocok untuk menemani waktu di pagi hari serta ketika bersama teman ataupun keluarga. Minuman yang sudah dikenal dari ratusan tahun yang lalu ini tidak hanya berwarna hitam saja, saat ini kopi seringkali dinikmati dengan tambahan lainnya, seperti susu, mocha dan lainnya.

efek samping minum kopi

Meskipun sebagain besar orang akan merasa lebih segar dan tetap terjaga, minum kopi juga memiliki efek samping bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah efek samping minum kopi bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

Ketahuilah efek minum kopi bagi kesehatan tubuh

Menyebabkan sakit kepala

Tahukah Anda bahwa kopi merupakan salah satu minuman penyebab sakit kepala? Menurut ahli gizi klinis dr Nupur Krishnan, minum kopi dapat memicu sakit kepala. Hal ini dikarenakan kopi memiliki kandungan zat adiktif yang dapat memicu penyakit tersebut.

Berisiko pada ibu hamil

Seorang ibu hamil minum kopi, aman atau bahaya? Itulah yang sering ditanyakan ibu hamil terutama bagi ia yang pecinta kopi. Umumnya seorang ibu hamil tidak berbahaya ketika minum kopi, akan tetapi jika ibu hamil minum kopi lebih dari 300 mg per hari maka dapat meningkatkan resiko keguguran ataupun kelahiran prematur pada bayi. Tak hanya itu saja, minum kopi yang berlebihan pada ibu hamil juga dapat menyebabkan kekurangan zat besi yang pada akhirnya dapat menyebabkan anemia.

Mengurangi kepadatan tulang

Efek samping minum kopi selanjutnya adalah dapat mengurangi kepadatan tulang. Karena kopi yang Anda konsumsi dapat menyebabkan tubuh kekurangan mineral, sehinga hal ini pun akan berdampak buruk pada kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang menurun dapat membuat tulang menjadi keropos dan rapuh.

Menyebabkan susah tidur

Salah satu penyebab susah tidur adalah karena terlalu banyak mengonsumsi kafein. Seperti yang Anda ketahui, kopi mengandung kafein yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja dapat mengurangi kualitas tidur dan pada akhirnya akan menyebabkan stres hingga depresi.

Menyebabkan perut kembung

Dr Roger Gebhard MD, profesor gastroenterologi dari University of Minnesota menyatakan bahwa kopi yang Anda minum dapat memicu rangsang yang berlebih di saluran pencernaan serta memicu kejang pada lambung. Ia juga menyatakan bahwa kopi merupakan minuman penyebab perut kembung. Selain itu, kopi juga dapat menyebabkan kenaikan pada asam lambung.

Menggaggu penyerapan makanan

Efek samping selanjutnya adalah dapat mengganggu penyerapan makanan. karena kopi yang yang Anda minum dapat merangsang peristaltik yang membuat makanan cepat masuk ke dalam usus kecil sehingga sari makanan tidak terserap dengan baik.

Menyebabkan Depresi

Kadar kafein yang terlalu tinggi pada kopi dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi. Peningkatan kafein tersebut dapat mempengaruhi produksi dopamine dan akan menciptakan ketergantungan yang sangat tinggi sehingga banyak orang akan mengalami kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Namun, ketika anda belum mengonsumsi kopi maka otomatis dopamine akan menurun dan hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya rasa sedih, tertekan, hingga depresi. Untuk itu, sebaiknya anda mengonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup ya

Gangguan Kardiovaskuler

Efek lain dari meminum kopi adalah dapat menyebabkan gangguan pada jantung. Gejala pertama yang dialami pada saat meminum kopi terlalu banyak adalah jantung menjadi terasa berdebar-debar. Hal itu disebabkan karena kadar kafein dapat mempengaruhi sistem syaraf yang ada pada otak.

Menyebabkan Gastritis

Gastritis merupakan kondisi dimana lambung mengalami peradangan. Penyebab dari gatritis ada banyak, namun faktor pemicu yang menyebabkan kondisi gastritis semakin parah adalah karena asupan kafein yang terlalu banyak dari kopi hitam, soft drink, cokelat, dan jenis makanan lain yang menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Panas Dalam

Kopi mampu mengganggu kesehatan esofagus bagian bawah. Hal tersebut menyebabkan munculnya asam klorida yang menyebabkan anda terkena panas dalam.

Mengurangi Keindahan Gigi

Efek dari minum kopi yang paling terlihat adalah gigi berubah warna menjadi kuning, berkarang, dan bahkan hitam. Gigi yang rusak dapat menyebabkan rasa percaya diri menjadi berkurang. Untuk mengatasinya anda dapat melakukan pembersihan gigi di dokter gigi.

Wanita Sulit Hamil

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan saluran telur menjadi terhambat sehingga dapat menghambat sel telur ke rahim. Hal tersebut dapat mengakibatkan wanita menjadi sulit hamil atau bahkan mengalami kemandulan. Jika wanita mengonsumsi 4 gelas kopi dalam sehari dapat menurunkan kemungkinan hamil sebanyak 25%.

Menyebabkan Premenstruasi Syndrom (PMS) Semakin Parah

Premenstruasi Syndrom atau biasa disingkat PMS merupakan kondisi yang sering dialami oleh para wanita. Sindrom ini bisa bertahan hingga 2 minggu sebelum menstruasi dan berhenti setelah darah keluar. Dengan mengonsumsi kafein secara berlebih dapat membuat sindrom ini menjadi semakin parah. Banyak wanita juga sering mengalami sakit kepala, nyeri, dan kembung karena mengonsumsi kafein.

Nah itulah beberapa efek samping minum kopi bagi kesehatan tubuh.

apakah kopi membuat kesemutan -