Inilah Efek Samping Operasi Amandel yang Perlu Diketahui

By Categories : Kesehatan

Macam-macam efek samping operasi amandel adalah hal yang perlu diketahui, terutama bagi Anda yang akan menjalani amandel. Sebab selain berguna untuk pengetahuan, mengetahui efek samping dari operasi amandel juga dapat membuat kita tak akan khawatir jika terjadi sesuatu yang tak tak dinginkan karena Anda sudah mengetahui dan pastinya penanganan yang diberikan pun bisa lebih tepat. Sebelum membahas mengenai efek sampingnya, simak dulu ulasan berikut ini.

Tak penasarankan Anda apa fungsi dari amandel kita? Amandel sendiri merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat di belakang kerongkongan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan, terutama untuk melawan infeksi. Karena amandel terletak di belakang kerongkongan, amandel adalah bagian terdepan untuk melawan kuman dan bakteri yang masuk ke tubuh melalui hidung ataupun mulut.

Akan tetapi, hampir setiap hari dan setiap saat tubuh terancam oleh serangan virus dan bakteri sehingga amandel harus bekerja keras untuk melawannya. Jika hal ini sering terjadi, maka dapat menyebabkan amandel membengkak dan iritasi. Hal tersebut disebut sebagai radang amandel atau tonsilitis.

Lalu bagaimana kita mengetahui jika amandel sedang bermasalah atau tidak? Umumnya ada beberapa macam gangguan kesehatan yang disebabkan oleh masalah pada amandel, seperti bau mulut,  sakit saat menelan makanan dan minuman hingga tidur mendengkur. Oleh karena itu, jika Anda mendapati hal tersebut mungkin saja amandel sedang bermasalah.efek-samping-operasi-amandel

Efek Samping Operasi Amandel pada Anak dan Dewasa

Jika terjadi radang atau infeksi amandel, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan operasi pengangkatan amandel atau tonsilektomi. Namun seperti operasi lainnya, bukan tak mungkin jika operasi ini pun memiliki berbagai efek samping. Nah bagi Anda penasaran, berikut adalah efek samping atau hal yang biasa terjadi setelah operasi pengangkatan amandel.

Baca juga tips mengobati amandel tanpa operasi

Pendarahan

Efek samping yang pertama adalah pendarahan. Pendarahan akibat operasi amandel tersebut akan menyebabkan gejala tambahan seperti mual sementara. Namun Anda tak perlu khawatir karena efek samping ini umumnya normal dan wajar.

Hal tersebut juga mungkin tidak berkembang sampai sepekan setelah operasi. Namun jika Anda mengalami pendarahan atau mual dan muntah darah yang berlebih pastikan Anda segera menghubungi perawat dan medis untuk mendapatkan perawatan dan penanganan.

Sakit Telinga

Sakit telinga merupakan salah satu penyakit pada telinga yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Namun operasi pengangkatan amandel juga dapat menyebabkan telinga Anda terasa sakit. Nyeri dan sakit pada telinga yang dialami pun bervariasi ada yang ringan ataupun sedang. Biasanya, kemampuan mendengar secara normal Anda akan sedikit terganggu karena operasi tersebut.

Infeksi

Efek samping selanjutnya adalah dapat menyebabkan infeksi. Biasanya infeksi akan berkembang di lokasi sayatan bedah Anda. Dan jika hal ini terjadi, maka Anda akan mengalami sakit kepala, penyri tubuh, demam dan kelelahan. Selain itu, infeksi yang sudah terlalu parah juga dapat menyebabkan bau busuk. Jika Anda mendapati tanda infeksi setelah operasi amandel, segeralah menghubungi perawat atau dokter.

Rasa Sakit di Belakang Mulut

Efek samping operasi amandel  berikutnya adalah Anda akan mengalami rasa sakit, terutama di bagian belakang mulut atau tenggorokan. Meskipun hal ini merupakan efek samping normal dan pasti dialami oleh para pasien, namun ini dapat membuat Anda sulit untuk mengonsumsi makanan tertentu.

Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa sakit para pasien harus menghindari mengonsumsi makanan pedas, panas dan juga alkohol. Anda juga tak perlu khawatir, sebab rasa nyeri tersebut bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari hingga minggu.

Rasa Tidak Nyaman

Setelah operasi, pastinya akan ada proses pengeringan luka. Hal inilah yang dapat menyebabkan rasa tak nyaman. Mulai dari gatal, perih dan juga sakit. Tapi jangan khawatir, karena gejala ini akan mereda jika tubuh telah sembuh dan luka bekas operasi sudah benar-benar kering.

Pertambahan Berat Badan

Ketika Anda mengalami radang amandel, pastinya ini dapat membuat Anda semakin tak nafsu makan namun setelah operasi pengangkatan amandel Anda tidak akan mengalami kesulitan atau rasa sakit saat menelan makanan. Sehingga pola makan akan kembali normal dan berat badan meningkat.

Untuk seseorang yang bertubuh kurus, mungkin hal ini tak jadi masalah. Namun bagaimana dengan wanita yang bertubuh gemuk? Selain dapat meningkatkan berat badan hal ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes.

Oleh karena itu, Anda tetap harus memperhatikan pola makan agar tetap sehat dan seimbang. Hilangkan prinsip ‘balas dendam’ setelah melakukan operasi. Sebab sebuah penelitan yang dikerjakan oleh tim ahli dari Saint Louis Uvinersity tersebut mengungkapkan pasien mengalami peningkatan berat badan sekitar 50 hingga 75 persen.

Baca juga penyebab radang tenggorokan dan cara mengatasinya

Nah itulah beberapa efek samping operasi amandel yang perlu diketahui.

loading...
akibat operasi amandel - bahaya operasi amandel - efek di hilangkannya amandel - efek smping operasi amandel - pasca operasi amandel mengapa setiap bangun tidur selalu sakit - penyakit apa saja yg bisa terjadi setelah oprasi amandel -