Inilah Makanan Penyebab Sakit Kepala

By Categories : Kesehatan

Apakah Anda sering merasa pusing dan tahukah apa yang menjadi penyebabnya? Sakit pusing memang sering kali dikaitkan dengan kondisi seseorang yang kurang tidur atau stres. Tapi sebenarnya sakit kepala juga dapat disebabkan oleh faktor makanan. Apakah Anda tahu makanan penyebab sakit kepala? Banyak sekali makanan yang dapat memicu sakit kepala. Namun sebelum kita membahas mengenai jenis makanan tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan sakit kepala.

Sakit kepala sering kali di alami oleh seorang wanita, karena ketika mengalami masa pramenstruasi bisa membuat lebih sensitif terhadap makanan pemicu sakit kepala. Sakit kepala juga terkadang muncul tanpa di duga. Mulai terasa nyeri yang hanya sesaat, hingga merasa sakit yang luar biasa sampai berjam-jam. Bukan hanya itu saja, bagi mereka yang saa ini sedang menjalani diet juga dapat memicu terjadinya sakit kepala.

makanan-penyebab-sakit-kepala

Seperti pernyataan yang di sampaikan Ahli gizi Dr Sunita Dube, bahwa proses diet dapat membuat sakit kepala. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan asupan karbohidrat secara seimbang. Nah seperti yang sudah kita janjikan pada pembahasan pertama, dimana akan mengulas mengenai makanan yang menyebabkan sakit kepala. Adapun penjelasannya sebagai berikut!

Inilah Makanan Penyebab Sakit Kepala

Cokelat

Makanan penyebab dari sakit kepala yang pertama adalah cokelat, hal ini dikarenakan coklat mengandung tyramine. Tyeramine merupakan asam amino yang berfungsi mengurangi kadar serotonin pada otak dan membuat pelebaran pembuluh darah. Maka dari itulah cokelat merupaka makanan yang dapat memicu sakit kepala.

Baca juga efek samping minum kopi bagi kesehatan tubuh

Kopi

Kopi adalah minuman yang sangat dekat di hati semua orang, karena kopi merupakan teman ketika ngantuk. Tapi perlu Anda tahu bahwa kopi dapat memicu sakit kepala. Menurut Ahli  gizi klinis Dr Nupur Krishnan, mengatakan bahwa kopi memiliki kandungan zat adiktif yang berpotensi menyebabkan sakit kepala.

Keju

Makanan penyebab  dari sakit kepala selanjutnya adalah keju, jika Anda adalah salah satu orang penggemar makanan keju maka Anda perlu wapada. Hal ini dikarenakan keju memiliki kandungan tiramin yang dapat memicu penyakit sakit kepala. Jenis makanan yang mengandung tiramin yang lainnya seperti kacang-kacangan, kismis dan alpukad.

Minuman Keras

Sebagian orang juga akan mengalami sakit kepala atau pusing setelah mengonsumsi minuman keras. Reaksi yang satu ini paling banyak berasal dari minuman jenis anggur merah jika dibandingkan dengan angur putih. Pada umumnya, seseorang yang mengalami hal ini juga akan memiliki kecenderungan yang sama terhadap cokelat.

Minuman Dingin

Jika Anda sering mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi es ataupun minuman dingin lainnya, sebaiknya Anda segera mengurangi minuman yang satu ini. Meskipun begitu, sakit kepala yang disebabkan oleh minuman dingin hanya berkisar antara 30 hingga 60 detik saja.

Nah itulah beberapa makanan penyebab sakit kepala yang dapat Anda ketahui. Adapun cara untuk mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh makanan adalah dengan mengonsumsi makanan seperti sayur bayam, buah-buahan, kentang dan makanan atau minuman yang mengandung riboflavin atau vitamin B. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis makanan yang dapat membantu mengatasi sakit kepala.

Makanan kaya magnesium

Selain kaya akan vitamin B, makanan yang mengandung magnesium juga berguna untuk mengatasi sakit kepala. Beberapa makanan yang mengandung amgnesium tinggi diantaranya yaitu bayam, pisang, wijen dan biji bunga matahari.

Mengonsumsi brokoli

Seperti yang Anda ketahui, stres merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan sakit kepala. Jika Anda mengalami hal ini cobalah untuk mengonsumsi brokoli, ikan makarel, tuna ataupun ikan. Hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung coenzyme Q10 yang berguna sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas serta dapat melindungi sel tubuh agar tetap sehat.

Buah yang kaya kandungan air

Selain makanan kaya akan magnesium, mengonsumsi buah kaya kandungan air juga merupakan cara paling efektif untuk meredakan nyeri pada kepala. Air yang terkandung dalam buah tersebut sangat baik untuk mencegah seseorang mengalami dehidrasi.

Makanan kaya potasium

Ketika sakit kepala menyerang segeralah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium. Potasium sendiri merupakan salah satu jenis mineral yang dapat membantu meringankan sakit kepala. Biasanya tubuh yang dehidrasi akan kekurangan potasium. Makanan kaya potasium yang dapat Anda coba adalah kentang.

Nah itulah beberapa makanan penyebab sakit kepala yang perlu dihindari lengkap dengan cara meringankan sakit kepala yang dapat Anda coba. Tapi jika Anda sudah melakukan cara seperti yang dijelaskan di atas, namun sakit kepala Anda tidak kunjung sembuh. Alangkah baiknya jika Anda langsung membawa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik serta pengobatan lebih lanjut.

Baca juga artikel terkait lainnya Cara mengatasi sakit kepala bagian belakang paling ampuh

Loading...
makanan penyebab sakit kepala - makan coklat pusing - Pantangan sakit kepala - banyak makan coklat pusing - pantangan makanan untuk sakit kepala - makanan yang menyebabkan sakit kepala - makanan penyebab nyeri ke - makan coklat sakit kepala - habis makan sayur bayam kepala pusing kenapa ya - apakah coklat membuat pusing - makanan yang memicu sakit kepala - makanan pemicu sakit kepala - efek sayur bisa pusing - makanan yang bikin sakit - coklat untuk sakit kepala -