Inilah Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi

By Categories : Kesehatan

Setiap orang tua pasti menginginkan vitamin dan nutrisi yang terbaik bagi buah hatinya. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi tersebut tak jarang para orang tua memberikan segala makanan terbaik bagi para anaknya. Akan tetapi seorang bayi tidaklah sama dengan orang dewasa yang dapat mengonsumsi segala macam makanan. Bagi seorang bayi ada beberapa makanan yang sebaiknya ia hindari. Ini karena pencernaan seorang bayi belum sempurna untuk mencerna segala makanan yang ia konsumsi. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi

Beberapa pantangan makanan untuk bayi

Susu sapi

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi yang pertama adalah susu sapi. Susu sapi sangatlah sulit untuk dicerna bagi seorang bayi yang memiliki usia di bawah satu tahun. Tak hanya itu saja,  kandungan vitamin dan mineral pada susu sapi juga dapat mengiritasi lambung, usus serta dapat menekan ginjal bayi. Oleh karena itu, para orang tua sebaiknya tidak memberikan jenis susu yang satu ini. Alangkah baiknya seorang bayi dibawah satu tahun mengonsumsi ASI atau susu formula.

Putih telur

Makanan yang kedua adalah putih telur. Meskipun telur merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan mineral, akan tetapi seorang bayi tidak boleh mengonsumsi makanan yang satu ini. Hal ini dikarenakan putih telur dapat menyebabkan gangguan pencernaan bagi bayi. Selain itu, putih telur juga dapat menyebabkan alergi. Sedangkan untuk kuning telur Anda dapat memberikannya pada buah hati Anda, akan tetapi juga jangan terlalu berlebihan.

Madu

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi selanjutnya adalah madu. Meskipun memiliki khasiat yan baik untuk kesehatan, madu sangat tidak disarankan untuk diberikan untuk bayi. Tekstur madu yang lengket dapat menyebabkan bayi tersedak. Selain itu, kandungan Spora Clostridium Botulinum pada madu juga dapat menyebabkan botulisme. Botulisme yaitu penyakit yang dapat mengakibatkan gangguan pada otot, sistem pencernaan dan juga pencernaan. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini pun dapat menyebabkan kematian pada bayi.

Gandum

Sama seperti makanan di atas, gandum juga merupakan salah makanan yang  tidak boleh dikonsumsi bayi.  Selain tidak dapat dicerna dengan baik oleh bayi, kandungan gluten pada gandum dapat bersifat alergen. Sehingga hal ini akan menyebabkan alergi. Tak hanya itu saja, gandum juga dapat menyebabkan sembelit, diare, kulit ruam dan juga kesulitan tidur karena rasanya nyaman pada perut bayi.

Strawberry

Pada dasarnya buah ini merupakan buah sehat. Karena kandungan antioksidan dan vitamin C nya dapat menjaga sistem imun tubuh lebih kuat. Akan tetapu kandungan vitamin C yang terlalu tinggi dapat menyebabkan alergen pada bayi sehingga hal tersebut berpotensi menyebabkan ruam atau reaksi lain pada bayi.

buah yg tdk boleh dimakan oleh bayi - buah yg tidak boleh di konsumsi bayi di bawah satu tahun - makanan dapat dikonsumsi anak - pantangan buah dan sayur untuk bayi di bawah satu tahun -