Inilah Manfaat dan Tips Puasa Saat Hamil yang Perlu Diketahui

By Categories : Manfaat

Bolehkah puasa saat hamil? Hal inilah yang sering ditanyakan oleh para ibu hamil. Bagi Anda yang masih bingung dan ragu mengenai hal ini, Anda tak perlu khawatir. Karena pada artikel yang satu ini akan membahas mengenai tips yang tepat dan manfaat puasa untuk hamil.

Sebentar lagi para kaum muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan. Tentunya hal ini merupakan kabar bahagia bagi para umat muslim. Mengingat bulan Ramadhan hanya datang setahun sekali. Pada bulan penuh rahmat ini para kaum muslimin tentu saja akan melaksanakan segala macam kebaikan untuk mendapatkan pahala. Selain sholat 5 waktu, salah satu hal wajib yang dilakukan pada bulan ini adalah berpuasa.

Lantas bagaimana dengan wanita hamil? Berpuasa ketika hamil merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan para ibu hamil. Hal ini tentu saja dapat membuat para ibu hamil dilema, yaitu antara berpuasa untuk mendapatkan bayinya atau tidak berpuasa demi keselamatan dan kesehatan janin. Demi mencegah sesuatu yang tidak diinginkan biasanya para ibu hamil mengambil cara aman yaitu dengan cara tidak berpuasa dan menggantinya di lain waktu. Jika dilihat dari pandangan Islam, cara tersebut memang boleh dilakukan namun ibu hamil harus membayar hutang puasanya setelah bulan Ramadhan.Inilah Manfaat dan Tips Puasa Saat Hamil yang Perlu Diketahui

Kehamilan pada trimester awal biasanya akan membuat para ibu hamil mengalami morning sickness atau mual dan muntah. Jika mengalami hal ini sebaiknya Anda tidak berpuasa terlebih dahulu, karena dikhawatirkan akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan janin. Namun jika dirasa Anda baik-baik saja, tak ada salahnya jika Anda mengerjakan puasa. Karena menurut dr Imam Rasjidi, SPOG (K) Onk, Spesialis Kebidanan Rumah Sakit MRCCC Siloam, ibu hamil yang berpuasa justru dapat mencegah penyakit degeneratif pada janin dan ibu hamil, seperti diabetes, penyakit jantung dan kolesterol. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Bolehkan Puasa Saat Hamil? Inilah Manfaat dan Tips Puasa Ibu Hamil

Sudah dijelaskan tadi bahwa berpuasa dapat menurunkan resiko ibu hamil mengalami serangan jantung dan penyakit pembuluh darah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika puasa, tubuh akan menambah jumlah sel darah putih.

Baca juga tips memenuhi nutrisi ketika berpuasa

Tak hanya itu saja, dr Imam juga menyatakan bahwa puasa juga dapat memberikan waktu istirahat pada organ pencernaan. Sehingga organ pencernaan akan lebih sehat dan terbebas dari segala macam penyakit.

Meskipun ketika puasa ibu hamil akan mengalami penurunan berat badan glukosa, namun hal ini tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan janin. Akan tetapi malah sebaliknya, turunnya glukosa atau gula dalam tubuh sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya obesitas dan kencing manis pada ibu hamil dan janin.

Selain itu, puasa yang dilakukan ibu hamil juga dapat membersihkan tubuh dari racun dan kotoran. Hal ini biasa disebut dengan detoksifikasi. Sehingga tubuh akan terbebas dari racun dan pastinya akan lebih bugar dan sehat.

Seperti yang kita ketahui, ketika tidak berpuasa kita akan lebih cenderung mengonsumsi makanan yang ada. Dengan berpuasa, tentu saja hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah segala macam penyakit yang disebabkan oleh pola makan berlebihan. dr Imam juga menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan yang berlebih dapat menyebabkan kegemukan hingga obesitas pada ibu dan janin.

Menurut dr Imam, tak hanya puasa saja yang memiliki khasiat baik untuk tubuh. Sholat tarawih yang dikerjakan ibu hamil juga dapat membantu memproes metabolisme makanan dalam tubuh. Lantas bagaimana tips yang tepat berpuasa saat hamil?  Berikut ulasannya.puasa saat hamil

Inilah Tips Puasa Saat Hamil yang Benar dan Tepat

Saat Berbuka Puasa untuk Ibu Hamil

  • Mungkin sudah banyak orang yang tahu bahwa ketika buka puasa harus diawali dengan makanan yang manis. Hal ini pun berlaku untuk ibu hamil. Selain dapat mengembalikan energi yang hilang, mengonsumsi makanan manis saat buka puasa juga dapat memberikan supplay gula darah yang baik.
  • Tak hanya itu saja, sebaiknya Anda menghindari minuman dingin saat buka puasa agar lambung dapat bekerja dengan normal.
  • Jangan kalap ketika berbuka puasa. Lebih baik makanlah sedikit kemudian tunaikan ibadah sholat, setelah 30 menit Anda bisa melanjutkan buka puasa Anda.

Tips Sahur untuk Ibu Hamil

  • Berbeda dengan pada saat buka puasa yang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, ketika sahur sebaiknya hindarilah makanan dan minuman yang manis. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mudah haus, lemas dan lapar akibat reaksi dari insulin shock.
  • Selain makanan manis, Anda pun juga harus menghindari dan membatasi makanan pedas. Karena memang makanan ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil.
  • Pastikan Anda selalu mengonsumsi buah-buahan agar pencernaan lancar dan tidak mudah sembelit.

Baca juga buah yang baik untuk ibu hamil

Demikianlah ulasan mengenai manfaat dan tips puasa saat hamil yang perlu diketahui.

Loading...
manfaat puasa saat hmil -