Inilah Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Sambiloto adalah tumbuhan liar yang berasal dari Asia Tropika. Tumbuhan yang memiliki nama latin Andrographis Paniculata Ness  ini seringkali digunakan untuk berbagai macam pengobatan tradisional. Ini karena jenis tanaman  obat ini memiliki kandungan vitamin dan zat baik yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa zat baik yang terkandung dalam daun ini adalah latone, flavonoid, kalium, mineral, kalsium dan lainnya. Lantas apa saja manfaat daun sambiloto? Berikut ulasannya.

manfaat daun sambiloto

Ketahuilah khasiat daun sambiloto untuk kesehatan tubuh

Mengatasi flu

Yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengatasi flu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ektrak daun sambiloto yang dikombinasikan dengan gingseng Siberia mampu mengatasi penyakit ini  setelah 2 hari pengobatan. Selain itu, mengonsumsi ektrak daun sambiloto juga dapat mengatasi masuk angin, mencegah pilek serta dapat mengurangi gejala flu pada anak-anak.

Mengatasi sakit kepala

Yang kedua adalah bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala. Seperti yang kita ketahui macam-macam dari sakit kepala ada beberapa macam, seperti migrain dan juga vertigo atau kepala berputar. Cara mengatasi vertigo dan juga migrain juga dapat menggunakan daun alami ini. caranya pun sangat mudah yaitu seduhlah bubuk kering daun sambiloto dengan menggunakan air panas. Setelah dingin Anda bisa meminumnya 3 hingga 4 kali sehari.

Mengatasi demam

Manfaat daun sambiloto selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengatasi demam. beberapa peneltian menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 gram daun sambiloto setiap hari berguna untuk mengatasi demam. Hal ini dikarenakan 6 gram sambiloto memiliki manfaat yang sama seperti paracetamol. Penderita sakit tenggorokan karena tonsilitis juga dapat mengonsumsinya untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Mencegah kanker

Berikutnya adalah untuk mencegah kanker. Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus dicegah. Umumnya ada beberapa cara mencegah penyakit kanker, seperti olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat dan menghindari junk food. Namun selaun itu Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami seperti daun sambiloto untuk mencegah penyakit mengerikan tersebut.

Menurunkan tekanan darah

Daun sambiloto mengandung senyawa kalium yang mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini pun dibuktikan dengan hasil percobaan farmakologi yang menunjukkan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0,3 ml/kg berat badan dapat menurunkan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid.

Efektif untuk penderita tipus

Daun sambiloto juga sangat efektif digunakan untuk mengatasi penyakit tifus. Caranya mudah, yaitu ambil 10 hingga 15 daun sambiloto kemudian cuci hingga bersih. setelah itu rebus hingga mendidih, saring dan minum airnya. Kandungan senyawa baik dalam daun sambiloto sangat baik untuk mengatasi penyakit tifus.

Nah itulah beberapa manfaat daun sambiloto untuk kesehatan. Selain itu, daun sambiloto juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati malaria, mengatasi hepatitis, diare dan juga disentri.

Loading...
daun sambiloto - apakah sambiloto menyehatkan tubuh - daun sembilo - jenis vitamin pada sambiloto - Khasiat daun timunan - manfaat sambiloto - manfaat sambiloto bagi kesehatan -