Inilah Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Selama ini kita hanya memanfaatkan buahnya saja. Sukun memang memiliki rasa yang sangat nikmat ketika diolah menjadi cemilan. Sukun merupakan makanan pengganti nasi yang sering dimanfaatkan orang yang sedang berdiet ataupun seseorang yang terkena penyakit tertentu. Namun tak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, daun sukun juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Sukun

Daun sukun mengandung sejumlah asam amino essensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, seperti lysine, tryptophan, valin serta mineral penting seperti riboflavin, zat tannin dan juga hidrosianat. Lantas apa saja manfaat daun sukun untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Khasiat daun sukun untuk kesehatan

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat yang pertama adalah dapat menyehatkan jantung. Daun sukun yang berwarna kuning mengandung zat baki quercetin dan juga zat phenol. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dan pastinya hal ini sangat mempengaruhi kesehatan jantung. Seseorang yang memiliki tekanan darah stabil juga memiliki jantung yang sehat. Cara memanfaatkannya pun mudah, yaitu ambil daun sukun yang masih segar kemudian cuci bersih lalu keringkan. Setelah kering Anda bisa merebusnya dengan 5 gelas air, tunggu hingga mendidih. Saring lalu minum hingga teratur.

Menurunkan kadar gula darah

Yang kedua adalah dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Sebuah penelitian daru Puspa DN Lotulung, Andini Sundowo, Sofa Fajriah dan Euis Filaila dari Pusat Penelituan Kimia LIPI menyatakan bahwa daun sukun mengandung senyawa flavonoid, yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone. Di mana senyawa tersebut bersifat anti diabetes yang kuat.

Mencegah penyakit kanker

Manfaat daun sukun selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Cara memanfaatkan daun sukun untuk mencegah kanker pun mudah, yaitu sediakan selembar daun sukun yang sudah tua yang baru diambil dari pohon. Setelah itu cuci hingga bersih dan jemur hingga kering. Lalu rebus dengan 5 gelas air tinggu hingga mendidih dan airnya tinggal setengah. Tambahkan air 5 gelas lagi lalu saring dan minum secara teratur.

Mengatasi asam urat

Berikutnya daun sukun juga dapat digunakan untuk mengatasi asam urat. Asam urat terjadi karena adanya peradangan kristal asam urat pada persendian. Jika tidak segera diatasi asam urat dapat menyebabkan nyeri. Dan biasanya penyakit ini  diderita olah para lansia. Untuk mencegah dan mengatasinya cobalah untuk menggunakan daun sukun. Caranya jemur daun sukun hingga kering lalu rebus dengan menggunakan 5 gelas air tunggu mendidih dan airnya tinggal separuh. Kemudian saring air rebusan tersebut lalu minum secara teratur selama satu bulan penuh.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun sukun untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel lainnya manfaat kapulaga untuk kesehatan.