Inilah Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan Tubuh Lengkap dengan Efek Sampingnya

By Categories : Manfaat

Manfaat lada hitam untuk kesehatan memang sudah diketahui oleh banyak orang, namun tak jarang sebagian orang juga belum mengetahuinya. Maka dari itu kali ini akan menjelaskan mengenai khasiat dari lada hitam untuk kesehatan agar semua orang mengetahui manfaat baik yang ada pada bumbu dapur yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Seperti yang Anda ketahui lada hitam merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan untuk menguatkan rasa pedas dan sedap pada masakan. Rempah-rempah ini seringkali dibubuhkan ke dalam masakan panas berkuah ataupun ke dalam steak. Sebenarnya ada beberapa jeni lada, mulai dari lada putih, lada hijau, lada merah yang memiliki rasa tidak pedas dan juga lada hitam. Dari beberapa lada tersebut, lada hitamlah yang sering digunakan sebagai campuran penyedap masakan.Manfaat lada hitam untuk kesehatan paling lengkap

Namun selain digunakan sebagai bumbu dapur, lada hitam juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Lada hitam memiliki sifat penyembuhan yang dapat menyembuhkan penyakit. Tak hanya itu saja, lada hitam juga memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri serta memiliki nilai gizi tinggi yang dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dalam darah.

Lada hitam juga kaya akan vitamin C, K, serat, zat besi dan juga kalium. Meskipun begitu, mengonsumsi lada hitam dalam jumlah yang berlebihan juga sangat tidak disarankan. Sebab bumbu dapur ini sangatlah berisiko mengiritasi usus. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat agar bisa mendapatkan manfaat sehatnya. Lantas apa saja manfaat dari lada hitam? Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan Tubuh Paling Lengkap

Mengatasi Penyakit yang Disebabkan Bakteri

Manfaat yang pertama adalah dapat mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya mampu mengobati pilik, sinusitis dan juga batuk. Vitamin C juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang oleh penyakit.

Baca juga waspadai jenis kanker yang sering menyerang pria berikut ini

Selain itu, sifat anti bakteri yang ada di dalam lada hitam juga dapat membantu mengobati diare dan sembelit. Sedangkan lada hitam yang digigit langsung dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi.

Mengatasi Vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit kehilangan melanin sehingga pigmen kulit memudar dan muncul bercak putih dalam bentuk yang tidak teratur. Semakin lama ukurannya akan semakin membesar dan dapat mempengaruhi penampilan. Namun Anda jangan khawatir, karena Anda bisa memanfaatkan lada hitam untuk mengatasi penyakit in.

Sudah dijelaskan tadi bahwa lada hitam memiliki sifat penyembuhan yang dapat membantu mengobati vitiligo. Lada hitam biasa digunakan dalam minyak Ayurvedic dan salep sebagai aplikator eksternal untuk mendorong peningkatkan produksi melanin. Selain itu, lada hitam juga merupakan campuran Allopathy yang berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Pemecah Lemak

Berikutnya bermanfaat untuk pemecah lemak. Sel-sel lemak dalam tubuh yang berhasil dipecah tentu saja dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Jika berat badan turun dan ideal maka metabolisme tubuh akan semakin meningkat.

Tak hanya itu saja, lada hitam juga dapat menyebabkan seseorang berkeringat dan buang air kecil akibat rasa pedas yang ditimbulkan. Hal ini tentu saja dapat membantu Anda untuk membersihkan arteri untuk membersihkan darah dari racun atau toksin.

Mengatasi Penyakit Lambung

Manfaat lada hitam selanjutnya adalah untuk mengatasi penyakit lambung. Lada hitam yang Anda konsumsi dapat membantu mengurangi kadar gas dalam lambung penyebab perut kembung serta mampu menghilangkan racun dalam tubuh lewat keringat yang keluar.

Selain itu, lada hitam juga kaya akan piperin yang dapat meningkatkan sekresi asam klorida dalam lambung. Hal ini tentu saja dapat membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Mengatasi Depresi

The Journal of Food and Chemical Toxicology melaporkan bahwa senyawa piperin dalam lada hitam dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu menurunkan depresi. Sehingga menambahkan lada hitam ke dalam makanan atau memanfaatkannya sebagai bumbu masakan dapat meningkatkan kognitif otak serta dapat menurunkan depresi.

Menangkal Radikal Bebas Penyebab Kanker

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of michigan Pusat Kanker menyatakan bahwa lada hitam dapat membantu mencegah kanker, karena lada hitam dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Jika dikombinasikan dengan kunyit, sifat anti kanker yang dimilikinya akan semakin menghasilkan efek yang cukup tinggi.

Meskipun kaya akan manfaat, lada hitam juga memiliki beberapa efek samping yang juga harus diperhatikan. Beberapa efek samping yang mungkin disebabkan ketika mengonsumsinya secara berlebihan antara lain gangguan pada sistem pencernaan, dapat menyebabkan iritasi, dapat menyebabkan sensasi terbakar di dalam perut, mulut dan juga mata serta lada juga kontraindikasi dengan obat tertentu, seperti digoxin, sitokrom P450 dan juga kolinergik.

Baca juga manfaat jantung pisang untuk kesehatan tubuh paling lengkap

Nah itulah beberapa manfaat lada hitam untuk kesehatan lengkap dengan efek sampingnya yang perlu diperhatikan. Di samping bisa mendapatkan manfaat dari lada hitam, agar tubuh tetap sehat pastikan Anda harus berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat serta meminum suplemen atau vitamin jika dibutuhkan.

Loading...
manfaat lada hitam - khasiat merica hitam putih untuk kesehatan - lada hitam untk apa - manfaat dan cara prngolahan lada hitam untuk kesehatan - khasiat terlengkap lada hitam - efek sampaing lada hitam - khasiat lada hitam bakteri - khasiat dan efek samping lada hitam - khaaiat lada hitam terlengkap - kandungan kimia lada hitam untuk mengatasi depresi - efek samping lada hitam - manfaat merica hitam -