Inilah Masker untuk Merawat Kulit Wajah Berminyak dengan Alami

By Categories : Tips Perawatan

Seperti yang kita ketahui, kulit manusia terdiri dari berbagai macam mulai dari kulit normal, kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif dan juga kulit berminyak serta berjerawat. Salah satu cara merawat kulit yang tepat adalah dengan memperhatikan jenis kulit terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar perawatan wajah yang Anda lakukan lebih efektif. Mungkin hampir setiap orang menginginkan jenis kulit normal jika dibandingkan  dengan kulit berminyak. Maka jangan heran jika seseorang yang memiliki kulit berminyak seringkali menanyakan apa saja masker untuk merawat kulit wajah berminyak dengan alami yang tepat?

Ini karena kulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang akan mudah membuat wajah terlihat lebih kusam dan berjerawat. Jika sudah begini tentu saja masalah kulit yang dialami akan semakin kompleks dan banyak lagi. Namun Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk seseorang wanita yang memilki kulit wajah berminyak. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

masker untuk merawat kulit wajah berminyak dengan alami

Daftar masker untuk merawat kulit berminyak dengan alami dan cepat

Menggunakan Air Mawar

Yang pertama adalah dengan menggunakan air mawar. Sejak zaman dahulu air mawar memang sering digunakan sebagai perawatan wajah yang paling efektif. Saat ini pun banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan ekstrak bunga mawar sebagai bahan campuran produknya. Selain menggunakan produk kecantikan yang berbasis ekstrak bunga mawar, tak ada salahnya untuk memanfaatkan rendaman air mawar setiap pagi agar wajah bebas kilap dan lebih cerah. Kandungan zat astringent pada bunga mawar tersebut dapat mengurangi minyak yang ada di wajah.

Baca juga manfaat timun untuk kesehatan dan wajah berjerawat

Masker Mentimun

Selain dimanfaatkan sebagai lalapan, mentimun juga merupakan bahan alami yang sangat ampuh untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Sama seperti bunga mawar, mentimun juga mengandung zat astringent yang mampu untuk mengurangi produksi minyak di wajah. Umumnya ada beberapa cara memanfaatkan mentimun sebagai masker wajah alami, diantaranya yaitu:

  • Cara 1

Untuk cara yang pertama ini, caranya pun tidak sulit. Ambil beberapa mentimun ukuran sedang lalu cuci hingga bersih, setelah itu potong  mentimun tersebut dengan bentuk bulat lalu tempelkan pada wajah. Diamkan selama 20 menit agar air dan kandungan dalam mentimun dapat meresap pada kulit. Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air hingga bersih.

  • Cara 2

Yang kedua adalah dengan cara menghancurkan mentimun. Setelah halus oleskan pada wajah hingga rata dan diamkan selama 20 menit. Agar hasil lebih optimal, Anda bisa mencampurkan jeruk nipis ataupun dengan madu. Setelah itu, bilaslah dengan menggunakan air dingin. Penggunaan masker mentimun ini secara teratur dapat membuat wajah terlihat lebih segar dan terbebas dari minyak.

Madu dan Kayu Manis Bubuk

Memanfaatkan campuran antara madu dan kayu manis bubuk juga merupakan salah satu masker untuk merawat kulit wajah berminyak dengan alami dan paling efektif. Cara penggunaannya sangat mudah sekali, yaitu masukkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam mangkok kemudian tambahkan dua sendok teh madu dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan pada wajah sampai rata dan diamkan hingga 20 menit. Bilaslah dengan menggunakan air hangat lalu air dingin agar hasil lebih maksimal.

Masker Buah Semangka

Berikutnya adalah dengan memanfaatkan buah semangka. Buah yang berwarna merah ini tak hanya memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan  air yang ada pada buah ini memiliki peranan untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Agar hasil yang didapatkan lebih optimal, Anda bisa mencampurkan bahan alami lainnya seperti mentimun dan gel lidah buaya. Caranya haluskan ketiga bahan alami tersebut lalu aduk sampai rata. Kemudian oleskan pada wajah dan tunggu hingga kandungan airnya meresap pada wajah. Setelah itu Anda bisa membilasnya hingga bersih. Ulangi perawatan ini agar minyak di wajah teratasi.

Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga merupakan  salah satu bahan alami yang paling ampuh untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah. Hal ini dikarenakan jeruk nipis bersifat asam yang memiliki kandungan astringent. Tak hanya itu saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang berguna untuk mencerahkan wajah secara alami. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu peras airnya Setelah itu, usapkan bagian dalam kulit jeruk nipis pada wajah dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Ketika melakukan perawatan ini sebaiknya hindarkan wajah dari paparan sinar matahari. Hal ini karena kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat membuat kulit lebih sensitif.

Baca juga artikel terkait bahaya suntik vitamin C bagi kesehatan

Nah itulah beberapa masker untuk merawat kulit wajah berminyak dengan alami dengan cepat dan efektif.

Loading...
manfaat timun untuk wajah berminyak - masker timun untuk kulit berminyak - masker kayu manis untuk kulit berminyak - cara membuat masker wajah berminyak mrnggunakan air mawar - masker mentimun untuk berminyak - manfaat minyak mawar untuk kulit berminyak - manfaat mentimun untuk wajah berminyak - manfaat masker bubuk kayu manis tanpa cmpuranbagi kulit berminyak normal - manfaat masker bubuk kayu manis bagi kulit berminyak normal - Manfaat Air Mawar untuk Kulit wajah berminyak - perawatan kulit wajah berminyak dan kusam dengan mentimun -