Inilah Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus Pada Manusia

By Categories : Penyakit

Penyakit yang terjadi pada manusia disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yaitu disebabkan oleh virus. Virus adalah parasit mikroskopik yang dapat menginfeksi sel organisme biologis salah satunya manusia. Virus telah menginfeksi sejak zaman sebelum Masehi, hal ini pun terbukti dengan adanya beberapa laporan mengenai infeksi virus dalam hieroglif. Nah berikut adalah penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia yang perlu Anda ketahui.

Herpes

Macam-macam penyakit yang disebabkan oleh virus

Hepatitis

Penyakit yang disebabkan oleh virus yang pertama adalah hepatitis. Hepatitis adalah penyakit yang menyerang organ dalam yaitu hati dan saluran empedu. Pada umumnya ada beberapa jenis dari penyakit hepatitis itu sendiri yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan juga juga hepatitis E. Untuk penyakit hepatitis A disebabkan oleh virus HAV dari genus Heparnavirus, Hepatitis B disebabkan oleh HBV dari genus Orthohepadnavirus, hepatitis C disebabkan oleh virus HVC dari genus Hepacivirus, penyakit hepatitis D disebabkan oleh virus HDV dari genus Deltavirus sedangkan hepatitis E disebabkan oleh virus HEV dari genus herpesvirus. Dari kelima penyakit tersebut, hepatitis C adalah yang paling berbahaya.

Ebola

Yang kedua adalah ebola. Ebola merupakan salah satu penyakit mematikan yang hingga saat ini belum ditemukan vaksinnya. Virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976 di Zaire, Afrika Tengah. Virus ini menyerang jaringan fibrolas, sel darah putih makrofag yang kemudian menyebar ke seluruh organ-organ tubuh. sehingga dapat menyebabkan pendarahan hebat dan kematian pada penderitanya.

Herpes

Penyakit yang disebabkan oleh virus selanjutnya adalah herpes. Herpes disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV-1 dan HSV-2). Herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit menular yang cara penularannya dapat melalui kontak langsung dengan cairan yang berasai dari jaringan epitel yang terinfeksi ataupun melalui media lainnya seperti handuk atau pakaian.

Cacar air

Penyakit ini ditandai dengan adanya ruam vesikula di kulit. Cacar air sendiri merupakan penyakit yang sering diderita oleh anak-anak. Penyebab dari penyakit ini adalah virus varisella. Sama halnya dengan herpes cacar air juga merupakan penyakit menular baik secara langsung ataupun dengan menggunakan media seperti handuk atau pakaian. Masa inkubasi dari virus ini sendiri sekitar 12 hari.

Campak

Penyakit campak disebabkan oleh virus Morbillivius dengan masa inkubasi virus tersebut adalah 7 hingga 11 hari. penyakit ini juga disertai berbagai gejala seperti mata merah, adanya ruam pada kulit, batuk, demam dan juga bersih. Jika seseorang sudah terinfeksi jenis penyakit menular maka ini dapat memberikan kekebalan seumur hidup. Untuk pencegahan dari penyakit ini diperlukan pemberian imunisasi atau vaksin campak.

Nah itulah beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia.

penyakit yang disebabkan oleh virus - penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia dan penjelasannya - macam-macam penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia - macam-macam penyakit yang disebabkan oleh virus - penyakit yang disebabkan virus pada manusia - Macam2 penyakit yg disebabkan oleh Virus - penyebab virus pada manusia - sebutkan beberapa penyakit pada manusia yg disebabkan oleh virus? - virus yang terjadi pada manusia - apa nama penyakit yang disebabkan oleh virus berikut - penyakit virus - penyakit apa saja yang biasa di derita oleh manusia yang disebabkan oleh virus - mencari penyakit yang disebabkan oleh virus da gejala dan penyebabnya - macam-macam penyakit yang disebabkan oleh virus dan pencegahannya - jenis jenis penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus -