Inilah Penyebab Kepala Sering Pusing Setelah Bangun Tidur

By Categories : Kesehatan

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Dengan tidur teratur dan cukup pastinya hal ini dapat membantu Anda untuk mengembalikan energi. Lantas bagaimana jadinya ketika bangun tidur justru malah seringkali sakit kepala menyerang? Tentu saja hal ini  merupakan kegiatan yang tidak nyaman. Salah satu penyebab paling umum adalah karena kurang tidur ataupun tidur terlalu lama. Namun tak hanya itu saja penyebab sakit kepala  setelah bangun tidur? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

kepala sering pusing

Kepala sering pusing? Mungkin ini penyebabnya!

Terkena vertigo

Penyebab yang pertama adalah karena adanya gangguan vertigo. Vertigo sendiri merupakan salah satu jenis sakit kepala yang membuat penderitanya seperti berputar-putar. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat menyakitkan. Selain sensasi berputar, gejala lain dari sakit kepala vertigo adalah mudah lelah, mual, nyeri otot dan peka terhadap cahaya. Cara mengobati vertigo paling ampuh adalah dengan meminum wedang jahe setiap pagi dan pastinya berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Bangun tidur secara tiba-tiba

Selain vertigo, penyebab sakit kepala ketika bangun tidur lainnya adalah bangun tidur secara tiba-tiba atau tergesa-gesa. Bangun secara tiba-tiba juga dapat membuat dada terasa berbedar-debar dan mempengaruhi mood. Jika tak ingin tidur Anda terganggung, Anda bisa mematikan nada dering ponsel ataupun mengunci pintu kamar. Tak hanya itu saja, pastikan Anda duduk selama 3 menit sebelum beranjak dari tempat tidur. Hal ini berguna agar sistem peredarah darah lancar dan terhindar dari sakit kepala.

Dehidrasi

Penyebab kepala sering pusing setelah bangun tidur selanjutnya adalah karena dehidrasi. Ketika kita tidur dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan. Kemungkinan besar kita akan merasakan pusing ketika bangun tidur. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan Anda minum air putih secukupnya sebelum tidur, atau sediakanlah air putih di samping tempat tidur dan minumlah ketika haus dan ketika bangun tidur.

Efek samping dari obat-obatan

Sakit kepala ketika bangun tidur juga dapat disebabkan karena efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi. Jika suatu hal Anda diharuskan untuk meminum obat, pastikan Anda mengetahui efek samping, kandungan obat dan membaca aturan pakai.

Menggunakan ikat rambut terlalu kuat

Bagi wanita pastikan saat tidur Anda harus melepaskan ikat rambut yang digunakan. karena menggunakan ikat rambut ketika tidur juga merupakan salah satu penyebab dari sakit kepala ketika bangun tidur. Tak hanya itu saja penggunaan gel rambut sebelum tidur juga dapat menyebabkan hal ini.

Rasa gelisah dan cemas

Tahukah Anda bahwa rasa cemas dan gelisah yang terbawa tidur dapat menyebabkan hal ini? karena rasa cemas dapat membuat nafas keluar masuk secara cepat sehingga hal ini mengganggu keseimbangan antara oksigen dan karbondioksida. Efeknya pembuluh arteri menjadi sempit dan ketika bangun kepala akan terasa pusing.

Nah itulah beberapa penyebab kepala sering pusing setelah bangun tidur.

bangun tidur kepala pusing - kepala sering pusing saat bangun tidur - bangun tidur pusing - pusing saat bangun tidur - penyebab pusing saat bangun tidur - pusing setelah bangun tidur - kepala pusing saat bangun tidur - penyebab kepala pusing saat bangun tidur - penyebab pusing setelah bangun tidur - sering pusing saat bangun tidur - mengatasi pusing saat bangun tidur - pusing ketika bangun tidur - penyebab bangun tidur kepala pusing - kepala muter saat bangun tidur - penyebab bangun tidur pusing -