Inilah Sumber Vitamin D Terbaik bagi Tubuh

By Categories : Nutrisi

Seperti yang kita ketahui, salah satu sumber vitamin D terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dari sinar matahari. Namun tak hanya sinar matahari saja, vitamin D juga dapat didapatkan dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Asupan vitamin yang satu ini harus dipenuhi dalam setiap harinya, karena jika tidak dipenuhi akan ada beberapa penyakit akibat kurang vitamin D, seperti jantung tidak berfungsi dengan baik, mudah lelah dan sering nyeri pada otot, stres, hingga terjadi pengeroposan tulang.

Secara umum ada banyak sekali manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh, mulai dari membantu penyerapan kalsium dan magnesium ke semua bagian tubuh, menjaga kebutuhan kalsium dan fosfor dalam darah, mengendalikan laju pertumbuhan tulang dan gigi serta dapat mendukung fungsi otot tubuh secara kritis. Lalu apa saja makanan yang kaya akan vitamin D? Berikut adalah sumber  terbaik vitamin D untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

sumber vitamin D

Daftar makanan sumber vitamin D terbaik

Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod merupakan salah satu sumber makanan yang paling tinggi dan kaya akan vitamin D. Ini karena dalam 100 gram minyak hati ikan kod, mengandung 10.000 IU vitamin D. Tentu saja sumber makanan ini dapat memenuhi asupan vitamin D dalam setiap harinya. Ikan kod sendiri adalah ikan yang kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain kaya akan vitamin D, minyak hati ikan kod juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, stroke serta dapat mempercepat penyembuhan luka.

Ikan salmon

Dalam 100 gram ikan salmon kaya akan 1400 IU vitamin D. Ikan salmon sendiri adalah salah satu bahan makanan terbaik dari Jepang yang sering dimanfaatkan sebagai Sushi ataupun hidangan lainnya. Meskipun memiliki harga yang sedikit mahal, akan tetapi tidak ada salahnya sesekali mencoba ikan yang kaya manfaat ini.

Caviar

Caviar merupakan makanan yang didapatkan dari telur ikan. Ikan yang sering dimanfaatkan untuk caviar adalah ikan beluka atau sturgeon. Harganya yang sangat mahal membuat caviar tidak bisa dinikmati oleh setiap orang. Biasanya caviar hanya akan disajikan dan dihidangkan oleh restoran mewah. Namun jika Anda mengonsumsi caviar, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, yaitu mencegah kerusakan sel sehat pada tubuh, meningkatkan produksi sel darah merah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi.

Susu

Sumber vitamin D selanjutnya adalah susu. Dalam setiap 175 ml susu mengandung vitamin D sebesar 98.7 IU. Namun tak hanya kaya akan vitamin D, susu juga kaya akan nutrisi lainnya seperti mineral, kalsium dan lainnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jamur shitake

Jamur yang berasal dari Jepang ini merupakan salah salah satu bahan makanan yang sering diolah menjadi sup, campuran masakan mie dan masakah lainnya. Selain mengandung vitamin D, jamur shitake juga kaya akan vitamin B komplek, fosfor, kalium, magnesium dan juga protein. kandungan vitamin dan nutrisi tersebut tentu saja sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ikan Harring

Ikan harring sendiri merupakan ikan yang paling banyak ditemukan di Samudra Altantik. Dalam 100 gram ikan harring mengandng vitamin D sekitar 215 IU. Namun tak hanya itu saja, ikan harring juga kaya akan protein, mineral serta lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Tuna Kaleng

Selain ikan salmon, ikan tuna juga merupajan jenis ikan yang memiliki rasa yang lembut dan enak. Olahan tuna yang paling populer adalah tuna kaleng. Anda hanya perlu memanaskannya saja, penambahan sayur dan bumbu lainnya juga dapat kandungan vitamin serta nutrisi dalam ikan tuna menjadi lebih tinggi. Selain vitami D, kandungan omega 3 dalam tuna kaleng sangat ampuh untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol  jahat serta mencegah stroke. Sedangkan kandungan protein dalam ikan tuna merupakan sumber energi terbaik bagi tubuh. Oleh karena itu, tuna kaleng merupakan menu makanan sehat untuk sarapan.

Keju Chedar

Berikutnya adalah keju chedar. Keju Chedar merupakan keju yang diolah dari susu sapi yang telah di peram dalam waktu tertentu. Umumnya keju chedar digunakan sebagai taburan kue, pasta ataupun roti. Nutrisi yang ada di dalam keju chedar juga sangat penting untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu dapat menjadi sumber tenaga, membantu untuk pembentukan sel darah merah serta dapat mendukung produksi DNA.

Ikan sarden

Sama seperti ikan tuna, ikan sarden juga banyak diolah menjadi makanan kaleng. Meski demikian, ikan sarden juga sudah diperkaya bumbu serta nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi 100 gram ikan sarden selama dua kali dalam seminggu sudah mencukupi kebutuhan dasar vitamin D.

Demikianlah ulasan mengenai sumber vitamin D terbaik bagi tubuh. Baca juga daftar makanan sumber vitamin A.

vitamin d kompleks -