Jenis Makanan Sehat yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

By Categories : Nutrisi

Semua orang pastinya ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Selain berolahraga secara tertaur salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan baik untuk tubuh kita. Namun meskipun sehat dan kaya akan vitamin serta nutrisi mengonsumsi makanan sehat secara berlebih pun dapat menimbulkan beberapa efek samping. Inilah jenis makanan sehat yang berbahaya jika dikonsumsi secara  berlebihan dan terus menerus.

jenis makanan sehat

Daftar makanan sehat yang tidak baik dikonsumsi secara berlebihan

Kacang kedelai

Yang pertama adalah kacang kedelai. Seperti yang kita ketahui salah satu manfaat kacang kedelai adalah untuk mengontrol kolesterol dan tekanan darah jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Akan tetapi mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dan secara terus menerus juga berpotensi untuk menghambat penyerapan zat besi. Sehingga seseorang yang mengonsumsi kacang kedelai secara berlebihan dapat beresiko terkena anemia. Tak hanya itu saja, kacang kedelai juga mengandung senyawa mirip estrogen. Mengonsumsinya dalam jangka waktu panjang dan dalam jumlah besar dapat menyebabkan penebalan lapisan rahim yang berujung pada kanker rahim.

Jeruk dan tomat

Jeruk dan tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin serta nutrisi. Akan tetapi, menurut dr. Gina Sam, M.P.H., direktur Mount Sinau Gastrointestinal Center di Tehe Mount Sinai Hospitas, New York, Amerika Serikat terlalu banyak mengonsumsi buah jeruk dan tomat dapat menyebabkan asam lambung naik. Dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada lapisan esofagus.  dr. Sam juga menyarankan bahwa agar tidak mengonsumsi lebih dari 2 jeruk ataupun tomat dalam setiap harinya.

Bayam

Jenis makanan sehat yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan selanjutnya adalah bayam. Sayuran hijau yang satu ini memang memiliki nutrisi seperti serat,  protein, lutein, karotenoid dan berbagai vitamin lainnya. Namun bayam juga mangandung oksalat yang tinggi. Oksalat sendiri merupakan senyawa yang dapat meningkatkan resiko pembetukan batu ginjal.

Air putih

Air putih memang memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan ketika kekurangan air kulit akan kering dan dehidrasi. Akan tetapi terlalu banyak minum air juga dapat memperbesar resiko keracunan air. seperti yang dijelaskan oleh dr. Alan R. Gaby, penulis buku ‘Nutrional Medicine’ air yang Anda minum dapat melarutkan sodium dalam tubuh. kekurangan sodium dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan otak. Oleh karena itu minumlah air secukupnya yaitu 6 hingga 8 gelas per hari.

Tuna kalengan

Ikan tuna memang kaya akan potein, mineral dan juga rendah kalori. Akan tetapi mengonsumi ikan tuna kalengan berlebihan dapat menyebabkan melonjaknya kadar merkuri dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ikan tuna mengandung merkuri yang tinggi. Banyaknya merkuri tersebut dapat menyebabkan gangguan berbicara, penglihatan, pendengaran hingga lemahnya otot. dr. Sam juga menyarankan jangan sampai mengonsumsi ikan tuna ini lebih dari tingga hingga lima kaleng dalam satu minggu.

Nah itulah beberapa jenis makanan sehat yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.