Jenis Penyakit Jantung Bawaan yang Perlu Diwaspadai

By Categories : Penyakit

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital dan paling penting. Hal ini dikarenakan jantung berfungsi untuk memompa darah menuju ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami kelainan tentu saja hal ini dapat mengganggu organ tubuh lainnya. Salah satu kelainan jantung yang biasa terjadi adalah  penyakit jantung bawaan  atau PJB. Penyakit jantung bawaan  biasanya terjadi karena adanya kelainan jantung  yang dibawa sejak bayi masih di dalam kandungan.Tak hanya satu jenis, penyakit jantung bawaan juga ada beberapa macam yang perlu diwaspadai.

penyakit jantung bawaan

Gejala paling umum yang sering terjadi pada penyakit ini adalah nafas yang sangat cepat, berat badan sulit mengalami kenaikan dan lainnya. Lantas apa saja jenis dari penyakit ini? berikut ulasannya.

Jenis penyakit jantung bawaan

Penyempitan katup paru/ pulmonary stenosis

Pulmonary stenosis (PS) adalah penyempitan katup paru yang berguna untuk mengatur aliran darah rendah oksigen dari bilik kanan jantung ke paru-paru. Penyempitan ini menyebabkan bilik kanan semakin bekerja keras dalam memompa darah dan pada akhirnya adak membesar (hipertrofi). Banyak penderita penyakit ini yang baru terdeteksi atau terdiagnosis setelah dewasa. Jika sudah begini, maka penyakit tersebut sudah dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti stroke, penyakit paru-paru serta memiliki harapan hidup yang rendah.

Sekat bilik jantung berlubang/ Ventracular Septal Defect

Yang kedua adalah ventracular septal defect atau VSD. VSD merupakan kelainan jantung yang yang berupa lubang pada sekat antarbilik jantung yang menyebabkan kebocoran aliran darah pada bilik kanan dan kiri jantung. Kebocoran ini  membuat sebagian darah kaya akan oksigen kembali lahi ke paru-paru sehingga menghalangi darah kaya oksigen memasuki paru-paru. Gejala utama dari VSD adalah kesulitan menyusui, nafas pendek, mudah lelah dan juga pertumbuhan terganggu.

Persisten Duktus Arteriosus Persisten (PDA)

Duktus arteriosis adalah pembuluh darah yang menghubungkan antara arteria pulmonalis dengan bagian aorta dari arterial subklavia. Untuk mengatasi hal ini, sangat penting untuk dilakukan operasi pembedahan. Pembedahan harus dilakukan secara dini jika terjadi gangguan pertumbuhan, pembesaran jantung dan juga infeksi saluran pernafasan.

Sekat serambi jantung berlubang/ Atrial Septa Defect

Atrial Septa Defect (ASD) adalah kelainan adanya lubang diantara dua serambi jantung. Lubang ini memiliki efek yang sama seperti VSD, yaitu mengalirkan darah kaya oksigen kembali ke paru-paru. Kelainan ini lebih sering dialami oleh bayi perempuan dibandingkan dengan bayi laki-laki.

Tetralogi Fallot

Jenis penyakit jantung bawaan selanjutnya adalah Tetralogi fallot. Penyakit ini adalah sebuah komplikasi kelainan jantung bawaan yang melibatkan empat kondisi, yaitu sekat bilik jantung berlubang, penyempitan katup paru, bilik kanan membesar dan akar aorta tepat berada di atas lubang VSD. Tentu saja hal ini sangat berbahaya.

Demikianlah ulasan mengenai jenis penyakit jantung bawaan yang perlu diwaspadai. Baca juga  penyebab pembengkakan jantung sejak dini.

apa itu ps jantung -