Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya

By Categories : Obat

Indonesia adalah salah satu negara agraris yang sangat terkenal sekali akan kekayaan rempah-rempah dan  tanaman obat. Mengetahui tentang jenis tanaman obat memang sangat penting, hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Pasalnya, penggunaan tanaman obat sebagai salah satu bahan alami pengobatan yang sudah dipercaya sejak dulu yang dilakukan oleh nenek moyang.

Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya

Tapi selain mengetahui berbagai macam tanaman obat Anda juga perlu juga mengetahui manfaatnya. Nah supaya dapat mempermudah Anda mengetahui macam-macam tanaman obat dan manfaatnya, berikut ini akan kami rangkum dalam penjelasan pada artikel berikut ini.

Jenis tanaman obat dan manfaatnya yang harus Anda ketahui

Kunyit

Tanaman ini dapat Anda temukan di pedesaan yang merupakan salah satu tanaman obat yang banyak di manfaatkan sejak dulu sebagai obat untuk mengatasi penyakit seperti menghilangkan rasa gatal, menyembuhkan kesemutan, menyembuhkan luka bakar dan lain-lain. Selain itu kunyit juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor dan membantu menurunkan kadar lemak darah.

Sambiloto

Sambiloto merupakan sejenis tanaman yang berasal dari keluarga acanthaceae yang pertama kali ditemukan di India dan Srilanka. Daun sambiloto ini memiliki manfaat bagi kesehatan salah satunya sangat dipercaya mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Selain itu daun sambiloto ini juga digunakan sebagai obat tradisional penyakit polip. Manfaat lain dari daun ini yaitu untuk menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, hal ini dikarenakan memiliki kandungan andrographolide.

Temulawak

Tanaman obat selanjutnya adalah temulawak. Sudah tidak menjadi rahasia umum jika temulawak dapat digunakan sebagai tanaman obat. Temulawak sejak jaman dahulu sering kali dimanfaatkan sebagai salah satu obat yang berguna untuk mencegah penggupalan darah, menurunkan lemak darah , sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Terkait dengan manfaatnya yang nyata dibuktikan dengan gerakan pemerintah “minum temulawak“ sejak 2 tahun yang lalu.

Jahe

Jahe jika dilihat sekilas memang seperti temulawak, tapi jahe cenderung memiliki serat yang kasar. Jahe memiliki kandungan senyawa oleoresin yang bersifat sebagai antioksidan. Jahe sering dimanfaatkan sebagai obat untuk masuk angin, sakit kepala, meredakan rasa nyeri akibat terkilir.

Keji Beling

Tanaman yang lebih dikenal orang jawa dengan nama “sambang geteh“ ini memiliki kandungan banyak mineral, kalsium, natrium dan masih banyak lainnya. Dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit diantaranya diare, batu ginjal, kecing manis, ambien, maag, liver dan penyakit kronis lainnya.

Daun Dewa

Daun dewa ini merupakan tanaman yang tergolong pada tumbuhan semak yang hidup pada ketinggian 0-1000 meter diatas permukaan laut. Daun dewa memiliki efek farmakologis yang bermanfaat untuk mempermudah dan mempercepat pembekuan darah, menghilangkan panas, dan membersihkan racun.

Seledri

Jenis tanaman obat berikutnya adalah seledri. Hampir setiap orang tentunya sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini. selain digunakan sebagai penyedap rasa, manfaat daun seledri juga sangat baik digunakan sebagai obat alami. Hal ini dikarenakan daun seledri kaya akan vitamin,  nutrisi serta zat baik yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Misalnya saja daun seledri dapat digunakan sebagai obat asam urat. Caranya pun sangat mudah yaitu rebus beberapa daun seledri dengan segelas air lalu minum setiap pagi.

Pasak bumi atau tongkat ali

Tanaman yang memiliki nama latin Eurycoma Longifolia Jack ini tumbuh di daerah Kalimantan. Obat herbal yang satu ini membantu memperbaiki kadar testosteron pada pria dan menambah gairah seksual pada pria. Tak hanya itu saja pasak bumi atau tongkat ali ini juga dapat menambah kesuburan pria. Di toko herbal, dapat Anda temui pasak bumi yang sudah berupa teh ataupun kopi.

Lidah buaya

Sudah sejak zaman dahulu lidah buaya dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan juga obat. Lidah buaya sangat ampuh untuk mengatasi herpes ataupun penyakit kulit lainnya. tak hanya itu saja saat ini lidah buaya dimanfaatkan sebagai minuman segar.

Jarak

Berikutnya adalah jarak. Di Jawa Barat jarak disebut juga Kaliki, Kalek di Madura dan Dulang di Sumatera. Tanaman yang memiliki nama latin Ricinus Communis ini bijinya terasa manis, pedas namun netral. Biji jarak seringkali dimanfaatkan sebagai obat rematik, hernia, TBC dan masih banyak lagi. Ketika ingin memanfaatkan tanaman obat yang satu ini Anda harus berhati-hati karena mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menimbulkan keracunan.

Buah Makasar

Umumnya tanaman ini memilki rasa pahit dan juga beracun. Akan tetapi jika digunakan dan diolah dengan baik tanaman obat ini sangat ampuh untuk mengatasi penyakit diabetes melitus. Ini karena buah ini memiliki zat yang baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, buah ini juga mampu untuk mengatasi kanker serviks.

Nah itulah beberapa jenis tanaman obat yang dapat Anda manfaatkan.

Manfaat Tanaman Obat