Jenis Teh dan Manfaatnya untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Teh pertama kali ditemukan di provinsi Yunan, China. Teh kaya akan antioksidan, kafein dan juga teofilin dengan protein, kadar lemak dan karbohidrat hampir 0%. Sejak dulu teh merupakan salah satu minuman yang paling populer. Selain nikmat saat diminum dan bersantai, mengonsumsi teh juga memiliki efek baik bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia sendiri teh wangi merupakan teh yang sering dikonsumsi. Nah berikut adalah jenis teh dan manfaatnya untuk kesehatan.

Jenis Teh dan Manfaatnya

Jenis Teh dan Manfaatnya yang Perlu Anda Ketahui

Teh Hijau

Siapa yang tidak mengenal teh hijau atau yang biasa disebut dengan green tea. Teh hijau dibuat dari daun teh dengan cara dikukus. Setelah itu, daun teh dikeringkan dan dipanaskan. Hal ini bertujuan agar daun teh hijau tidak terfermentasi dan daunnya pun akan tetap berwarna hijau. Dalam secangkir teh hijau mengandung 25 miligram kafein. Tak hanya itu saja teh hijau juga kaya akan antioksidan dengan jenis catechin. Antioksidan ini dapat berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Baca juga manfaat dan efek samping teh jati Cina bagi kesehatan

Di Jepang sendiri untuk membuat teh hijau daunnya disangrai dan proses selanjutnya adalah dengan menggulung daun teh. Penggulung daun teh akan menggulung daun dengan gaya yang berbeda. Pemanasan pada proses  penggulungan ini akan membuat teh mengering dan siap untuk digunakan.

Teh Oolong

Berbeda dengan teh hijau, teh oolong mengandung 30 miligram kafein dalam satu cangkirnya. Dalam pembuatannya teh oolong hanya difermentasi dengan waktu yang sangat singkat. Untuk manfaatnya, teh oolong berguna untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan teh oolong yang Anda konsumsi akan mengaktifkan enzim yang mampu mengusir lemak yang disimpan dalam sel lemak atau yang biasa disebut dengan trigliserida.

Teh Hitam

Selanjutnya adalah teh hitam. Teh hitam memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dibandingkan dengan teh hijau ataupun teh putih yaitu 40 miligram dalam setiap cangkirnya. Kandungan antioksidan thearubigins dan theaflavis sangat berguna untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Sehingga jika seseorang mengonsumsi teh hitam secara rutin ini akan menurunkan resiko seseorang tersebut dari serangan jantung dan stroke.

Teh Putih

Teh putih memiliki rasa yang paling lembut dan enak dibandingkan dengan teh-teh lainnya. Ini dikarenakan teh putih dibuat dari pucuk daun teh yang masih sangat muda. Kandungan kafein di dalam teh putih juga sedikit yaitu hanya 15 miligram per cangkir. Teh putih kaya akan antioksidan catechin dan polifenol yang berguna untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, meringankan penderita diabetes dan juga dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini.

Teh Herbal

Jenis teh dan manfaatnya untuk kesehatan teh herbal. Pada umumnya teh herbal tidak dibuat dari daun dari tanaman Camelia sinensis. Akan tetapi teh herbal dibuat dari akar, biji, daun, bunga dan kulit kayu dari tanaman obat. Teh herbal mengandung vitamin C yang tinggi sehingga teh herbal bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, mengonsumsi teh herbal lavender juga dapat membantu tubuh lebih rileks dan pikiran menjadi tenang.

Namun tak hanya teh herbal lavender saja, ada beberapa jenis teh herbal yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya berikut adalah jenis teh herbal paling umum.

Cardamom Tea (Teh Kapulaga)

Yang pertama adalah teh kapulaga. Seperti yang kita ketahui kapulaga merupakan jenis tanaman obat yang sering dimanfaatkan untuk mengobati segala macam penyakit. Teh kapulaga sendiri umumnya digunakan untuk mengatasi kram pada perut, meringankan perut kembung serta membantu sistem pencernaan tubuh.

Ginger Tea (Teh Jahe)

Mungkin hampir setiap orang sudah pernah mengonsumsi jenis teh herbal yang satu ini. Teh jahe yang Anda minum berguna untuk membantu saluran pencernaan, mengurangi gas dalam perut sehingga dapat menyembuhkan perut kembung, dan mengatasi mabuk perjalanan. Namun tak hanya itu saja manfaatnya, bagi Anda yang memiliki masalah pada bau mulut cobalah untuk mengonsumsi teh jahe. Karena kandungan senyawa baik dalam minuman ini berguna untuk menyegarkan napas.

Gingseng Tea (Teh Gingseng)

Berikutnya adalah teh gingseng. Sama seperti jenis teh lainnya, teh gingseng juga dikenal sebagai teh herbal yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Teh gingseng ini dipercaya bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kanker tertentu, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi. Meksipun memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter sebelum meminum teh herbal.

Baca juga  manfaat teh hijau bagi kesehatan

Chamomile Tea (Teh Chamomile)

Sama seperti namanya, teh chamomile terbuat dari bunga chamomile. Teh herbal ini sangatlah bermanfaat untuk menenangkan perut, menenangkan saraf serta mengurangi gejala flu. Bagi Anda yang menderita insomnia, cobalah untuk mengonsumsi  minuman yang satu ini.

Demikianlah ulasan tentang jenis teh dan manfaatnya untuk kesehatan.

Loading...
jenis teh - jenis daun teh dan manfaatnya - macan teh helbal - macam2 teh hijau dan manfaatx - macam2 teh herbal - macam teh unk kesehatan - macam macam teh dan kegunaan - jenis teh serta kasiatnya - jenis teh herbal - jenis teh dan manfaatnya - jenis jenis teh dan manfaatnya - sebutkan jebis jenis teh -