Ketahuilah Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Pada Bayi

By Categories : Tips Perawatan

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik pada bayi seringkali ditanyakan oleh sebagian besar orang tua yang anaknya mengalami hal ini. Biasanya kondisi yang satu ini bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun dalam beberapa kasus kulit kering dan bersisik yang terjadi pada bayi juga sangat memerlukan perawatan.

Pada umumnya bayi dan anak-anak memiliki kulit yang lebih halus dan sehat. Namun tahukah Anda bahwa bayi juga bisa menderita kulit kering dan bersisik sama seperti orang dewasa? Bagi para orang tua tentunya akan merasa bahagia jika mereka memiliki bayi dengan kulit yang sehat, cantik dan lembut. Namun seperti yang sudah dijelaskan tadi kulit bayi juga dapat kering dan bersisik. Biasanya hal ini disebabkan cuaca panas, AC dan bahkan karena penyakit eksim atau dermatitis.

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik pada bayi

Dermatitis sendiri disebabkan karena alergi ataupun dari iritasi kulit. Meskipun terlihat sepele, kondisi yang satu ini juga cukup berbahaya jika tidak segera diatasi.  Selain dapat menyebabkan bayi sering menangis, iritasi ataupun alergi yang dialaminya juga dapat menyebabkan kesehatan kulit semakin memburuk. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Pastinya Anda penasaran kan? Berikut adalah cara paling efektif untuk mengatasi kulit kering pada bayi.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Pada Bayi Secara Alami

Gunakan Pelembab Khusus

Jika hanya terjadi gangguan ringan seperti kulit kering dan bersisik pada si kecil Anda bisa memberikannya pelembab untuk bayi. Pastikan Anda memilih pelembab kulit khusus yang lembut. Sebelum memilih pelembab, sebaiknya pilihlah pelembab kulit yang bebas dari pewangi, pengawet, lanolin, propylene dan glycol. Hal ini dikarenakan pelembab yang terbebas dari zat-zat tersebut sangat aman dan sifatnya pun lebih lembut bagi kulit bayi, terutama yang sensitif.

Hindari Penggunaan Sabun

Ketika mandi ada baiknya Anda pun menghindari penggunaan sabun. Karena pemilihan sabun yang kurang tepat dapat membuat kulit semakin kering dan bersisik. Sebagai gantinya Anda bisa membersihkan kulit bayi dengan menggunakan pembersih khusus bagi bayi yang memiliki sifat lebih lembut dan aman di kulit.

Baca juga cara memandikan bayi yang baik dan benar

Mengurangi Waktu Mandi

Tahukah Anda bahwa mandi terlalu lama juga bisa menyebabkan kulit bayi kering dan bersisik? Hal ini dikarenakan mandi sama saja menghilangkan minyak alami pada kulit. Waktu mandi pada bayi yang paling efektif adalah tidak melebihi 10 menit. Tak hanya itu saja, pastikan busa sabun tidak terlalu lama menempel pada kulit. Karena hal ini juga merupakan salah satu penyebab dari kulit kering dan bersisik pada bayi.

Hindari Mandi dengan Air Panas

Sama halnya dengan mandi yang terlalu lama, mandi dengan menggunakan air panas juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak sehat. Ketika memandikan bayi, gunakanlah air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Jangan Biarkan Klorin atau Garam di Kulit Bayi

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik pada bayi selanjutnya adalah jangan biarkan klorin ataupun garam di kulit bayi. Setelah berenang di kolam renang ataupun dilaut, segeralah bilas anak Anda dengan menggunakan air bersih dan jangan lupa untuk menggunakan pelembab ketika kulitnya masih basah. Karena membiarkan garam dan klorin kering di kulit bayi dapat membuat kulit tampak kering, bersisik dan tidak sehat

Perhatikan Pakaian Bayi

Cara berikutnya adalah dengan cara memperhatikan pakaian bayi. Pilihlah pakaian yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar kulit bayi dapat bernapas. Salah satu bahan pakaian terbaik yang dapat digunakan adalah katun, karena katun dapat menyerap keringat dengan baik, Sebaiknya hndari memilih pakaian yang berbahayan nylon, wool dan bahan-bahan yang bersifat sintetis. Karena bahan-bahan tersebut dapat memperparah gangguan dermatitis yang dialami oleh bayi.

Usap Kulit Bayi dengan Lembut

Setelah selesai mandi, biasakan Anda mengusap kulit bayi dengan lembut dan hindari menggosok-gosok kulit. Setelah itu, jangan lupa untuk memberinya pelembab kulit. Tak hanya dapat membuat kulitnya lebih lembab, hal ini tentu saja dapat membuat hubungan antara si kecil dan orang tua lebih erat.

Hindarkan Bayi dari Faktor Penyebab Kulit Kering

Menghindarkan bayi terhadap segala macam faktor penyebab kulit kering juga merupakan cara paling efektif untuk mengatasi masalah yang satu ini. Selain mandi terlalu lama, ada hal lain yang menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan bersisik. Apa saja penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kelenjar keringat bayi belum berkembang sempurna. Yang pertama adalah kelenjar keringat bayi belum berkembang sempurna, sehingga kulit bayi belum bisa beradaptasi menghadapi udara yang kering, terlalu dingin ataupun terlalu panas. Akibatnya, kelembaban kulit bayi belum terjaga dengan baik.

2. Penggunaan sabun yang terlalu banyak. Penggunaan sabun terlalu banyak dapat membuat kulit menjadi kering dan bahkan malah memperparah masalah tersebut. Hal ini dikarenakan sabun memiliki sifat mengikis minyak alami kulit.

Baca juga cara mengatasi kulit kaki kering dan bersisik dengan mudah

Nah itulah beberapa cara mengatasi kulit kering dan bersisik pada bayi.

Loading...
cara mengatasi kulit kering pada bayi - kulit bayi kering bersisik - kulit bayi kering - kulit kering pada bayi - kulit bayi kering dan kasar - kulit bayi bersisik - cara menghilangkan kulit kasar pada wajah bayi - mengatasi kulit kering pada bayi - kulit bayi kering dan bersisik - cara mengobati kulit kering pada bayi - kulit muka bayi kering dan mengelupas - cara mengobati kulit kering bayi - cara menghilangkan kulit bersisik pada bayi - kulit punggung bayi kering - cara menghilangkan kulit kering pada bayi -