Ketahuilah Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Berikut Ini

By Categories : Penyakit

Gejala kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu gejala penyakit yang harus diketahui oleh setiap orang. Sebab penyakit ini sangat berbahaya jika tak segera ditangani secara dini. Lalu apa saja gejalanya? Daripada penasaran simak saja ulasan berikut ini.

Selain jantung, kanker merupakan penyakit mematikan yang sangat berbahaya. Oleh karena itu mengenali gejala munculnya kanker sangat penting. Hal ini bertujuan agar penyakit tersebut cepat mendapat diagnosis oleh kanker. Umumnya ada banyak sekali jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar, kanker getah bening dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak jenis kanker, kali ini akan menjelaskan mengenai kanker getah bening, terutama gejalanya.

Dr. dr Andhika Rachman SpPD-KHOM dari Divisi Hematologi Onkologi Medik Departemen Ilmu Penyakit Daalam FKUI/RSCM mengatakan bahwa setidaknya ada enam gejala yang dapat mengindikasikan seseorang terkena penyakit yang satu ini. namun biasanya setiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda. Oleh karena itu, jika Anda mendapati gejala penyakt ini Anda harus memeriksakannya ke dokter.

Sebab jika memang gejala yang Anda alami menandakan benar adanya limfoma atau kanker kelenjar getah bening, maka pengobatan medis harus segera dilakukan. Lalu apa saja gejala  penyakit ini? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.ketahuilah-gejala-kanker-kelenjar-getah-bening

Kenali dan Waspadailah Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Berikut Ini

Terjadinya Pembengkakan di Daerah Kelenjar Getah Bening

Gejala yang pertama adalah terjadinya pembengkakan atau terdapat benjolan di daerah kelenjar getah bening. Ini merupakan gejala utama yang harus Anda waspadai. Umumnya benjolan tersebut akan muncul di sekitar pangkal paha, leher hingga ketiak.

Baca juga manfaat daun kelor untuk pengobatan kanker hingga diabetes

Meskipun tidak semua benjolan di leher dapat dikatakan limfoma, namun ada yang perbedaan antara benjolan biasa dan benjolan yang disebabkan oleh kanker kelenjar getah bening. Jika mengalami kanker kelenjar getah bening, benjolannya biasanya lebih dari satu atau seperti bergerombo. Dan biasanya, benjolan tersebut juga tak sakit jika di sentuh.

Berkeringat di Malam Hari

Umumnya seseorang akan  berkeringat jika suhu udara tinggi dan panas. Namun penderita kanker kelenjar getah bening juga akan berkeringat di malam hari meskipun kamar menggunakan pendingin dan ia sedang tidak melakukan aktivitas fisik. Mengapa demikian?

Hal ini disebabkan karena metabolisme sel tubuh yang terganggu. Tak hanya berkeringat saja, penderita penyakit ini juga sering meriang dari malam sampai sini hari serta tubuh akan terasa gatal tak nyaman. Nah bagi Anda yang mendapati kondisi tubuh yang tak beres seperti gejala ini sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penurunan Berat Badan

Sebenarnya, hampir semua penyakit menyebabkan seseorang mengalami penurunan berat badan, seperti demam berdarah, tipes dan juga kanker kelenjar getag bening. Namun pada penderita penyakit ini berat badan akan menurun lebih dari 10 persen dan setidaknya terjadi selama 6 bulan. Bagi Anda yang mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, tentu saja  harus mewaspada i penyakit ini.

Demam

Gejala kanker kelenjar getah bening atau limfoma selanjutnya adalah demam. sama seperti penurunan berat badan, banyak penyakit pula yang menimbulkan demam sebagai gejalanya. Sebab demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan bakteri.

Namun pada pasien kanker jenis ini, demam yang terjadi tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 37 derajat celcius dan tidak pernah lebih dari 38 derajat celcius. Demam yang terjadi pun akan hilang timbul, sehingga banyak orang yang beranggapan bahwa ia hanya sakit biasa.

Perut Terasa Penuh dan Sesak

Gejala lain yang mungkin dialami penderita kanker kelanjar getah bening antara lain perut terasa penuh dan sesak. Jika  perut terasa nyeri, kurang nyaman dan perut penuh meskipun sudah lancar BAB sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Kelelahan

Merasa sangat lelah atau lemah dan napas terengah-engah? Mungkin Anda menderita penyakit berbahaya yang satu ini. Dr. dr Andhika juga mengatakan bahwa pasien limfoma biasanya akan merasa sangat lelah, napas menjadi pendek dan tertengah-engah saat beraktivitas fisik, padahal sebelumnya baik-baik saja.

Baca juga ketahuilah penyebab dan gejala kanker getah bening

Jika diketahui sejak dini, pengobatan kanker kelenjar getah bening ini tentu saja lebih mudah. Namun jika kanker sudah memasuki stadium lanjut, maka sel kanker mungkin sudah menyebar di jaringan atau organ sekitar kelenjar getah bening. Tak hanya tidak mudah diobati, pengobatan kanker yang sudah stadium lanjut juga akan memakan banyak biaya. Oleh karena itu sekali lagi sangat penting mengetahui dan mendeteksi dini gejala kanker kelenjar getah bening tersebut.

Loading...