Ketahuilah Perawatan Kulit Wajah Berkomedo Secara Alami Berikut Ini

By Categories : Tips Perawatan

Perawatan kulit wajah berkomedo secara alami adalah salah satu cara untuk memiliki kulit wajah yang cerah, sehat dan berseri dalam setiap harinya. Dengan membaca artikel tips perawatan yang satu ini, Anda diharapkan bisa mengatasi kulit wajah yang berkomedo.

Setiap orang, baik pria maupun wanita tentu saja ingin memiliki kulit wajah yang putih, mulus bebas jerawat dan komedo. Untuk mendapatkan hal tersebut banyak sekali orang yang melakukan segala macam cara. Mulai dari dengan cara instan ataupun dengan cara alami. Komedo sendiri merupakan titik-titik hitam yang sering bersarang di hidung dan seringkali sulit untuk dihilangkan. Komedo muncul akibat penumpukan minyak berlebih atau sebum, kebersihan wajah yang tidak terjaga serta adanya penyumbatan pori-pori karena kotoran dan make up. Pada umumnya ada beberapa jenis komedo, yaitu:

perawatan kulit wajah berkomedo secara alami

1. Komedo Putih atau Komedo Tertutup

Komedo putih merupakan gumpalan sebum yang terjadi di bawah permukaan kulit yang tersumbat oleh kotoran dan lemak. Sehingga komedo jenis ini sangat sulit untuk dikeluarkan. Komedo putih biasanya muncul di area T yaitu dahi, hidung dan dagu. Komedo ini akan nampak putih kekuningan seperti benjolan kecil-kecil di bawah kulit.

2. Komedo Hitam atau Komedo Terbuka

Berbeda dengan komedo putih, komedo hitam lebih mudah dikeluarkan karena tidak tertutup epitel kulit. Sama seperti namanya, komedo ini berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara.

Nah itulah sekilas mengenai komedo. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Inilah Perawatan Kulit Wajah Berkomedo Secara Alami

Cara merawat dan mengatasi kulit wajah berkomedo sebenarnya adalah hal yang gampang-gampang susah. Namun yang perlu diketahui, jangan sampai Anda memencet komedo tersebut. Karena hal ini justru malah dapat memicunya menjadi jerawat yang meradang dan bernanah. Langsung saja, berikut adalah cara paling efektif untuk merawat kulit wajah yang berkomedo.

Kenali Jenis Kulit

Yang pertama, pastikan Anda mengenali jenis kulit. Biasanya komedo dan jerawat akan sering muncul pada kulit yang berminyak. Namun meskipun begitu Anda tetap harus mengenali jenis kulit yang Anda miliki. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih mudah dalam memilih produk kecantikan yang sesuai.

Baca juga cara merawat kulit wajah berminyak secara alami

Pilihlah Pembersih dan Pelembab yang Cocok

Memilih pembersih wajah yang tepat juga dapat membuat wajah benar-benar bersih dan segar. Selain pembersih, Anda juga membutuhkan pelembab wajah agar wajah tetap lembab dan terjaga keelastisitasannya. Jika Anda memiliki kulit berminyak gunakanlah pelembab yang oil free.

Hindari Produk Comedogenic

Berikutnya adalah hindari produk perawatan wajah yang bersifat comedogenic. Beberapa produk yang dapat menimbulkan komedo antara lain tabir surya, susu pembersih, shampo berbahan gingseng, conditioner serta bedak padat. Perlu Anda ketahui, jika dibandingkan dengan bedak tabur, bedak pasat merupakan salah satu produk kecantikan yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, tak hanya dapat menyebabkan komedo, bedak padat juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Perawatan Kulit Wajah Berkomedo Secara Alami dan Paling Efektif

Masker Pepaya

Jika Anda menggunakan bahan alami, tak ada salahnya untuk memanfaatkan buah pepaya sebagai masker wajah alami yang paling ampuh untuk mengusir komedo yang membandel. Karena buah kaya serat ini juga mengandung vitamin, antioksidan serta zat aktif lainnya yang baik untuk kulit. Caranya, hancurkan dan haluskan pepaya yang sudah matang lalu tambahkan madu murni. Setelah itu oleskan masker pepaya pada kulit secara merata. Diamkan hingga masker tersebut kering, lalu bersihkan.

Jeruk Lemon

Kulit berkomedo juga dapat diatasi dan dirawat dengan menggunakan jeruk lemon. Kandungan vitamin C pada buah ini juga dapat membuat kulit wajah cerah alami. Caranya iris jeruk lemon tersebut menjadi beberapa bagian lalu usapkan irisak jeruk lemon pada kulit wajah. Penggunaan jeruk lemon secara teratur dapat membuat sel kulit mati terangkat, mengurangi minyak berlebih dan tentunya dapat membersihkan komedo.

Baking Soda

Berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda umumnya sering digunakan untuk pembuatan kue dan jajanan. Selain itu baking soda juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo di wajah. Caranya, lauratkan baking soda dengan air, aduk hingga rata lalu oleskan pada kulit wajah. Ketika mengaplikasikannya jangan lupa untuk memijatnya dengan gerakan melingkar. Hal ini bertujuan agar kotoran dan sel kulit mati terangkat.

Oatmeal

Umumnya oatmeal juga dimanfaatkan sebagai makanan pengganti nasi bagi mereka yang sedang berdiet ataupun seseorang yang menderita diabetes. Namun ternyata oatmeal juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit yang berkomedo dan berjerawat. Caranya, campurkan oatmel dengan madu ataupun susu. Lalu oleskan pada wajah dengan pijatan ringan, diamkan sampai mengering lalu bilas hingga bersih.

Baca juga tips merawat wajah secara alami agar awet muda

Nah itulah beberapa perawatan kulit wajah berkomedo secara alami. Seperti yang Anda ketahui, merawat kulit berkomedo adalah hal yang gampang-gampang susah. Oleh karena itu, pastikan Anda tetap melakukan perawatan meskipun kulit sudah kembali normal.

Loading...
merk pelembab untuk kulit berminyak dan berkomedo - pembersih wajah untuk kulit berminyak dan berkomedo - pelembab yang cocok untuk kulit berminyak dan berkomedo - pelembab untuk wajah berkomedo - pelembab untuk kulit berkomedo - wajah berkomedo - cara merawat wajah berkomedo - pelembab yang cocok untuk wajah berkomedo - pelembab wajah berkomedo - penyebab wajah berkomedo - pelembab yang cocok untuk kulit berko - pelembab wajah untuk kulit berkomedo - pelembab untuk hidung berkomedo - Merk pelembab untuk kulit berkomedo - cara mengatasi wajah kering dan berkomedo secara alami -