Ketahuilah Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2

By Categories : Penyakit

Jika berbicara tentang diabetes, hampir setiap orang berasumsi bahwa penyakit ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Pendapat tersebut benar adanya, namun pendapat setiap orang mengenai penyakit ini tak selalu benar dan akurat. Hal ini dikarenakan diabetes memiliki dua tipe utama, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, di mana tidak semua orang tidak mengetahui perbedaan dari kedua tipe tersebut.

Diabetes Tipe 1

Seorang edukator diabetes sekaligus penulis Think Like a Pancreas, Gary Scheiner, CDE menyatakan bahwa setiap orang hanya mengetahui persamaannya saja, yaitu kedua jenis tipe diabetes  tersebut melibatkan ketidakmampuan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Lantas apa saja perbedaannya? Berikut adalah perbedaan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Inilah perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2

Tipe 1 harus mengonsumsi insulin, tipe 2 lebih bervariasi dalam pengobatan

Perbedaan yang pertama adalah penderita penyakit ini tipe 1 harus mengonsumsi insulin. Hal ini dikarenakan tipe 1 tidak dapat memproduksi insulin sendiri. Oleh karena itu, untuk mempertahankan kesehatan mereka harus melakukan injeksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan, seperti diet, berolahraga untuk menurunkan berat badan ataupun mengonsumsi pil yang dapat membantu tubuh memproduksi insulin.

Tipe 1 biasanya terdiagnosis pada anak-anak, tipe 2 cenderung menyerang kemudian

Perbedaan yang kedua adalah tipe 1 biasanya terdiagnosis pada anak-anak, sedangkan tipe 2 cenderung menyerang kemudian. Umumnya tipe 1 ditemukan ketika masa kanak-kanak. Sedangkan tipe 2 mungkin akan terjadi ketika usia bertambah. Resiko akan meningkat setelah usia menginjak 45 tahun. Banyak orang yang berfikir bahwa tipe 1 merupakan jenis penyakit buruk. Namun hal tersebut hanyalah mitos penyakit diabetes. padahal kedua tipe tersebut dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti gagal ginjal, kebutaan hingga amputasi.

Gula darah rendah lebih umum terjadi pada tipe 1

Perbedaan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 selanjutnya adalah gula rendah pada penderita tipe 1 umumnya lebih rendah jika dibandingkan dengan penderita diabetes tipe 2. Seperti yang kita ketahui gula darah tinggi (hiperglikemia) sangatlah berbahaya, akan tetapi gula darah rendah (hipoglikemia) juga dapat menyebabkan pusing, berkeringat, gemetar bahkan mengancam nyawa penderita. Hal tersebut umum terjadi pada seseorang yang menderita tipe 1. Bagi Anda yang mengelami gejala gula darah rendah, Anda bisa mengatasinya dengan cara meminum jus, mengonsumsi beberapa permen yang mengandung glukosa.

Tipe 1 merupakan penyakit autoimun, tipe 2 bukan

Tipe 1 merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel pembuat insulin di pankreas.  Sedangkan diabetes tipe 2, tubuhnya masih bisa bisa memproduksi insulin  meskipun kadang dalam jumlah yang sangat sedikit. Faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami diabetes tipe 2  adalah obesitas,  khususnya seseorang memiliki berat badan berlebih di bagian perut dan tak banyak melakukan aktivitas fisik.

Nah itulah beberapa perbedaan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

manfaat kentang merah bagi penderita diabetes -