Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Pepaya merupakan tanaman yang banyak ditemui di daerah tropis yang berasal dari daratan Amerika Selatan dan Meksiko. Namun sekarang ini pepaya sudah tersebar hampir di seluruh dunia salah satunya negara Indonesia. Tanaman yang memiliki buah berwarna orange ini memiliki rasa yang nikmat dan manfaat yang begitu banyak. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh “Pepaya Medicine Tree” mengatakan bahwa seluruh bagian dari tanaman pepaya dari mulai akar, daun, buah memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Berkaitan dengan manfaat dari tanaman pepaya, apakah Anda tahu khasiat daun pepaya untuk kesehatan?

Khasiat-Daun-Pepaya-untuk-Kesehatan
Daun pepaya memiliki banyak manfaat di dalamnya, kebanyakan orang khususnya masyarakat desa sering memanfaatkan daun pepaya muda sebagai sayuran untuk di konsumsi. Namun sayangnya dari mereka tidak cukup tahu mengenai manfaat daun pepaya   tersebut. Maka dari itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai khasiat daun pepaya untuk kesehatan. Adapun penjelasannya, langsung saja simak berikut ini!

Inilah Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Anti Kanker

Khasiat daun pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah berfungsi sebagai anti kanker.  Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jurnal Ethnopharmacology, mengatakan bahwa daun pepaya memiliki kandungan enzim tertentu yang memiliki sifat untuk melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Maka oleh karena itulah daun pepaya sering direkomendasikan sebagai bagian dari bahan untuk kemoterapi penderita kanker dari semua tim medis yang ada di seluruh dunia.

Baca juga jenis makanan pencegah kanker otak

Meningkatkan Sistem Imun dalam Tubuh

Khasiat lain dari daun pepaya adalah dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu daun pepaya juga secara alami dapat berfungsi untuk membantu meregenerasi sel darah putih dan trombosit. Maka dengan begitu segala macam penyakit tidak akan mudah menyerang kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan dalam daun pepaya memiliki kandungan seperti vitamin A, C dan E yang sangat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Pencegahan Demam Berdarah

Penyakit deman berdarah merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak dilakukan penanganan yang cepat. Dalam khasiat daun pepaya untuk kesehatan ternyata memiliki manfaat salah satunya untuk mencegah penyakit demam berdarah. Hal ini dibuktikan melalui beberapa studi kasus yang telah menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi untuk meningkatkan trombosit untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Mengurangi Nyeri Saat Menstruasi

Sejak dahulu banyak wanita yang memanfaatkan daun pepaya untuk mengatasi nyeri saat menstruasi dan hal ini berlaku sampai sekarang. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki kandungan yang memang sangat efektif membantu mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi. Caranya cukup dengan merebus daun pepaya dan air rebusan tersebut diminum saat perut terasa nyeri ketika menstruasi.

Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Manfaat berikutnya adalah untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Daun pepaya kaya akan senyawa karpain yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti parasit, cacing, bakteri dan parasit. Maka jangan heran jika daun pepaya sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan. Tak hanya senyawa karpain saja, kandungan tanin pada daun pepaya juga dapat melindungi usus dari infeksi. Sehingga hal ini tentu saja dapat menurunkan risiko seseorang mengalami masalah pencernaan.

Anti Malaria

Khasiat daun pepaya selanjutnya adalah berguna untuk mencegah penyakit malaria. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki sifat anti malaria. Anda bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai jus daun pepaya ataupun memanfaatkannya sebagai oseng daun pepaya.

Mengatasi Ketombe

Tak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, daun pepaya juga berkhasiat untuk menjaga kecantikan, salah satunya yaitu untuk mengatasi ketombe. Ekstrak daun pepaya yang Anda gunakan sebagai shampo sangat berguna untuk mengendalikan produksi minyak yang berlebihan. Kandungan senyawa karpian dalam daun pepaya sangat efektif untuk menghilangkan minyak, kotoran pada rambut dan kulit kepala. Seperti yang Anda ketahui, minyak dan kotoran pada rambut merupakan penyebab utama dari ketombe yang membandel.

Mengatasi Jerawat

Biasanya jerawat seringkali diatasi dengan lemon ataupun jeruk nipis. Namun tahukah Anda bahwa daun pepaya juga memiliki khasiat untuk mengatasi jerawat? Cara penggunaannya pun sangat mudah. Ambil daun pepaya, bersihkan dan keringkan daun tersebut. Setelah itu blender daun pepaya tersebut jangan lupa tambahkan sedikit air hingga seperti pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah yang berjerawat dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin hingga bersih.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan enzim papain dalam daun pepaya dapat membantu dalam pencernaan protein dan sangat ampuh untuk mengobati gangguan pencernaan. Mengonsumsi rebusan daun pepaya dapat mengurangi rasa mulas dan dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Daun pepaya juga dapat membantu untuk mencerna gluten protein gandum.

Nah itulah penjelasan mengenai khasiat daun pepaya untuk kesehatan.

Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh Manusia

Loading...
daun muda pepaya -