Khasiat Kunyit Putih untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan, Manfaat

Kunyit putih atau yang sering disebut dengan temu rapet merupakan salah satu jenis rempah-rempah rimpang. Berbeda dengan kunyit kuning yang digunakan untuk bumbu masakan, kunyit putih lebih sering digunakan untuk pengobatan. Dalam pengobatan tradisional dan dalam farmakologi China menyebutkan bahwa tumbuhan yang satu ini memiliki sifat antara lain anti inflamasi atau anti peradangan, menghentikan peradangan, anti neoplastik (menghambat pertumbuhan sel kanker) serta menambah nafsu makan.

khasiat kunyit putih

Dibandingkan dengan menggunakan obat, menggunakan baha-bahan alami pastinya akan lebih sehat dan tanpa efek samping. Berikut adalah khasiat kunyit putih untuk kesehatan.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan

Menambah nafsu makan

Hampir sama dengan temulawak, kunyit putih juga mampu membantu nafsu makan seseorang. Nafsu makan yang buruk akan membuat Anda mudah lelah ketika menjalani aktivitas. Ini karena makanan yang ada di dalam perut tidak seimbang. Menambah nafsu makan juga sangat baik bagi Anda yang menginginkan berat badan naik. Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi kunyit putih akan nafsu makan lebih baik dan berat badan Anda akan mudah naik.

Mengobati maag

Cara yang kedua adalah untuk mengobati maag. Maag adalah salah satu pemicu asam lambung, sehingga jika kita terkena maag, ini akan menyebabkan perut terasa perih dan sakit. Untuk mengobati ini, Anda pun dapat memanfaatkan kunyit putih. Pertama, ambilah beberapa ruas kunyit putih lalu bersihkan. Setelah bersih Anda dapat merebusnya dengan air hingga mendidih. Saring dan kemudian minum ramuan tersebut selagi hangat. Anda pun dapat menambahkan madu sebagai pemanisnya.

Menurunkan gula darah

Khasiat kunyit putih selanjutnya adalah untuk menurunkan gula darah. Gula darah yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit diabetes atau kencing manis. Salah satu penyebab diabetes yang perlu Anda ketahui adalah karena keturunan, obesitas, kurang bergerak aktif dan sering mengonsumsi makanan yang kaya glukosa. Jika dalam riwayat kesehatan keluarga Anda pernah ada yang mengalami penyakit ini sebaiknya Anda berhati-hati dan waspada. Untuk mencegah penyakit ini, mulailah untuk mengonsumsi ramuan kunyit putih secara teratur.

Menyembuhkan luka bakar

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan kunyit putih sebagai obat untuk menyembuhkan luka bakar dan penyakit kulit lainnya. Anda pun dapat menggunakan kunyit sebagai obat luar serta obat dalam. Untuk pengobatan dalam, Anda bisa memanfaatkannya sebagai minuman atau jamu kunyit putih. Sedangkan untuk pengobatan dari luar Anda dapat menempelkan kunyit putih yang sudah dihaluskan pada kulit yang terluka.

Nah itulah beberapa khasiat kunyit putih untuk kesehatan. Akan tetapi jika Anda akan mengonsumsinya dengan obat medis lainnya, sebaikya Anda meminta persetujuan dokter terlebih dahulu.

Loading...
khasiat kunyit putih - manfaat kunyit putih - kunyit putih - manfaat kunir putih - khasiat kunir putih - kasiat kunir putih - kasiat kunyit putih - manfaat kunyit putih untuk kesehatan - Manfaat kunyit putih bagi kesehatan - manfaat kunyit putih untuk tubuh - kunyit putih bagi kesehatan - faedah kunir putih - kunyit dan khasiatnya - kunyi puti - hasiat kunyit putih -