Kiat Menurunkan Berat Badan yang Tepat Saat Bulan Puasa

By Categories : Kesehatan

Menurunkan berat badan sebenarnya gampang-gampang susah. Hanya saja membutuhkan kesabaran ekstra terutama bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih. Namun meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa kiat yang perlu diperhatikan agar rencana diet yang Anda lakukan dapat berhasil.

Selain memiliki wajah yang sehat, bersih dan terbebas dari jerawat, setiap orang baik wanita ataupun pria pastinya ingin memiliki berat badan yang ideal dan proporsional. Maka jangan heran jika seseorang yang memiliki berat badan berlebih akan berlomba-lomba untuk menurunkankannya. Nah puasa pada bulan Ramadhan merupakan salah satu momen yang tepat untuk membuat tubuh lebih sehat sekaligus untuk menurunkan berat tubuh yang berlebih.kiat menurunkan berat badan

Seperti yang kita ketahui puasa Ramadhan memang memilki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kesehatan ginjal, sistem pencernaan dan bahkan dapat menurunkan berat tubuh. Jika ingin memiliki berat badan yang ideal pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi ketika sahur dan menghindari misi balas dendam untuk makan sepuasnya ketika buka puasa. Selain kedua hal tersebut, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan agar berat badan tidak naik ketika bulan puasa. Apa saja hal penting tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Saat Bulan Puasa

Pastikan Tidak Melewatkan Makan Sahur

Tips yang pertama adalah jangan lewatkan makan sahur. Meskipun Anda sudah berniat untuk menurunkan berat badan, namun bukan berarti  melewatkan makan sahur adalah pilihan yang tepat. Saat kita berpuasa, tubuh masih tetap membutuhkan energi selama 12 jam.  Tak hanya dapat membuat tubuh menjadi semakin lelah dan lemas, melewatkan santap sahur juga dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi melambat.

Sehingga hal ini pun menurunkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu pastikan Anda tidak melewatkan makan sahur. Agar lebih bugar dan tidak lemas di siang hari, pilihlah menu makanan yang kaya vitamin dan nutrisi seperti buah sayur,  telur, ikan dan lainnya.

Baca juga gangguan pada sistem pencernaan manusia yang sering terjadi di bulan puasa

Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Ketika sahur dan berbuka Anda sebaiknya juga menghindari mengonsumsi makanan yang kaya lemak. Sebab lemak sangat sulit dicerna oleh tubuh, sehingga hal ini menyebabkan lemak akan menumpuk pada perut dan bagian tubuh lainnya dan tentunya makanan berlemak dapat menggagalkan diet yang Anda lakukan.

Selain dapat menaikkan berat badan, mengonsumsi makanan berlemak tinggi juga dapat mengganggu sistem pencernaan. Dan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit, konstipasi atau susah buang air besar. Perbanyaklah sayur dan buah agar pencernaan lancar dan perut tidak buncit.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Protein

Berikutnya adalah konsumsi makanan tinggi serat dan protein, terutama pada saat buka puasa. Protein, serat dan lemak sehat yang Anda konsumsi dapat membantu proses metabolisme tubuh di malam hari untuk membakar kalori. Sedangkan pada saat sahur, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya protein dan serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama di siang hari.

Cukupi Cairan Tubuh

Mencukupi cairan tubuh juga merupakan salah satu cara paling mudah untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak kekurangan cairan saat bulan puasa. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, metabolisme yang terjadi juga lebih baik sehingga dapat membantu Anda untuk menurunkan berat tubuh yang berlebih. Selain minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi jus buah tanpa gula dan air kelapa muda untuk menghidrasi tubuh.cara menurunkan berat badan

Kurangi Makanan Manis

Ketika buka puasa kita memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis. Hal ini sangat berguna untuk mengembalikan energi yang hilang selama puasa. Namun ingat, makanan manis merupakan musuh utama yang harus dihindari seseorang yang ingin berdiet.

Jika memang Anda penyuka makanan manis, sebaiknya konsumsilah buah-buahan atau jus yang memiliki rasa manis alami. Selain tidak dapat menaikkan berat badan, rasa manis alami yang terkandung dalam buah-buahan juga tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Sehingga Anda bisa menurunkan risiko terserang penyakit diabetes.

Lakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik saat puasa juga sangat dianjurkan. Waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa adalah menjelang buka puasa. Tak perlu melakukan aktivitas yang berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti sit up, squat, jalan kaki, bersepeda treadmill ringan dan lainnya. Selain menyehatkan tubuh hal ini juga cara ampuh untuk mendukung program diet Anda.

Hindari Makan Berlebihan

Jika dibandingkan dengan menu makan di hari biasa, menu makan di bulan Ramadhan tentu saja lebih spesial dan biasanya penuh dengan makanan lezat. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya kendalikan nafsu makan Anda, karena makan berlebih dalam setiap harinya dapat membuat berat badan Anda naik dan tentunya dapat membuat tubuh tidak sehat.

Baca juga Bisakah olahraga saat puasa menurunkan berat badan? Berikut ulasannya

Demikianlah ulasan mengenai kiat mudah menurunkan berat badan saat puasa di bulan Ramadhan.

loading...
menu sahur yang baik sekaligus untuk mengurangi nafsu makan -