Langkah Facial Wajah di Rumah Agar Terhindar dari Efek Samping

By Categories : Tips Perawatan

Facial wajah di rumah merupakan salah satu alternatif yang sering dilakukan jika tak memiliki waktu untuk pergi ke salon. Semua orang percaya bahwa facial wajah sangat efektif untuk membantu mengatasi kulit wajah kusam dan tidak sehat. Nah apakah Anda adalah salah satu orang yang sering melakukan facial wajah? Jika iya, simak ulasan cara terbaik facial  di rumah berikut ini.

Setiap orang terutama para wanita pastinya ingin memiliki kulit wajah yang sehat, bersih dan terhindar dari jerawat. Oleh karena itu, para wanita akan melakukan segala hal semaksimal mungkin untuk mendapatkan kulit wajah yang mereka idam-idamkan. Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi wajah kusam dan berjerawat, mulai dari menggunakan produk kecantikan sesuai jenis kulit hingga melakukan serangkaian perawatan kulit wajah salah satunya yaitu facial.

Facial wajah adalah salah satu perawatan kecantikan yang sering dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan kulit yang lebih baik. Namun tahukah Anda sebenarnya ada beberapa efek samping facial wajah yang mengancam kulit wajah Anda, diantaranya yaitu iritasi, kulit menjadi semakin kering dan bahkan jerawat muncul semakin banyak.

Oleh karena itu jangan terlalu sering melakukan facial wajah. Namun jika memang sudah menjadi keharusan, Anda bisa mengganti facial wajah dengan menggunakan bahan ramah di kulit sehingga hal ini tentu saja dapat menghindarkan Anda dari beberapa efek samping dari facial wajah. Tak perlu jauh-jauh datang ke klinik kecantikan, Anda bisa melakukan facial  di rumah. Pastinya Anda penasaran kan bagaimana caranya? Berikut ulasannya.Facial wajah di rumah

Langkah Perawatan Facial Wajah di Rumah yang Benar dan Tepat

Sebelum melakukan facial wajah, pastikan Anda menghapus semua riasan di wajah Anda. Oleskan minyak zaitun pada wajah lalu  bilas dengan menggnakan air hangat untuk membersihkan make up. Cara ini merupakan cara terbaik untuk menghapus riasan tanpa merusak kulit.

Baca juga tips perawatan wajah untuk usia remaja yang tepat

Gunakan Scrub Alami

Langkah pertama adalah dengan menggunakan scrub untuk membersihkan sel kulit mati pada wajah. Perlu diketahui bahwa sel kulit mati yang menumpuk dapat membuat kulit tampak kusam dan tidak sehat. Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti gula, madu dan susu atau campuran bubuk havernut, madu dan minyak zaitun  untuk mengangkat sel kulit mati tersebut.

Caranya, campurkan salah satu kombinasi bahan tersebut lalu aduk hingga rata. Setelah itu Anda bisa menggosokkannya pada kulit wajah secara perlahan. Jika Anda memiliki scrub tak ada salahnya jika Anda menggunakannya.

Bilas Wajah

Setelah selesai melakukan pengangkatan sel kulit mati, bilas wajah dengan menggunakan air hangat lalu tepuk-tepuk wajah hingga kering. Untuk membersihkan sisa-sisa scrub di sekitar hidung dan mata, Anda bisa menggunakan waslap. Setelah itu, jangan lupa untuk menepuk wajah dengan menggunakan handuk lembut agar tidak iritasi.

Lakukan Pemijatan Wajah

Saat melakukan facial di klinik kecantikan, pemijatan wajah adalah salah satu hal yang paling dinantikan. Sebab selain tak menyakitkan, langkah facial yang satu ini dapat membuat kulit lebih rileks dan segar. Tak hanya itu saja, pemijatan wajah juga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang dapat membuat kulit wajah lebih sehat dan cerah.

Gunakanlah jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat wajah dalam gerakan melingkar yang lembut. Beberapa bagian wajah yang perlu dipijat adalah dahi (mulai dari tengah dan bergerak turun ke pelipis), pijat hidung dan pipi, serta pijat bibir, dagu dan rahang Anda.

Bersihkan Pori-pori Wajah

Selain dapat membuat kulit lebih segar, manfaat facial wajah di rumah yang bisa kita dapatkan adalah tehindar dari komedo dan piri-pori dapat kembali tertutup rapat. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membersihkan pori-pori wajah salah satunya yaitu dengan melakukan penguapan.

Caranya pun sangat mudah, rebus panci kecil yang berisi air di atas kompor. Setelah air mendidih amtikan kompor dan berdirilah di atas panic dengan handuk menutupi kepala. Hal ini bertujuan agar uap yang keluar dari air akan terjebak di seluruh wajah Anda. Uapi wajah selama kurang lebih 5 menit.

Penguapan wajah ini dapat membantu membuka pori-pori, setelah pori-pori terbuka Anda bisa menggunakan masker wajah alami untuk menarik keluar kotoran yang tersumbat di pori-pori. Untuk masker wajahnya pun sangat beragam, Anda bisa menggunakan masker yang dijual di pasaran atau membuat masker sendiri dengan bahan alami.

Bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai masker adalah pisang dan madu. Campurkan kedua bahan alami tersebut lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat kemudian air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka. Melakukan perawatan ini secara teratur terbukti efekti dapat membuat kulit lebih sehat dan segar.

Baca juga perawatan wajah alami ala wanita jepang untuk kulit wajah

Nah itulah beberapa langkah perawatan facial wajah di rumah yang bisa Anda lakukan.

Loading...
facial dirumah secara alami -