Langkah Perawatan Kulit Wajah Secara Alami dengan Jeruk Nipis

By Categories : Tips Perawatan

Tak hanya digunakan sebagai bahan campuran masakan, jeruk nipis juga sering digunakan untuk perawatan kulit wajah secara alami yang paling efektif. Dalam urusan dapur, buah yang memiliki rasa asam ini biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis serta sebagai penyedap pada masakan, seperti soto, rawon dan jenis masakan lainnya. Selain itu, jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman yang menyegarkan dan tentunya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Seperti yang kita ketahui buah ini memang kaya akan nutrisi, diantaranya yaitu vitamin C, asam sitrat, asam amino, mineral, zat besi, karbohidrat, kalsium, minyak atsiri dan masih banyak lagi. Maka jangan heran jika jeruk nipis sering digunakan sebagai bahan campuran sebagai obat herbal. Namun tak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh saja, jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit.

Perawatan Kulit Wajah Secara Alami dengan Jeruk nipis

Setiap wanita pastinya ingin memiliki kulit yang putih, sehat dan bebas dari jerawat. Tak perlu repot-repot melakukan perawatan kulit di salon kecantikan. Karena hanya dengan memanfaatkan jeruk nipis Anda sudah bisa memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah. Sebelum membahas mengenai cara perawatan kulit dengan jeruk nipis, berikut adalah manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit yang perlu diketahui.

Inilah Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit

1. Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam

Manfaat yang pertama adalah untuk mengatasi wajah berminyak dan kusam. Wajah yang kusam dan berminyak tentu saja dapat menganggu penampilan seseorang. Namun Anda tak usah khawatir, perawatan kulit wajah secara alami dengan jeruk nipis juga dapat mencegah wajah berminyak dan tentunya terbebas dari kulit kusam.

Baca juga manfaat jeruk nipis untuk wajah dan diet

2. Menghilangkan Jerawat

Sama seperti kulit kusam dan berminyak, wajah yang berjerawat juga sangat mengganggu penampilan seseorang. Jerawat yang muncul pada wajah seringkali disebabkan karena tidak teraturnya dalam hal membersihkan wajah, sehingga hal ini menyebabkan pori-pori tersumbat.  Oleh karena itu tak ada salahnya memanfaatkan jeruk nipis sebagai bahan alami perawatan wajah, kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat ampuh dalam membantu mengurangi jerawat.

3. Mencerahkan Wajah

Saat ini banyak sekali produk kecantikan yang dijual bebas di pasaran. Namun bahan kimia yang terkandung dalam produk kecantikan tersebut tentu saja memiliki efek samping yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Untuk menghindari hal ini, tak ada salahnya untuk menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis dalam merawat wajah. Kandungan AHA (Alpha hydroxy acids) dan vitamin C pada jeruk nipis dapat mendorong pembentuk sel kulit baru yang lebih sehat dan tentunya lebih cerah.

4. Mengangkal Radikal Bebas

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah untuk menangkal radikal bebas pada kulit. Antioksidan yang terkandung dalam buah ini dapat menjaga kulit agar tetap sehat dan terbebas dari radikal bebas. Tak hanya itu saja, antioksidan yang ada juga dapat mencegah penuaan dini. Sehingga kulit akan selalu tampak awet muda dan sehat.

Lantas bagaimana cara menggunakannya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Cara Perawatan Kulit Wajah Secara Alami dengan Jeruk Nipis

Cara 1: Jeruk Nipis

Cara yang pertama yaitu bersihkan wajah Anda dari make up dan siapkan 1 buah jeruk nipis lalu belah menjadi 2 bagian. Setelah itu gosok-gosokkan pada kulit wajah dan leher sampai merata. Selain menggosok-gosokkannya pada kulit Anda juga bisa memerasnya terlebih dahulu lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama beberapa menit hingga masker jeruk nipis tersebut kering dan meresap pada kulit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin. Melakukan perawatan ini secara tertaur dapat membuat kulit wajah lebih segar dan cerah.

Dalam menggunakan masker jeruk nipis ada hal yang perlu diperhatikan yaitu hentikan penggunaan ketika kulit mengalami iritasi. Selain itu, ketika melakukan perawatan dengan menggunakan jeruk nipis hindarkan kulit wajah dengan paparan sinar matahari.

Cara 2: Jeruk Nipis dan Putih Telur

Jika dibandingkan dengan cara yang pertama, cara yang kedua ini lebih baik dan efektif dalam merawat kulit wajah. Hal ini dikarenakan selain dapat mencerahkan, menambahkan putih telur ketika melakukan perawatan ini dapat membuat kulit wajah lebih kencang dan bebas minyak. Caranya pun cukup mudah, campurkan perasan air jeruk nipis pada putih telur aduk hingga rata lalu oleskan pada wajah sampai merata. Agar kandungan jeruk nipis dan putih telur dapat meresap, pijat ringan wajah Anda dan diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air hangat dan dingin.

Cara 3: Jeruk Nipis dan Madu

Memanfaatkan jeruk nipis dan madu untuk perawatan wajah juga merupakan salah satu cara yang dapat dicoba. Cara pembuatannya pun sama seperti cara yang kedua. Yaitu campurkan perasan jeruk nipis dan madu lalu oleskan pada wajah. Diamkan dan bilas hingga bersih.

Baca juga masker untuk mencerahkan wajah dengan cepat

Nah itulah beberapa perawatan kulit wajah secara alami dengan jeruk nipis.

Loading...
perawatan wajah dengan jeruk nipis - cara merawat wajah dengan jeruk nipis - cara memakai jeruk nipis untuk wajah - cara membersihkan wajah dengan jeruk nipis - cara menggunakan jeruk nipis untuk perawatan wajah - merawat wajah dengan jeruk nipis - cara menggunakan jeruk nipis untuk wajah - cara perawatan wajah dengan jeruk nipis - perawatan wajah dg jeruk nipis - tips merawat wajah dengan jeruk nipis - tips perawatan wajah dengan jeruk nipis - facial wajah menggunakan jeruk nipis - perawatan dengan jeruk nipis - cara merawat muka dengan jeruk nipis - cara menggunakan jeruk nipis pada wajah -