Macam-macam Kelainan Pada Mata

By Categories : Kesehatan

Sebelum kita membahas mengenai macam-macam kelainan mata, terlebih dahulu kita mengetahui arti penting organ mata dalam kehidupan kita. Mata adalah salah satu organ yang memiliki peranan penting, karena tanpa panca indra yang satu ini tentu kita tidak dapat melihat dunia dan seisinya. Maka dari itu sangat penting sekali bagi kita selalu menjaga kesehatan mata dengan baik. Jika tidak tentu mata akan mudah terserang penyakit.


Kelainan mata
Berkaitan dengan penyakit, ternyata penyakit mata sangatlah beragam dan tidak semuanya dapat menular. Jika penyakit mata disebabkan oleh virus ataupun bakteri maka penyakit tersebut dapat menular. Sedangkan sakit mata yang Anda alami karena alergi tidak dapat menular. Kedua masalah penyakit mata tersebut tentu cara penanganannya pun berbeda tergantung dari penyebabnya. Berikut adalah macam-macam kelainan pada mata yang dapat Anda ketahui:

Inilah Macam-macam Kelainan Pada Mata

Miopi atau Rambun Jauh
Kelainan pada mata yang pertama yang di alami oleh seseorang adalah miopi atau rabun jauh. Rabun jauh ini merupakan kondisi mata yang tidak dapat melihat dengan jelas objek dari jarak jauh. Adapun penyebab rabun jauh atau miopi disebabkan oleh bola mata yang terlalu jauh atau lensa yang terlalu cembung sehingga membuat banyangan jauh di depan retina. Cara untuk mengatasi masalah rambun jauh Anda bisa menggunakan lensa cekung atau negatif.

Hipermetropi atau Rabun Dekat
Kelainan mata yang ini justru berbanding sebaliknya dengan dengan masalah mata yang pertama yaitu miopi. Hipermetropi adalah gangguan penyakit mata yang dapat membuat penderita tidak dapat melihat benda dengan jarak dekat. Hal itu karena disebabkan oleh bola mata yang terlalu pendek dan dekat dengan lensa mata yang terlalu pipih. Maka membuat banyangan benda jatuh di belakang retina. Adapun cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan kaca mata lensa cembung atau positif.

Rabun Senja
Penderita rabun senja membuat penderita mengalami keseulitan untuk melihat objek ketika malam hari atau dalam kondisi remang-remang (kurang pencahayaan). Kelainan pada mata ini disebabkan karena kekurangan vitamin A. Cara untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A salah satunya adalah sayur wortel.

Buta Warna
Kelainan mata yang terakhir adalah buta warna. Seperti namanya tentu saja kita tahu kelaianan mata tersebut yaitu kelaianan yang tidak dapat membedakan warna tertentu. Penyakit atau kelainan mata ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan yang artinya sangat sulit untuk disembuhkan.

Nah itulah penjelasan mengenai macam-macam kelainan pada mata. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan kita berkaitan dengan macam-macam kelainan mata. Baca juga artikel terkait lainnya Gejala mata minus dan cara mengobatinya

 

kelainan pada mata - kelainan mata - macam macam kelainan pada mata - macam macam kelainan mata - jenis kelainan mata - macam kelainan mata - macam-macam kelainan pada mata - Sebutkan kelainan pada mata - kelainan kelainan pada mata - jenis kelainan pada mata - kelainan mata disebut - sebutkan dan jelaskan kelainan pada mata - Salah satu kelainan pada mata - jelaskan kelainan mata - kelainan mata adalah -