Macam-Macam Penyakit Pada Ginjal

By Categories : Penyakit

Memiliki tubuh yang sehat dan prima adalah impian bagi setiap orang. Selain penampilan, kesehatan tubuh juga sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena jika tubuh selalu sehat dan pria, maka ini akan menghindarkan pekerjaan serta aktivitas terbengkalai. Tahukah Anda salah satu bagian tubuh yang sering terjadi gangguan adalah ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh paling vital dan paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh. karena ginjal memiliki fungsi sebagai tempat penyaringan untuk mengeluarkan sisa zat-zat metabolisme. Sehingga jika ginjal mengalami gangguan, tentunya tubuh akan mengalami masalah kesehatan. Berikut adalah macam-macam penyakit pada ginjal yang sering terjadi.

Macam-Macam Penyakit Pada Ginjal

Gangguan pada ginjal yang perlu Anda ketahui

Gagal ginjal

Yang pertama adalah gagal ginjal. Gagal ginjal yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan penimbunan urea dalam tubuh serta dapat mengakibatkan kematian. Gagal ginjal dapat mengakibatkan hilangnya sebagian dan bahkan seluruh fungsi bagian ginjal pada tubuh. Untuk mencegah penyakit yang satu ini mulailah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang dalam setiap harinya, mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia seperti pengawet dan kandungan zat berbahaya lainnya.

Batu ginjal

Yang kedua adalah batu ginjal. Penyakit pada ginjal yang satu ini disebabkan karena banyaknya benda-benda organik dan banyaknya mineral pada bagian ginjal. Batu ginjal terbentuk karena adanya pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, kantong kemih ataupun saluran ginjal. Pada umumnya ada beberapa cara mencegah batu ginjal secara alami yang dapat Anda terapkan, seperti sering minum air putih, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A dan juga B6.

Diabetes melitus

Penyakit yang menyerang ginjal selanjutnya adalah diabetes melitus. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor keturunan, pola makan yang tidak sehat dan juga obesitas. Selain itu, diabetes melitus atau kencing manis juga disebabkan oleh rendahnya kadar hormon insulin yang ada di dalam tubuh. Seperti yang Anda ketahui kadar insulin yang rendah dapat menganggu proses perombakan glukosa menjadi glikogen, akibatnya kadar gula dalam darah menjadi meningkat dan menyebabkan diabetes.

Nefritis glomerulus

Berikutnya adalah nefritis glomerulus. Penyakit ini juga sering disebut dengan radang ginjal, pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh reaksi alergi terhadap racun yang diproduksi bakteri streptococcus. Penyakit ini menyebabkan sel darah merah dan protein dalam tubub tercampur dengan urine. Jika tidak segera ditangani, nefritis glomerulus yang parah dapat menyebabkan gagal ginjal.

Diabetes insipidus

Pada umumnya diabetes dibagi menjadi dua macam yaitu diabetes melitus dan juga insipidus. Jika diabetes melitus disebabkan oleh rendahnya kadar insulin, diabetes insipidus terjadi karena tubuh kekurangan hormon antidiuretik (ADH). Sehingga ini menyebabkan tubuh mengeluarkan urine yang berlebih.

Anuria

Penyakit pada ginjal berikutnya adalah anuria. Penyakit yang satu ini menyebabkan ginjal tidak mampu memproduksi urin. Anuria sendiri disebabkan oleh kurangnya tekanan untuk menyaring darah atau filtrasi darah dalam ginjal. Penyakit yang satu ini dapat muncul akibat adanya radang di glomerulus (organ penyaring darah pada ginjal) Penyebab utama dari penyakit anuria ini adalah adanya penyempitan pada arterial afferent oleh hormon epinefrin dan radang.

Albuminaria

Penyakit ini disebabkan oleh naiknya tingkat permeabilitas membrane glomerulus. Permeabilitas dapat naik karena adanya luka di membran  glomerulus akibat kenaikan darah, bakteri logam berat, iritasi pada sel-sel ginjal akibat eter dan zat lainnya. Albuminaria sendiri dapat diketahui dengan adanya protein albumin pada urin.

Polisistik

Selanjutnya adalah polisistik. Penyakit ini merupakan kerusakan saluran ginjal yang menyebabkan kista di sepanjang saluran ginjal. Tak hanya itu saja polisistik juga dapat menyebabkan bagian ginjal yang berfungsi sebagai penyaring darah akan rusak. Jika kista tersebut semakin membesar tentunya penyakit yang satu ini dapat memcu terjadinya gagal ginjal.

Bilirubinaria

Ciri-ciri paling umum dari penyakit bilirubinaria adalah zat warna empedu atau bilirubin yang berlebihan pada urin. Kondisi yang satu ini dapat disebabkan karena adanya penguraian hemoglobin yang berlebihan ataupun karena disfungsi hati.

Pielonefritis

Pielonefritis adalah infeksi pada ginjal yang dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Umumnya kondisi ini berawal dari bagian dalam ginjal (pelvis) yang dapat menyebar ke seluruh bagian ginjal. Dan pada akhirnya dapat menyebabkan ginjal tak berfungsi lagi.

Sindrom nefrotik

Berikutnya adalah sindrom nefrotik. Gangguan pada ginjal yang satu ini ditandai dengan keluarnya protein dalam jumlah yang sangat banyak melalui urin atau air seni. Sehingga penyakit yang satu ini menyebabkan penderitanya kekurangan protein dalam darah. Akibatnya penyakit ini dapat menimbulkan penyakit lainnya, seperti penggumpalan darah, malnutrisi, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan bahkan gagal ginjal. Gejala paling umum dari penyakit sindrom nefrotik ini adalah adanya pembengkakan disekitar mata, kaki, pergelangan kaki dan urin menjadi berbusa.

Nah itulah beberapa penyakit pada ginjal yang perlu Anda ketahui.

penyakit pada ginjal - gangguan pada ginjal - macam macam penyakit pada ginjal - kelainan pada ginjal - macam macam penyakit ginjal - penyakit pada ginjal dan gambarnya - macam macam penyakit pd ginjal serta tunjukan tempatnya - gambar penyakit pada ginjal - sebutkan penyakit yang tarjadi di ginjal - penyakit yang terjadi pada ginjal - penyakit pada ginjalndi sebut? - ganggu pada ginjal - jenis penyakit gangguan pada ginjal - penyakit tang disebabkan oleh gin -